Biaya Kuliah Kedokteran PTN

Dibandingkan dengan jurusan lain di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), biaya kuliah kedokteran termasuk paling mahal. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir uang pangkal (apapun namanya) bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Tingginya biaya kuliah jurusan Kedokteran disebabkan operasional penyelenggaraan perkuliahan yang tinggi pula.

Penerapan model uang kuliah tunggal (UKT) yang dicanangkan pemerintah mulai tahun ajaran 2013 tidak serta merta menurunkan biaya pendidikan kedokteran karena dilihat secara akumulatif selama masa kuliah (8 Semester) UKT untuk kelompok III s/d V masih relatif tinggi. Namun sedikit banyak sistem ini memberikan keringanan terhadap biaya pendidikan, yang paling kentara adalah pembebanan biaya kuliah didistribusikan per semester. Sebelum diberlakukan UKT, pihak universitas membebankan uang pangkal atau uang gedung dalam jumlah tertentu yang harus dibayarkan sekaligus pada awal masuk kuliah.

Besar kecilnya biaya kuliah yang ditanggung mahasiswa Kedokteran sangat tergantung pada Biaya Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) sebagai subsidi pemerintah terhadap Pergurauan Tinggi tersebut. Pemberian BOPTN sudah melalui formula tertentu yang ditentukan Kemendikbud berdasarkan 4 indikator yaitu Kontanta, Indeks Jenis Program Studi, Indeks Mutu PT, dan Indeks Kemahalan dari propinsi PT berada.

Sebagai contoh Universitas Indonesia (UI) pada tahun 2013 mendapat dana BOPTN sebesar Rp 226.790.370.292, yang merupakan penerimaan terbesar dibandingkan PTN lain. Imbasnya biaya kuliah atau UKT yang ditanggung mahasiswa baru paling tinggi Rp 7.500.000 pada kelompok V.

Termasuk juga Jurusan Kedokteran UI biaya kuliahnya hanya Rp 7.500.000 per semester tanpa dibebankan biaya lain-lain. Sebelum penerapan UKT biaya kuliah Kedokteran UI sebagai berikut (2012):

  • Biaya Operasional Pendidikan (BOP ) Rp 7.500.000 per semester
  • Dana Kesejahteraan dan Fasilitas Mahasiswa (DKFM) Rp 100.000
  • Uang Pangkal (UP) Rp 25.000.000
  • Dana Pelengkap Pendidikan (DPP) Rp 600.000

Jadi dengan UKT sudah tidak ada lagi uang pangkal sebesar Rp 25.000.000. Hilangnya uang pangkal ini karena operasional perkuliahan terkover dengan BOPTN.

Itulah sebabnya biaya kuliah jurusan Kedokteran antar Perguruan Tinggi Negeri bisa berlainan, penyebabnya adalah adanya perbedaan alokasi dana BOPTN. Berikut beberapa contoh lain biaya kuliah jurusan Kedokteran pada PTN sebelum diterapkannya sistem uang kuliah tunggal (UKT).

Universitas Gajah Mada (2012)

  • Sumbangan Peningkatan Mutu Akademik (SPMA): Rp 10.000.000 s/d > Rp20.000.0000 (1x)
  • BOP + SPP : Rp 2.250.000 per semester

Undip (2012)

  • Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) : Rp 750.000
  • Praktikum, Responsi & Kegiatan Perkuliahan lainnya (PRKP) : Rp 1.000.000
  • Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) : Rp 2.250.000
  • Sumbangan Pengembangan Manajemen Pendidikan (SPMP) : Rp 25.000.000
  • Atribut : Rp 446.000

Universitas Sriwijaya – Unsri (2012)

  • SPP : Rp 740.000/smt
  • DPP (uang praktikum) : Rp 2.200.000/smt
  • DPF (Dana Pengembangan Fakultas) : Rp 22.000.000

