Biaya Kuliah Kedokteran Unpad Mulai Tahun 2016 Gratis

Pendidikan yang bagus kerap dikaitkan dengan masuk kuliah dan lulusnya yang sulit serta berbiaya mahal, salah satunya Kedokteran Unpad. Mulai tahun Akademik 2016 – 2017 Universitas Padjajaran (Unpad) membebaskan biaya kuliah Fakultas Kedokteran jenjang S1 dan S2 Spesialis.

Seperti diketahui uang kuliah tunggal (UKT) Fakultas Kedokteran Unpad merupakan yang paing tinggi dibandingkan Fakultas lainnya. Biaya Kuliah per semester sebesar Rp 13 Juta untuk kelompok V. Unit cost sebenarnya mencapai Rp 24.179.000/semester.

Latar belakang Unpad menggratiskan uang kuliah tersebut bertujuan agar setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk kuliah jurusan kedokteran. Yang kedua adanya distribusi yang tidak merata untuk tenaga medis, terutama dokter dan spesialis. Sebenarnya penggratisan biaya kuliah mahasiswa kedokteran program S-1 tersebut telah dirancang sejak 2012, namun baru terlaksana pada tahun ini.

Mekanismenya Unpad bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten dan Kota di wilayah Jawa Barat untuk pembiayaannya. Syarat utamanya peminat bersedia ditempatkan di kabupaten/kota tersebut. TA 2016/2017 jumlah kuota Prodi Pendidikan Dokter sebanyak 250 kursi dengan pembagian jalur masuk SNMPTN 125 kursi dan SBMPTN 125 kursi. Sedangkan kuota dokter spesialis sebanyak 150 orang. Tahun pertama khusus Pendidikan Dokter ditempatkan di Asrama.

Secara rinci pembebasan biaya pendidikan bagi mahasiswa kedokteran Unpad diatur dalam peraturan Rektor No 8 Tahun 2016, berikut poin-poinnya:

RUANG LINGKUP

  1. Ketentuan pembebasan biaya pendidikan berlaku bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran Unpad yang diterima  mulai tahun  ajaran  2016-2017
  2. Mahasiswa  Program  Studi   Kedokteran  dan Program  Studi   Profesi   Dokter adalah   yang   diterima   melalui   Seleksi Nasional  Masuk  Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN dan/ atau   Seleksi  Bersama Masuk  Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan  bersedia  menjalani Ikatan  Kerja di  instansi   pemerintah  dan/ atau   institusi   swasta   yang  bekerja   sama   dengan Unpad  dalam  Pembebasan Biaya Pendidikan.
  3. Mahasiswa  Program Pendidikan Dokter Spesialis-1 adalah   yang  diterima   melalui  Seleksi  Masuk  Universitas Padjadjaran (SMUP}dan  bersedia  menjalani Ikatan  Kerja di  instansi   pemerintah dan/ atau institusi    swasta   yang  bekerja   sama   dengan   Unpad   dalam   Pembebasan Biaya Pendidikan

HAK DAN KEWAJIBAN

  1. Mahasiswa  hanya   dibebaskan  dari   Biaya  dan   Uang  Kuliah  Tunggal   selama mengikuti pendidikan pada  Fakultas Kedokteran Unpad.
  2. Mahasiswa   dapat   menerima  bantuan biaya lainya dari Instansi Pemerintah dan/atau Institusi Swasta  pemberi bantuan Pembebasan Biaya Pendidikan atau Instansi Pemerintah dan/ atau Institusi Swasta lainnya dan  harus merupakan  perjanjian tanpa  Ikatan  Kerja.
  3. Lulus  tidak  lebih dari batas  waktu  yang ditentukan oleh masing-masing Program Studi.
  4. Lulusan wajib   menjalani Ikatan Kerja di instansi pemerintah dan/atau institusi swasta yang bekerja sama dengan Unpad dalam Pembebasan Biaya Pendidikan, dengan ketentuan:
    a.  selama 1 (satu) kali masa  pendidikan yang secara nyata dijalani  (n);dan
    b.  selama  menjalani Ikatan  Kerja, ijazah asli dan transkrip nilai asli disimpan oleh Unpad.

PERJANJIAN DAN IKATAN DINAS

Orang   Tua/wali   Mahasiswa  wajib   membuat   Perjanjian  Pembebasan Pendidikan dan Perjanjian Ikatan  Kerja dengan  Rektor yang ditandatangani :
a. Rektor;
b. Orang Tua/Wali Mahasiswa yang bersangkutan; dan
c. Mahasiswa yang bersangkutan.

