Biaya Kuliah Politeknik Ilmu Pelayaran – PIP Semarang

Sebagai perguruan tinggi yang berstatus BLU, penentuan biaya kuliah atau biaya pendidikan Politeknik Ilmu Pelayaran – PIP Semarang harus ditetapkan dengan Peraturan Menteri Keuangan.

Tanggal 2 Juni 2014 Kementerian Keuangan telah menerbitkan peraturan Menkeu No 97/PMK.05/2014 tentang tarif layanan Badan Layanan Umum PIP Semarang yang salah satunya memuat Tarif atau biaya pendidikan Program Diploma IV. Program Studi yang diselenggarakan di PIP Semarang meliputi :

a.Program Studi NAUTIKA
b.Program Studi TEKNIKA
c.Program Studi Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan (KALK)

Seiring dengan diterbitkannya PMK No 54/PMK.05/2016 tanggal 5 April 2016 yang merubah PMK sebelumnya, biaya pendidikan di PIP Semarang mengalami penyesuaian. Peningkatan biaya dialami semua program terutama untuk semester 5 s/d 8. Sementara biaya kuliah semester 1 – 4 masih tetap sama.

Keringanan Biaya

Terhadap taruna tertentu dapat diberikan tarif layanan sampai dengan sebesar 0% (nol persen). Taruna tertentu yang dimaksud terdiri atas:

  1. Taruna dari keluarga miskin (Gakin);
  2. Taruna berprestasi yang berasal dari Indonesia bagian timur;
  3. Taruna dari wilayah tertinggal; dan/atau
  4. Taruna korban bencana.

Pemberian tarif layanan sampai dengan sebesar 0% (nol persen) dilaksanakan dengan mempertimbangkan kondisi keuangan Badan Layanan Umum Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang pada Kementerian Perhubungan.

Ketentuan lebih lanjut mengenai kriteria dan tata cara penetapan tarif layanan kepada taruna tertentu diatur oleh Direktur Badan Layanan Umum Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang pada Kementerian Perhubungan.

Biaya Kuliah Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang TA 2016

Biaya Kuliah Politeknik Pelayaran Semarang

Biaya Kuliah TA 2015

Biaya Kuliah Lainnya:

Comments

Leave a Comment