Beasiswa Calon Tenaga Penyuluh Lapangan Industri Kecil dan Menengah – TPL IKM

Seperti tahun-tahun sebelumnya Kementerian Perindustrian membuka kesempatan bagi lulusan siswa-siswi berprestasi tingkat SMA/MA/SMK untuk mengikuti program Beasiswa Calon Tenaga Penyuluh Lapangan Industri Kecil dan Menengah (TPL IKM.)

Berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 19 / M-IND / PER/ 2 / 2007 tentang Penyelenggaraan Program Beasiswa Tenaga Penyuluh Lapangan Industri Kecil dan Menengah (TPL IKM), bahwa dalam rangka mempercepat pertumbuhan Industri Kecil dan Menengah di Provinsi dan Kabupaten/ Kota perlu mempersiapkan TPL IKM sebagai Pembina IKM dan wirausahawan IKM melalui Program Beasiswa pada Unit Pendidikan di Lingkungan Kementerian Perindustrian.

Sehubungan dengan evaluasi terhadap Program Beasiswa TPL IKM yang telah terselenggara selama 7 (tujuh) tahun terakhir, maka Kementerian Perindustrian akan memberikan kesempatan kepada siswa-siswi berprestasi tingkat Sekolah Menengah Tingkat Atas (SMA/MA/SMK) yang tidak mampu pada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Diprioritaskan untuk daerah-daerah yang memiliki potensi kuat di bidang IKM namun belum mempunyai TPL IKM yang memadai, untuk disekolahkan pada Unit Pendidikan di Lingkungan Kementerian Perindustrian dengan Program Beasiswa Calon TPL IKM setara dengan Program D-3, dengan spesialisasi sebagai berikut :

Calon peserta harus ada Surat Rekomendasi dari Pemerintah Daerah atau Dinas yang menangani Sektor Industri di tingkat Kabupaten/Kota, ditembuskan kepada Pemerintah Daerah atau Dinas yang menangani Sektor Industri di tingkat Provinsi.

Selain itu calon peserta membuat pernyataan bersedia menjadi TPL IKM Kontrak selama 2 (dua) tahun di daerah asal dan tidak akan menuntut untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Perindustrian.

Berkas Lamaran/Pendaftaran Program Beasiswa Calon Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL) IKM dapat dikirimkan secara kolektif/perorangan disertai Surat Pengantar dan Kepala Sekolah/Pemerintah Daerah/Dinas yang menangani Sektor Industri setempat kepada Biro Kepegawaian Kementerian Perindustrian JL. Jenderal Gatot Subroto Kay. 52-53 Lt. 8 Jakarta Selatan, paling lambat tanggal 31 Mei 2014 (Cap Pos).

Informasi dan persyaratan klik di sini

Biaya Kuliah Lainnya:

Leave a Comment