Biaya Kuliah ITS Jalur Mandiri

Seleksi mandiri di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) diberi nama Program Kemitraan dan Mandiri (PKM). Dalam pelaksanaannya, Program PKM-ITS terbagi menjadi 2(dua) jenis yaitu Program Kemitraan dan Program Mandiri.

Terdapat 2 (dua) jalur penerimaan calon mahasiswa melalui PKM yaitu melalui Program Kemitraan dan Program Mandiri.

  1. Program Kemitraan diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dan merupakan utusan instansi mitra (Perusahaan/Pemprov/Pemkab/Pemkot) yang mempunyai nota kesepahaman dengan ITS ditunjukkan dengan adanya MoU dan MoA.
  2. Program Mandiri diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dari masyarakat umum yang berminat.

Mekanisme Seleksi Masuk Jalur PKM

Seleksi penerimaan calon mahasiswa baru Program PKM-ITS TIDAK memerlukan ujian tulis. Seleksi PKM ITS untuk semua program studi akan didasarkan pada nilai/skor yang diperoleh dalam ujian SBMPTN Tahun 2016 kecuali program studi Desain Produk dan Industri (DESPRO).

Khusus untuk pilihan program studi Desain Produk Industri, seleksi akan didasarkan pada nilai/skor yang diperoleh pada UMDESAIN Tahun 2016 atau jalur PKM untuk masuk program studi DESPRO.

Oleh karena itu, setiap calon peserta seleksi PKM ITS wajib terdaftar di SBMPTN Tahun 2016 dengan mengikuti Kelompok Ujian Saintek atau Campuran, kecuali yang memilih program studi Desain Produk Industri wajib terdaftar di UMDESAIN 2016 atau jalur PKM untuk masuk program studi DESPRO.

Dengan demikian, dapat dikatakan semua program studi di ITS menerima pendaftar dari SMA/MA/SMK sejenis lulusan tahun 2014, 2015 dan 2016 dengan catatan pendaftar telah mengikuti SBMPTN 2016 kelompok ujian Saintek atau Campuran dan/atau UMDESAIN 2016 atau jalur PKM untuk masuk program studi DESPRO

Biaya Kuliah

Biaya kuliah jalur PKM mengikuti ketentuan yang ditetapkan ITS yakni terdiri dari UKT dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI)

Program Kemitraan

  • Uang Kuliah (UK) sebesar Rp. 7.500.000, 00 per semester untuk semua program studi, kecuali untuk biaya pendidikan pada program Double Degree Marine Engineering sebesar Rp 19.700.000, 00 pada semester pertama dan Rp 17.500.000, 00 pada semester berikutnya.
  • Sumbangan Pengembangan Institusi
    Sesuai dengan yang telah disepakati dalam Piagam Kerjasama Kemitraan antara ITS dengan Mitra ITS.

Program Mandiri

  • Uang Kuliah (UK)
    Sebesar Rp. 7.500.000, 00 per semester untuk semua program studi, kecuali untuk biaya pendidikan pada program Double Degree Marine Engineering sebesar Rp 19.700.000, 00 pada semester pertama dan Rp 17.500.000, 00 pada semester berikutnya.
  • Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) dengan besaran sesuai tabel di bawah ini:

Biaya Kuliah ITS Jalur Mandiri

Biaya Kuliah Lainnya:

Comments

  1. says

    Selamat malam ITS Surabaya kami telah membaca informasi mengenai perkuliahan serta pembiayaan perkuliahan di ITS,terdapat beberapa persamaan dan perbedaan pada nilai rupiah yang diperlukan untuk setiap program studi,mengenai persamaan dan perbedaan biaya terletak pada jalur masuk serta program studi yang dipilih,adapun jalur mandiri adalah merupakan seleksi dari hasil SBMPTN sehingga kesempatan untuk masuknya seperti halnya jalur undangan SNMPTN dimana hasil ujian sudah diketahui namun pemilihan program studi serta peminat dan dayatampung juga perlu diperhitungkan untuk dapat masuk di ITS,adapun biaya kuliah range 7,5 juta hingga 19,5 juta serta SPI bervariasi antara 22 juta hingga 45 juta,memang SNMPTN dan SBMPTN adalah merupakan kesempatan terbaik untuk mendapatkan biaya kuliah termurah dan terjangkau hingga kepada kelas ekonomi terendah sekalipun,terimakasih dan wassalam Suganda Nata Atmaja,S.Sos

Leave a Comment