SANKSI DAN GANTI RUGI

  1. Mahasiswa   yang    tidak    menyelesaikan   masa     pendidikan   dengan     alasan mengundurkan   diri   atau    terkena    sanksi    akademik  pemutusan   studi,   wajib membayar Ganti Rugi. Ganti   Rugi  sebagaimana  dimaksud  adalah   sebesar   Biaya  yang diterima  selama  masa  pendidikan dan  ditambah biaya  denda  sebesar  25 % (dua puluh   lima  per  seratus)   dari   keseluruhan  Biaya  yang  diterima   selama   masa pendidikan.
  2. Lulusan  yang  tidak  melaksanakan Ikatan  Kerja di instansi  pemerintah dan/atau institusi   swasta    dijatuhi  sanksi  berupa  pencabutan  ijazah  dan  gelar akademik oleh Rektor.
  3. Lulusan  yang  tidak  melaksanakan Ikatan  Kerja di instansi  pemerintah dan/ atau institusi  swasta    wajib membayar Ganti Rugi. Ganti  Rugi  sebagaimana dimaksud adalah   sebesar   keseluruhan Biaya  yang  telah  diterima  selama  masa  pendidikan dan  ditambah biaya  denda sebesar  100 % (seratus  per seratus)  dari keseluruhan Biaya yang diterima  selama masa  pendidikan.
  4. Lulusan  yang  tidak  melaksanakan  pembayaran Ganti  Rugi dapat  diproses  secara  hukum.

Biaya Kuliah Lainnya:

Comments

  1. says

    Selamat malam pak,saya telah membaca informasi mengenai kesempatan kuliah di Fakultas Kedokteran Unpad yang mensyaratkan bagi mahasiswa yang bersedia ditempatkan di kota kabupaten/kodia di Jawa Barat akan digratiskan terhitung tahun ajaran 2016/2017 artinya pertama Kali pendaftaran tahun ini.
    Kebiasaan orang adalah baik mampu atau tidak mampu dalam ekonomi /finansial Dan akademisnya jika mendengar atau melihat atau membaca surat pernyataan atau berita Negara dengan maksud gratis atau tidak bayar rasanya semua tertarik pada program tersebut terlebih Fakultas Kedokteran sebagai Fakultas yang paling elite Dan tentu berbiaya sangat mahal,kapan lagi menemukan Hal seperti ini ? Nasib baik saja yang menentukan untuk mendapatkan kuliah mahal dengan biaya gratis,pasti peminatnya ribuan,trimakasih Dan wassalam,Suganda Nata Atmaja,S.Sos. Orang Tua dari Roro Ganes Aryani siswa kelas XII-IPA SMAN 49 Jakarta

  2. Muhammad ilyas says

    Assalamkum.saya sangat berminat sekali untuk ikut serta dalam perkuliahan ini. Saya ex mhswa stikes alirsyad cilacap.sy berhnti kuliah karena tidak ada kmampuan biaya.. sudah 3thn lbih sy ksana kmari mncari pluang besar harapan saya jika bisa masuk kedokteran.. saya siap ditempatkan dmanapun… prinsip hidup saya dimana bumi ini di pijak disanalah langit di jujnjung… tolong berikan pada saya info yang tepat dan bisa di hubungi…

  3. Ria Nurul says

    mau tanya , itu biaya kuliah gratis termasuk uang pendaftaran , biaya praktek , sampai wisuda gratis apa hanya UKT saja yang gratis ?
    sama durasi kerja selama kuliah itu kuliah sambil kerja apa gimana mksudnya ?
    mohon infonya .. terimakasih

    • Admin says

      Uang pendaftaran sesuai ketentuan.
      Biaya selama perkuliahan yang benar-benar gratis sampai wisuda.
      Contoh : lama kuliah 4 tahun berarti penempatan kerja minimal 4 tahun juga

  4. Najwa says

    Apakah tahun depan kedokteran unpad masih gratis? Karna saya gagal ditahun ini dan ingin mengulang di tahun depan. Mohon dijawab. Terimakasih

    • Admin says

      Meskipun admin blm dapat memastikan namun kemungkinan besar Program ini untuk jangka panjang.

      Pasal 2: Peraturan Rektor ini berlaku bagi mahasiswa Program Studi Kedokteran, Program Studi Profesi Dokter, dan Program Pendidikan Dokter Spesialis-1 pada Fakultas Kedokteran Unpad yang diterima mulai tahun ajaran 2016-2017.

      Perhatikan kata mulai, jadi masih ada kesempatan untuk tahun 2017/2018

  5. DWI TRIANI says

    Saya baru baca info ini. Bagai mana cara daftarnya. Saya benar2 ingin melanjutkan kuliyah.
    Mohon infonya..

