Biaya Kuliah ISI Yogyakarta

Dibandingkan dengan tahun 2012 sebelum pemberlakuan UKT (uang kuliah tunggal), biaya kuliah Institut Seni Indonesia – ISI Yogyakarta mengalami penurunan yang cukup berarti.

Rata-rata biaya kuliah yang dibebankan kepada mahasiswa baru TA 2013 per semester sebesar Rp 2.000.000 (Kelompok III) tanpa ada biaya lainnya seperti biaya pendaftaran, pemakaian lab, iuran kegiatan kemahasiswaan sampai nanti uang Tugas Akhir dan Wisuda dan lain-lain.

Kalau dicermati biaya kuliah tunggal (BKT) ISI Yogyakarta per semester mencapai Rp 7.768.000, namun biaya kuliah yang harus ditanggung mahasiswa jauh dibawahnya. Hal ini disebabkan adanya anggaran yang digelontorkan pemerintah berupa Biaya Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) kepada perguruan tinggi negeri. Semakin besar BOPTN maka semakin kecil pula UKT PTN tersebut.

Berikut daftar UKT (Uang Kuliah Tunggal) ISI yogyakarta

Biaya-Kuliah-ISI-Yogyakarta

 


 

Biaya Kuliah ISI Yogyakarta 2015 – 2016

Calon mahasiswa dapat langsung mendaftar secara online di laman http://pmb.isi.ac.id sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, dengan mengisi data yang ada pada formulir pendaftaran online tersebut.

Setelah melakukan pendaftaran, peserta diwajibkan segera mengirimkan Berkas Verifikasi untuk dilakukan proses verifikasi/pengesahan pendaftaran sesuai jadwal yang ditentukan, berkas yang harus dibawa salah satunya adalah:

– Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua yang telah disahkan oleh Bendaharawan bagi yang berpenghasilan tetap (PNS/TNI/POLRI/Karyawan Swasta), dan untuk yang lainnya/tidak tetap (petani, nelayan, wiraswasta, pengusaha, dll) disahkan oleh Kepala Desa setempat.
– Surat Kesanggupan Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) bermeterai Rp. 6000,- ditandatangani Orang Tua/Wali

Biaya Kuliah ISI Jogja Daya Tampung ISI Yogya 2015Biaya Kuliah ISI 2016 Biaya Kuliah ISI

Biaya Kuliah Lainnya:

Comments

  1. says

    Selamat pagi ISI Yogyakarta,saya selaku orang tua dari calon mahasiswa terhitung tahun 2016,memilah- milah dan memilih- milih, menimbang-nimbang dan akhirnya memutuskan kemana sebaiknya putra/Putri kita didaftarkan untuk memasuki jenjang pendidikan yg sesuai dengan karakter,kemampuan ekonomi dan kemampuan intelektualitas anak2 kita ,dengan membaca informasi ISI Yogyakarta rasanya lebih lekat dihati kita untuk mengetahui lebih jauh,saat ini putraku sudah kuliah di Universitas Gadjah Mada Jogjakarta di kota yang Sama dengan ISI Yogyakarta,dan putriku yang bungsu sedang menempuh pendidikan di bangku SMAN 49 Jakarta kelas XII-IPA ,pilihan anak dengan pilihan orang tua saat ini tidak dapat sejalan sehubungan berkembangnya jaman,karena jaman kita Dulu tidak dapat disamakan dengan jaman sekarang semua pilihan program studi hanya yang akan kuliahlah yg menentukan pilihannya.
    Kalo keinginan saya sebagai orangtua seperti memasuki ISI Yogyakarta,program studi Desain Batik atau yng berhubungan dengan textile industries,akan tetapi keinginan anak tidak dapat dipaksakan oleh kehendak orangtua mungkin ada pilihan lain.
    ,uang kuliah mantap,dapat dijangkau BOPTN tinggi, UKT wajar.
    Wassalam &trimakasih,Suganda Nata Atmaja,S.Sos orangtua dari Muhammad Adnan Rais (Mahasiswa Universitas Gadjah Mada) & Roro Ganes Aryani siswi SMAN 49 Jakarta kelas XII-IPA

