Biaya Kuliah Poltekkes Yogyakarta

Setiap tahun sistem penerimaan mahasiswa dapat berubah menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Untuk Penerimaan mahasiswa baru TA 2016/2017 dibagi menjadi 3 jalur :

  1. Jalur PMDP online melalui http://poltekkesjogja.ac.id diperuntukkan bagi Jalur Unggulan (Juara MTQ, Olahraga, dsb) dan Jalur Prestasi (Nilai raport semester 2 s/d 5). Pelaksanaan Februari – Mare 2016.
  2. Jalur Uji Tulis/Umum online melalui http://poltekkesjogja.ac.id. Dilaksanakan April – Juli 2016.
  3. Jalur Mandiri (Alih Jenjang, Kelas Karyawan, Daerah Tertinggal Perbatasan). Dilaksanakan Juni – Juli 2016

Perkuliahan perdana untuk tahaun akademik baru dilaksanakan sekitar bulan September 2016.

Biaya Kuliah Poltekkes Yogya 2016/2017

Biaya pendidikan mahasiswa baru yang diterima di Poltekkes Yogyakarta meliputi Biaya Daftar Ulang dan Biaya Kebutuhan Mahasiswa Baru.

1. Biaya Daftar Ulang

. Biaya daftar ulang ini mencakup biaya Dana Pengembangan Pendidikan (DPP), Pengenalan Program Studi Mahasiswa (PPMS), Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP), dan Penunjang Akademik.

Ketentuan biaya ini mengacu pada PMK NOMOR 152/PMK.05/2013 sehingga selama peraturan tersebut belum berubah biaya kan tetap sama setiap tahunnya, berikut besarannya :

Biaya Kuliah Poltekkes Yogyakarta 2016Keterangan :

  • DPP dan PPSM dibayarkan satu kali selama pendidikan.
  • SPP dibayarkan tiap semester.
  • Penunjang Akademik dibayarkan tiap 1 tahun.
  • Jumlah Biaya daftar ulang ini dibayarkan di Bank BNI 46 dengan cara setor tunai, tranfer atm dan internet banking menggunakan nomor tagihan SPC Poltekkes Yogya.

2. Biaya kebutuhan mahasiswa baru

Sedangkan Biaya kebutuhan mahasiswa baru Poltekkes Yogyakarta meliputi jas almamater, seragam kuliah, seragam SBH, jas laboratorium, biaya vaksib hepatitis B, buku komunikasi, dan biaya asrama. Biaya ini bisa berubah setiap tahun tergantung kondisi yang mempengaruhinya seperti tingkat inflasi, harga barang dan lain-lain.

Biaya Kebutuhan Mahasiswa baru Poltekkes YogyakartaKeterangan :

  • Setiap calon mahasiswa wajib memiliki jaminan kesehatan dan menyerahkan fotokopi kartu BPJS pada saat PPS.
  • Biaya kebutuhan mahasiswa (point nomor 1-6) dibayarkan ke Bank BNI 46 a.n. BEM Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dengan Nomor Rekening 3030300019
  • Komponen biaya asrama meliputi : uang makan dan sewa asrama selama 12 bulan serta perlengkapan asrama.
  • Biaya asrama (point nomor 7) dibayarkan ke Bank BTN a.n. Koperasi Poltekkes Yogyakarta dengan Nomor Rekening 00005-01-50-046523-5
  • Bagi yang melakukan transfer maupun pembayaran secara langsung ke Poltekkes Kemenkes Yogyakarta harus mengirim scan bukti pembayaran tersebut melalui email : bempoltekkesyk@gmail.com dengan subject NAMA-JENIS KELAMIN-PRODI JURUSAN

Rincian Biaya Asrama Poltekkes Yogyakarta 2016

Biaya Asrama Poltekkes Yogyakarta 2016Informasi selengkapnya kunjungi http://poltekkesjogja.ac.id

Untuk mengetahui biaya Poltekkes Yogya tahun sebelumnya silahkan klik tautan di bawah ini:

Biaya Kuliah Lainnya:

Comments

    • wiwin says

      assalamualaikum… maaf saya mau bertanya untuk biaya mandiri alih jenjang dari d3 ke d4 apakah sama atau berbeda?? terimakasih

  1. anjar says

    Ass,, maaf mengganggu ,, saya mahasiswi dari poltekkes kemenkes bengkulu ,, d3 kebidanan , ingin melanjutkan d4 kebidanan poltekkes kemenkes jogja ,, bisa ngakk??? Klw bisa g mn caranya ??? Terimakasih sebelumnya ,,, wss

  2. Agniendita Rhizka Amalia says

    mau tanya kalo udh dinyatakan diterima terus bayar biaya registrasi tapi pas dikemudian hari mengundurkan diri uangnya dikembalikan berapa persen?

    • Agus SAgus S says

      Sewaktu registrasi ulang biasanya Poltekkes mengharuskan calon mahasiswa untuk mengisi surat pernyataan soal itu, kebanyakan berisi bahwa mahasiswa tidak akan menuntut pengembalian biaya. Jadi harus benar-benar dipahami bunyi klausulnya.

