Biaya Kuliah Polman Bandung

Biaya Kuliah

  1. Setiap mahasiswa diwajibkan membayar biaya-biaya penyelenggaraan pendidikan pada setiap awal semester dan/atau tahun ajaran serta pada kegiatan-kegiatan tertentu yang meliputi:
    1. Perlengkapan Kerja yang menjadi milik mahasiswa, dibayarkan satu kali pada awal masuk perkuliahan (berlaku untuk program pendidikan Diploma-3)
    2. Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) dan Diktat Kuliah, dibayarkan pada tiap awal semester.
    3. Asuransi Kecelakaan Kerja dan Uang Himpunan Mahasiswa, dibayarkan pada tiap awal tahun ajaran baru.
    4. Biaya untuk kegiatan tertentu seperti Studi Wisata dan Wisuda dibayarkan sebelum kegiatan dilaksanakan.
  2. Besar biaya kuliah ditetapkan melalui surat keputusan Direktur.
  3. Biaya yang dikeluarkan untuk penulisan dan pembuatan Tugas Akhir menjadi beban dan tanggungjawab mahasiswa.

Pembayaran Biaya Kuliah dan Sanksi

  1. Biaya Perlengkapan Kerja, SPP, Diktat Kuliah, Asuransi Kecelakaan Kerja dan Uang Himpunan Mahasiswa sebagaimana ketentuan yang berlaku harus sudah dibayarkan sebelum semester baru dimulai.
  2. Biaya Kuliah yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan lagi dengan alasan apapun.
  3. Penundaan pembayaran biaya kuliah dapat diajukan melalui permohonan tertulis yang ditandatangani oleh orang tua/wali mahasiswa dan ditujukan kepada Direktur sebelum perkuliahan semester baru dimulai.
  4. Direktur akan menetapkan batas waktu pembayaran untuk setiap surat permohonan penundaan pembayaran biaya kuliah.
  5. Keterlambatan pembayaran biaya kuliah akan dikenakan sanksi tidak diperbolehkan mengikuti kegiatan perkuliahan sampai dengan waktu pelunasan.
  6. Ketidakhadiran yang disebabkan oleh sanksi keterlambatan pembayaran biaya kuliah tetap diperhitungkan sebagai sanksi akademik.

 Beasiswa dan Ikatan Dinas

  1. Bagi mahasiswa yang memenuhi syarat sebagai calon penerima dapat mengajukan permohonan untuk memperoleh beasiswa atau ikatan dinas.
  2. Ikatan dinas diberikan oleh Politeknik Manufaktur Bandung selama masih tersedia kapasitas untuk penempatan staf baru.
  3. Syarat dan tatacara pemberian Ikatan Dinas seperti tercantum pada ayat (2) diatas diatur dalam Peraturan Ikatan Dinas Politeknik Manufaktur Bandung.
  4. Beasiswa dan Ikatan Dinas dapat diberikan oleh lembaga, instansi atau perseorangan selama tidak bertentangan dengan peraturan Politeknik.
  5. Syarat calon penerima seperti tercantum pada ayat (4) diatas ditetapkan oleh lembaga, instansi atau perseorangan pemberi beasiswa atau ikatan dinas.
  6. Pengaturan mahasiswa penerima beasiswa dan/atau ikatan dinas dilakukan oleh Politeknik.
 Tabel Uang Kuliah Tinggal (UKT) Polman Bandung 2013/2014

Biaya Kuliah Polman Bandung

UKT Polman 2015 – 2016

UKT Polman Bandung

Biaya Kuliah Lainnya:

Comments

  1. furqon says

    Apakah UKT yang dikelompokkan itu benar-benar dilaksanakan??? Adakah kelompok tim/dinas dari Pemerintah yang sungguh-sungguh memantaunya????? Tidak mudah untuk mempercayainya.

  2. says

    Selamat siang Polman Bandung,kami telah membaca informasi mengenai pembiayaan serta persyaratan menjadi Mahasiswa Polman Bandung, langsung kepada pokok persoalan pembiayaan apakah tidak diawali dengan pembukaan atau program studi dan visi misi dari Polman Bandung,adapun ikatan dinas dengan instansi adalah nasib baik bagi mahasiswa yg mempunyai nilai tinggi atau memenuhi kriteria daripada rekrutmen, sedangkan yg tidak ikatan dinas kami masih mempercayai kehandalan daripada lulusan Polman Bandung pasti dapat pekerjaan sesuai dengan bidangnya,terimakasih Dan wassalam Suganda Nata Atmaja,S.Sos.

Leave a Comment