  2. says

    Selamat pagi ISI Yogyakarta,saya selaku orang tua dari calon mahasiswa terhitung tahun 2016,memilah- milah dan memilih- milih, menimbang-nimbang dan akhirnya memutuskan kemana sebaiknya Putra/Putri kita didaftarkan untuk memasuki jenjang pendidikan yg sesuai dengan minat,karakter,kemampuan ekonomi dan kemampuan intelektualitas anak2 kita ,dengan membaca informasi ISI Yogyakarta rasanya lebih lekat dihati kita untuk mengetahui lebih jauh,saat ini putraku sudah kuliah di Universitas Gadjah Mada Jogjakarta di kota yang Sama dengan ISI Yogyakarta,dan putriku yang bungsu sedang menempuh pendidikan di bangku SMAN 49 Jakarta kelas XII-IPA ,pilihan anak dengan pilihan orang tua saat ini tidak dapat sejalan sehubungan berkembangnya jaman,karena jaman kita dulu tidak dapat disamakan dengan jaman sekarang semua pilihan program studi hanya yang akan kuliahlah yg menentukan pilihannya.
    Kalo keinginan saya sebagai orangtua seperti memasuki ISI Yogyakarta,program studi Desain Batik atau yng berhubungan dengan Textile Industries,akan tetapi keinginan anak tidak dapat dipaksakan oleh kehendak orangtua mungkin ada pilihan lain.
    ,uang kuliah mantap,dapat dijangkau BOPTN tinggi, UKT wajar.
    Wassalam &trimakasih,Suganda Nata Atmaja,S.Sos orangtua dari Muhammad Adnan Rais (Mahasiswa Universitas Gadjah Mada) & Roro Ganes Aryani siswi SMAN 49 Jakarta kelas XII-IPA

  3. Ibu May Supendi says

    Assalamualaikum, anak saya baru akan lulus tahun 2016, cita2 anak saya ingin kuliah di ISI yogyakarta jurusan Televisi SFMR. Sbg orang tua saya sngt mndukung apapun cita2 anak saya dan akan melakukan apapun demi mewujudkan cita2nya, berkas telah terkirim, dng usaha dan doa saya sangat berharap anak saya Tiara Elsabila bisa diterima di ISI Yogyakarta

  4. ibu tien says

    Assalamualaikum…

    Saya ibu tien, ingin mendapatkan masukan dari admin ttg pemilihan jurusan untuk kelanjutan anak saya.

    Anak sy terlihat bakat minatnya di bidang musik dan komputer.
    Klu di musik, dia lebih suka memainkan drum dan mencipta lagu. Klu di komputer, lebih suka di multimedia.

    Dari kedua bidang itu, dia lebih cenderung ke musik.
    Hanya dua kota yang dia pilih untuk melanjutkan kuliah nanti. Yaitu Jogja dan Bandung.

    Menurut admin:
    1. Kemana tepatnya anak saya melanjutkan kuliah?
    2. Jurusan apa yg tepat untuk anak saya?
    3. Dan apa gambaran kedepan ttg jurusan yg akan diambil?

    Mohon masukan nya. Trimakasih.

  5. Dharu Marhaendra says

    Assalamualakum, saya Dharu Marhaendra siswa SMK N 11 Semarang (Grafika) lulusan taun 2016. saya bercita-cita untuk masuk ke perguruan tinggi ISI Yogyakarta dan saya ingin membanggakan orangtua saya, namun ada keterbatasan biaya untuk masuk ke ISI Yogyakarta, saya ingin bertanya apakah ada Beasiswa sehingga saya dapat melanjutkan ke perguruan tinggi ISI Yogyakarta? Terimakasih atas jawabannya . Wassalamulaikum wr.wb

  6. Divi Garvina says

    Assalamualaikum, saya Divi Garvina siswa SMA Negeri 2 Ciamis lulusan tahun (2016).
    saya sangat bercita cita ingin masuk ke perguruan tinggi ISI Yogyakarta khususnya masuk jurusan fotografi.
    saya mau bertanya apakah ada perbedaan antara jalur reguler dan non reguler khususnya dalam biaya ?

    • Admin says

      Biaya jalur non reguler lebih besar dibandingkan jalur reguler.
      Biaya non reguler ditetapkan Rp 3.500.000 per program studi.
      Lihat tabel paling bawah dengan kode NR (Non Reguler).

  7. Umi Fidzriyatul Aisyiyah says

    Assalamualaikum, Saya Umi lulusan D3 Arsitektur 2016. Apakah di ISI ada program lanjut ke S1 dari D3 ke jurusan Desain Interior? Saya ingin sekali melanjutkan ke kampus ISI terimakasih mohon balasannya. Wass

Leave a Comment