Universitas Hasanuddin (2012)
Jalur SNMPTN

  • SPP Rp 600.000 per bulan
  • Uang Pangkal: Rp 1.000.000 – Rp 1.500.000 

Jalur Mandiri

  • SPP Rp 600.000 per bulan
  • Uang Pangkal : Rp 100.000.000

Uang Kuliah Tunggal Kedokteran

Berikut daftar uang kuliah tunggal (UKT) jurusan Kedokteran Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia yang dibebankan sebagai biaya pendidikan per semester mulai Tahun Akademik 2013:
Biaya-Kuliah-Pendidikan-Kedokteran

Pengelompokan UKT ini berdasarkan kemampuan ekonomi atau penghasilan orang tua. Kelompok I dengan Tarif UKT paling rendah, rentangnya yang bisa dijangkau oleh masyarakat tidak mampu dengan penghasilan s/d Rp 500.000. Kelompok II rentang penghasilan Rp 500.000 s/d Rp 1.000.000.

Sesuai ketentuan paling sedikit PTN mengalokasikan jumlah mahasiswa untuk kelompok I dan II masing masing minmal 5% dari total mahasiswa yang diterima.

Biaya Kuliah Lainnya:

Comments

    • says

      Sebenarnya base atau dasar penentuan UKT semuanya berdasarkan penghasilan orang tua.

      Namun untuk jalur mandiri pihak Kampus secara aturan diperbolehkan untuk membebankan biaya lain-lain spt uang gedung/uang pangkal, shg sangat tergantung kebijakan universitas apakah ada uang gedung atau tidak. Bisa juga dibebankan pada UKT tertinggi.

  1. anik ika wati says

    untuk tahun 2015/2016 biaya pendaftarannya bgaimna ? dan bisa dijelaskan untuk yang jalur SBMPTN ? terimksih..

  2. kiky says

    permisi ..UKT itu dibayarnya persemester? dan masih ada gak biaya-biaya lain yang harus di bayar persemester?
    terima kasih

    • Agus SAgus S says

      Sistem UKT tidak ada pembebanan biaya lagi selain tabel di atas. Besar kecilnya tergantung pengelompokan UKT.

    • Agus SAgus S says

      Sederhananya BKT keseluruhan biaya kuliah suatu program studi, rumusnya BKT: UKT + Subsidi pemerintah. UKT itulah yg dibebankan ke mahasiswa. BKT selalu lebih besar dari UKT.

  3. Mians says

    Bgmn dgn biaya kuliah yang mandiri pak Agus? Boleh diberikan info utk univ seperti tabel diatas tentunya yg menerima pendaftaran secara Mandiri.
    terimakasih

    • Admin says

      Setahu admin khususnya PTN di pulau Jawa yang membuka jalur mandiri kedokteran hanya Undip, UB, Unair, UNS dan Unsoed. Info mudahnya silahkan rajin buka website masing2 Universitas yg diminati.

      Mengenai biaya ada aturannya, setiap PTN khususnya yang berbentuk badan layanan umum besaran semua biaya pendidikan (termasuk biaya kuliah jurusan kedokteran) harus ditetapkan dengan peraturan menteri keuangan jadi tdk seenaknya sendiri dlm penentuan tarif.

      Untuk jalur mandiri setahu admin, hanya UB dan Unair yang tarifnya tdk menggunakan UKT namun tarif tersendiri (ada uang pangkalnya), sedangkan lainnya menggunakan UKT (biasanya level tertinggi)

  4. says

    Banyak orang tua mempunyai tumpuan harapan pada anaknya untuk dapat diterima di Perguruan Tinggi Negeri dengan Program Studi unggulan namun semuanya berpulang pada kemampuan ekonominya,mungkinkah orang tua yang berpenghasilan UMR tanpa ada masukan pendapatan lain untuk menyekolahkan anaknya di Program Studi termahal seperti Fakultas Kedokteran? komen dari Suganda Nata Atmaja,S.Sos /orang tua dari Roro Ganes AH siawa kelas XII-IPA SMAN 49 Jakarta,trimakasih

  5. says

    saya abdurrahaman sma 1 panipahan rohil RIAU, INGIN MENANYAKAN persyaratan masuk kedoteran uin serta biaya yang harus dibayar diawal dan sampai selesai

Leave a Comment