Biaya Kuliah Institut Teknologi Kalimantan

Institut Teknologi Kalimantan (ITK) yang berlokasi di Balikpapan Kaltim termasuk perguruan tinggi yang baru berstatus negeri, tepatnya setelah diresmikan Presiden RI kala itu SBY pada tanggal 6 Oktober 2014. Seperti perguruan tinggi negeri lainnya pembiayaan biaya kuliah menggunakan sistem uang kuliah tunggal (UKT).

Bagi Calon Mahasiswa yang diterima wajib mengisi data secara on line pada website pendaftaran ulang mahasiswa baru: smitek.itk.ac.id/ukt dengan jadwal dan waktu yang telah ditetapkan.

Besarnya UKT ditentukan berdasarkan Indeks Kemampuan Orang Tua yang diperoleh dari data yang dimasukkan. Terdapat 8 (delapan) kategori tarif UKT yang besarnya mulai Rp 500.000 s.d Rp 12.000.000. Besaran Kelompok I s/d VII untuk semua jurusan program studi sama jumlahnya. Perbedaan UKT hanya untuk Kelompok VIII dengan kisaran UKT Rp 9.500.000 – Rp 12.000.000 tergantung program studi.

Data yang diisikan secara online harus sesuai dengan dokumen sebenarnya yang terdiri:

  1. Surat keterangan gaji/penghasilan dari orang tua/wali (dari kedua orang tua/wali jika
    keduanya bekerja) yang ditandatangani oleh pihak yang berwenang dan distempel instansi
    tempat bekerja (atau oleh RT, RW, dan Lurah/Kepala Desa bagi yang tidak bekerja secara
    tetap)
  2. Fotocopy Kartu Keluarga (KK) dan KTP.
  3. Kwitansi/Bukti pembayaran Listrik (3 bulan terakhir, asli atau fotocopy, di scan jadi 1 file)
  4. Foto kondisi rumah/tempat tinggal
  5. Copy Pajak Kendaraan Bermotor (Roda 2 dan 4)

Daftar UKT Institut Teknologi Kalimantan 2015 – 2016

Biaya Kuliah Institut Teknologi Kalimantan

Biaya Kuliah Lainnya:

Comments

  1. says

    Selamat pagi Institut Teknologi Kalimantan, dengan singkatan ITK adalah Institut Teknologi Kalimantan yg berlokasi di Balikpapan Kalimantan Timur merupakan Institut Teknologi satu2nya yang berada dikawasan ini dengan UKT tertinggi hingga mencapai 12.000.000,- pada program studi Teknik Mesin Dan Teknik Perkapalan ada semacam program Unggulan di wilayah Kaltim sebagaimana tersebut diatas bahkan dapat melebihi Institut Teknologi terbaik di Pulau Jawa seperti ITB Dan ITS maupun IPB,adapun kisaran UKT disesuaikan dengan penghasilan ortu, dari 500.000,- hingga 12.000.000,- sungguh fantastis.
    Untuk kawasan Industri Dan Eksplorasi yg berbayar sangat tinggi memang layak dengan UKT sebesar 12.000.000,- karena standar UMR di Balikpapan juga tinggi.sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja ITK semakin Jaya ,Selamat ITK telah menjadi Institut Negerui di wilayah Balikpapan.
    Trimkasih Dan wassalam Suganda Nata Atmaja,S.Sos.

    • R says

      Selamat siang.
      Mau numpang tanya, Apakah UKT itu berlaku semua jalur atau khusus jalur tertentu saja ?
      Misalkan saya mau mengikuti jalur mandiri tetapi penghasilan orangtua saya 2-3 jt itu masuk golongan berapa dan berapa UMPTnya ?
      Mohon bantuannya.
      Terimakasih

  2. says

    Institut Teknologi Kalimantan yg belokasi di Balikpapan akan menjadi Institut Unggulan diwilayah Kalimantan Timur selain kebutuhan pasar tenaga kerja yang sarat dengan lokasi Industri Dan Eksplorasi maka ITK adalah sangat memberikan kontribusi terbaik diwilayah ini bahkan dari program studinya berbayar sangat mahal sekitar 12.000.000,- pada Prodi Teknik Mesin Dan Teknik Perkapalan Hal ini dapat dikategorikan program Unggulan bahkan melebihi UKT Institut di Pulau Jawa seperti ITB Dan ITS ,selmat Dan sukses ITK masadepanmu adalah cita2 dari masyarakat sekitar Kalimantan Timur yg mempunyai Institut terbaik trimakasih Dan wassalam Suganda Nata Atmaja,S.Sos

    • Abdul Kodir Wijaya says

      saya calon maba ITK – Teknik Perkapalan jalur SBMPTN (allhamdulillah) .
      saya mau tanya, apakah di ITK ada asrama buat mahasiswa ?
      apakah yg dimaksud program unggulan itu ?
      karena memang latar belakang saya yg berasal dari Jawa Barat, jadi saya membutuhkan info yg akurat.

  3. M. Yusron Wifa says

    Assalamualaikum,…
    Saya Calon mahasiswa ITK, tek. Sipil,… Diterima melalui SBMPTN,…
    Apakah ada asrama d ITK,.?

  4. Syaiful says

    Info untuk calon mahasiswa ITK yang dari luar kota Balikpapan, saat ini di ITK belum tersedia Asrama untuk mahasiswa, tapi kalian tidak perlu takut karena di sekitar ITK masih banyak tempat kos dan Balikpapan adalah kota yang enak di tinggali… kalian pasti betah…

Leave a Comment