Biaya Kuliah Poltekkes Makassar

Biaya kuliah Poltekkes Makassar terbaru berpedoman pada Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 5/PMK.05/2015 tentang Tarif Layanan BLU Politeknik Kesehatan Makassar.

Secara garis besar PMK tersebut mengatur tentang tarif layanan yang terdiri atas :

a. Tarif Seleksi Ujian Masuk;
b. Tarif Layanan Akademik;
c. Tarif Layanan Akademik Lainnya; dan
d. Tarif Asrama.

Terhadap mahasiswa tertentu dapat diberikan tarif layanan sampai dengan 0% (nol persen) dengan kriteria :

a. Mahasiswa teladan;
b. Mahasiswa berprestasi nasional atau internasional;
c. Mahasiswa dari keluarga miskin; dan/atau
d. Mahasiswa korban bencana.

Pemberian tarif layanan sampai dengan 0% (nol persen) dilaksanakan dengan mempertimbangkan kondisi keuangan Badan Layanan Umum Politeknik Kesehatan Makassar

Berkut biaya kuliah dan biaya layanan Poltekkes Makassar terbaru (mulai Angkatan 2014/2015)

biaya-kuliah-poltekkes-makassar

biaya-kuliah-poltekkes-makassar-2016

layanan-akademik-poltekkes-makassar

Batasan UKT

Biaya Kuliah Angkatan Sebelum 2014/2015

Porsi terbesar biaya kuliah Poltekkes Makassar bagi mahasiswa baru adalah adanya Dana Pengembangan Pendidikan (DPP) sebesar Rp 2.000.000 yang dibayarkan sekali selama menempuh pendidikan. SPP yang dibayarkan per semester berkisar antara Rp 1.200.000 s/d Rp 1.500.000 tergantung jurusannya.

Komponen biaya lain yang harus dibayar Internet, Perpustakaan, KTM, Asuransi Kesehatan Mahasiswa dan biaya Pengenalan Program Studi Mahasiswa. Sehingga total biaya pendidikan semester awal untuk jurusan Kebidanan dan Keperawatan Rp 4.145.000. Sedangkan Jurusan Farmasi, Kep. Gigi, Analis Kesehatan, Kesehatan Lingkungan, Fisioterapi, Gizi Rp 3.845.000.

Daftar biaya kuliah Poltekkes Makassar

 

Biaya Kuliah Poltekkes Makassar

Jika mau mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru harus mempersiapkan biaya pendaftaran sipenmaru sebesar Rp Rp. 100.000 untuk 1 (satu) pilihan dan Rp. 125.000 untuk 2 (dua) pilihan.

Penerimaan mahasiswa baru Poltekkes Makassar pada tahun 2013 melalui 2 jalur,yakni jalur Seleksi Jalur Penelusuran Minat dan Prestasi (PMDP) dan Jalur Umum. Jalur PMDP pendaftaran sudah ditutup dan sampai sekarang (April 2014) masih berlangsung proses kelulusannya. Sedangkan jalur umum berkaca pada tahun 2013 pelaksanaanya serentak bersama seluruh Poltekkes di bawah Kemenkes.

Biaya Kuliah Lainnya:

Comments

Leave a Comment