Biaya Kuliah Akademi Perkeretaapian Indonesia – API Madiun

“Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) di Madiun, Jawa Timur, sudah dipesan 600 lulusannya nanti untuk operasionalisasi mass rapid transit (MRT) di Jakarta. Padahal, saat ini setiap angkatan hanya menerima 120 mahasiswa untuk dididik sampai tingkat diploma III”. Kompas 1/12/2015

Sengaja admin kutip berita di atas untuk menunjukkan bahwa lulusan Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) sangat prospektus. Diperkirakan hingga tahun 2030 Indonesia membutuhkan 101.440 tenaga kerja operator perkeretaapian dan 2.330 untuk kebutuhan tenaga kerja regulator perkeretaapian.

Akademi Perkeretaapian Indonesia Madiun secara resmi menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan di bidang perkeretaapian berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 30 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja API Madiun. Sedangkan dasar hukum penyelenggaraan pendidikan diploma diterbitkan Kemendikbud (waktu itu) dengan Permendikbud No 110/E/O/2014.

API Madiun menyelenggarakan pendidikan Program Diploma dengan 4 (empat) program studi:

  1. Diploma III Teknik Bangunan dan Jembatan Perkeretapian (TBJP). Pembelajaran Teori 58 SKS, Praktek 56 SKS
  2. Diploma III Teknik Elektro Perkeretapian (TEP). Pembelajaran Teori 59 SKS, Praktek 60 SKS
  3. Diploma III Teknik Mekanika Perkeretapian (TMP). Pembelajaran Teori 61 SKS, Praktek 59 SKS
  4. Diploma III Manajeman Transportasi Perkeretapian (MTP). Pembelajaran Teori 72 SKS, Praktek 48 SKS.

Biaya pendidikan Program DIII semua jurusan tidak ada perbedaan. Biaya paling banyak dibebankan pada semester I sebesar Rp 17.190.000, sementara pada semester selanjutnya biayanya Rp 3.000.000.

Biay Kuliah Akademi Perkeretaapian API Madiun

Biaya Kuliah Lainnya:

Comments

    • says

      Semoga bpk /Ibu bisa menerimanya anak kami kuliah di unsued purwokerto biaya yg ringan terima kasih bpk \Ibu ass wr wb dari orang tua anak namanya bayu pirdiansyah

  1. Agisma Fabayudha says

    (ASK) setelah lulus dari Akademi Perkeretaapian Indonesia, apa bisa langsung melamar menjadi masinis?
    Tolong dijawab

Leave a Comment