  6. septiani says

    assalamualikum wr.wb saya terharu takjub karena biaya kuliah masuk kedokteran gratis,saya ingin sekali masuk tapi saya baru naik kelas 12smk jurusan farmasi,apakah di tahun berikutnya unpad masih menyelenggarakan kuliah gratis?mungkin jika ada saya berkeinginan masuk jurusan kedokteran karena saya ingin meringankan beban orangtua saya,saya mohon pak tahun berikutnya di adakan supaya saya bisa kuliah tanpa membebankan orangtua saya,terimakasih pak.

  7. septiani says

    assalamualikum wr.wb saya terharu takjub karena biaya kuliah masuk kedokteran gratis,saya ingin sekali masuk tapi saya baru naik kelas 12smk jurusan farmasi,apakah di tahun berikutnya unpad masih menyelenggarakan kuliah gratis?mungkin jika ada saya berkeinginan masuk jurusan kedokteran karena saya ingin meringankan beban orangtua saya,saya mohon pak tahun berikutnya di adakan supaya saya bisa kuliah tanpa membebankan orangtua saya,mohon dijawab dan didengar iya pak,terimakasih pak.

  8. rista fitriani says

    Pak saya baru naik kelas 3 smk keperawatan , saya ingin masuk kesana tahun depan. . Yang saya tanyakan berapa lama kontrak kerja yang harus di setujui ?

  9. Tita says

    Maaf tanya pak untuk pendftaran tahun depan usia maksimal berapa ya pak?? Karena sya baca dipersyaratan usia tidak disebutkan
    Terimakasih

    • Admin says

      Persyaratan mengikuti aturan SNMPTN dan SBMPTN, jadi jika ikut jalur SBMPTN persyaratannya adalah lulusan SMA/sederajad tiga tahun terakhir tanpa batasan usia

  10. Agneu says

    .Assalamualikum pak, saya barusan membaca info tersebut,, jujur saya dari kecil sangat mencita-citakan mnjadi seorang dokter, sya selalu menangis berdoa agar Allah mengabulkan cita2 sya tersebut,, sya terhambat dengan hal biaya, besar sekali keinginan sya dan sya slalu berharap smoga Allah menjawab doa saya,untuk mnjadi seorang dokter yg amanah. Pak sya mau bertanya, sya murid yg berprestasi, slalu mndapat juara umum 1 setiap smester’y, apakah sya bisa daftar langsung ke fakultas tanpa lewat SNMPTN?? Sya angkatan thn 2015 tpi sya berharap sekali di thn 2016 ini sya bisa msuk. Pak sya Mohon jawaban’y dgn sangat?

    • Admin says

      Dalam peraturan Rektor Unpad di atas hanya menerima dari jalur SNMPTN dan SBMPTN, jalur lainnya belum ada. Jadi ikutin saja jalur SNMPTN jika belum berhasil coba SBMPTN.
      Admin ikut mendoakan agar adik bisa di terima…. amin

  11. dyan says

    Pak, saya lulusan S1 akuntansi tahun 2017,tp saya tidak suka akuntansi karna saya dari dulu ingin kuliah kedokteran tapi tidak punya biaya.masih bisakah saya mengikuti kuliah kedokteran gratis ini?tahun 2016 usia saya 27 tahun.mohon jawabannya.dulu saya sma jurusan ipa

    • Admin says

      Jalur yang mungkin lewat SBMPTN, namun persyaratannya harus lulsan SMS sederajat 3 tahun terakhir.
      Saran admin kalau memang tidak suka akuntansi bisa bekerja dibidang lain, peluang bagus sebagai Management Trainee (MT) di perusahaan2. Nantinya penempatan sesuai minat dan kemampuan.

  12. lutfi fuadah says

    Ass. Pak mau tanya apakah anak yang lulus dari smk kesehatan swasta dan belum terakreditasi bisa di terima untuk masuk fk di unpad.

  13. Devi nur anisah says

    Assalamuaikum.. mbk bleh minta infonya yang lebih detail lgg.. soalnya aku pengen sekali bisa kulia dst secra gratis .. menjadi dokter cita2 saya dari kecil tp karna biaya yg sngt mahal

  14. Novi istianingsih says

    Tahun 2016 saya gagal ikut sbm, 2017 kemungkinan blm bisa ikut, 2018 masih bisa ikut sbm kah fakultas kedokteran di unpad ? Masih bisa gratis kah?

  15. says

    pak saya sangat berminat untuk melanjutkan kuliah di fk unpad, tapi saya dari luar jawa, khususnya dari lombok provinsi NTB. Yang mau saya tanyakan apakah sistem perkuliahan gratis untuk fknya menggunakan sistem kuota untuk setiap daerah? dan kalau boleh tahu berapa kuota yang diberikan untuk wilayah NTB?
    terimakasih..

  16. Nadia P says

    Min biaya untuk beli buku,alat praktek & sarana lainnya apakah gratis atau hanya spp saja yang gratis ? Terima kasih…

Leave a Comment