    • Agus SAgus S says

      Bisa, lewat Sipenmaru jalur Uji Tulis Lintas Provinsi dimana peserta dapat memilih jurusan peminatan pada Poltekkes luar Provinsi, keterangan lengkap hubungi Poltekkes setempat.

  3. ratumasstq ismail says

    Min mau tanya, saya dari D-III Analis kesehatan jambi, untuk lanjut D-IV Analis kesehatan poltekes kemenkes jogja untuk tahun ini kapan yh ??? Terima kasih 🙂

    • Agus SAgus S says

      Kalau disimak PP 21 Tahun 2013, biaya yang mungkin dibebankan (situasional) yakni biaya seragam mahasiswa dan atribut serta biaya semester pendek (jika ada). Lainnya dibayar ketika mau lulus misal biaya wisuda, biaya uji kompetensi.

  4. agritha pamela says

    Maaf, mau tanya… Kalo saya lulusan dari stm pembangunan jurusan agronomi bisa mendaftar tidak?

  5. intan mustika says

    Ass, maaf mau tanya . Saya thn ini lulus D3 kebidanan, rencana ingin melanjutkan D4 kebidanan poltekkes di jogja . Boleh minta info syrat2 pendaftaran lengkapnyaa nyaa ? Mohon konfirmasinya , sebelumnya terimakasih .

  6. Nurulia widya says

    Dana pengembangan pendidikan itu di bayar persemester atau gimana ya? Mohon di jawab ya terima kasih

  7. says

    min.. klo boleh tau biaya seragam + atributnya kisaran berapa biayanya ?? karena tidak terlampir.. dan juga itu rincian biaya tahun 2013 apakah sama dengan tahun ini atau tahun selanjutnya ?? dan juga biaya asramanya gimana ?? makasih sblmnya …

    • Admin says

      – Biaya kuliah sudah admin update, sekarang mengikuti tarif sesuai PMK 152/2013 (masih berlaku)
      – Updated biaya seragam dan asrama

    • Admin says

      Tahun2 sebelumnya kriteria reguler dan non reguler berdasarkan hasil tes ujian masuk, sebagai contoh daya tampung 80 orang, peringkat 1-40 masuk jalur reguler dan sisanya peringkat 41-80 sbg jalur non reguler.

  8. Ririn Fauziah Handayani says

    Izin bertangya apakah poltekkes yogyakarta menerima ekstesi dari D III kebidanan ke D IV kebidanan ? terimakasih

  9. says

    Selamat siang Pak, saya orang tua dari Roro Ganes Aryani SMAN 49 Jakarta kelas XII-IPA keinginan dari orang tua adalah menyekolahkan anaknya di Bidang Kesehatan,namun peminatan saat ini tidak seperti jaman Siti Nurbaya harus mengikuti kehendak orang tua, saya baca dalam informasi Poltekkes Jogjakarta,
    SPP adalah kisaran SPP 7 juta hingga 10 juta tergantung bidang peminatan,
    adapun biaya asrama +biaya makan-minum Selama 6 bulan sekitar 4 juta
    Sedangkan kelas reguler Dan non reguler tergantung dari rangking ujian masuk.
    1.Rank 1- 40 adalah kelas Reguler
    2.Rank 41-80 adalah kelas Non Reguler.
    Sedangkan perbedaan biaya SPP antara kelas Reguler Dan Non Reguler sekitar 1 juta-an .
    Sedangkan jalur PMDP adalah merupakan jalur Raport atau tanpa Tulis ,Hal ini merupakan sebuah keuntungan bagi pendaftar jalur Raport karena langsung masuk Rank 1- 40 atau kelas Reguler.
    Pertanyaan saya adalah perbedaan jalur menentukan perbedaan uang SPP, apa permasalahan Utama antara jalur Reguler Dan Jalur Non Reguler? Apakah subsidi dari Kemenkes ?
    Trimakasih Dan wassalam,Suganda Nata Atmaja,S.Sos

  10. says

    Selamat siang Pak Admin, telah disinggung oleh penanya sebelumnya bahwa SPP golongan Gakin dapat ditempuh dengan raport atau tidak, dan saya tambahkan pertanyaan bahwa kelas Gakin ditinjau dari sudut mana? Apakah penghasilan orang tua? Atau lainnya,trimakasih Pak Admin.

  11. ifah says

    assalamualaikum, saya mau tanya. saya kan lulusan D3 kebidanan di akademi kebidanan yogyakarta, apakah bisa mendaftar D4 di poltekkes? jika bisa syaratnya apa saja atau saya bisa buka link mana. terimakasih.

  12. luthfi says

    Malam. Mau tanya. Lulusan smk 21 thn apakah masih boleh masuk poltekes. lulus smk T.A 2013. syaratnya apa. Trimakasih

  13. puput pamela putri says

    masih di buka nggak jurusan keprawatn anastesi..??
    apa tidak boleh,, lulus smk keperawatan masuk keperawatan anastesi ??
    trimakasih

  14. rianun says

    Kak, mau tanya..tahun ini sy mau tamat D3 analis kesehatan mataram, mau lanjut ke D IV analis kesehatan di yogja kak..bisa atau gak kak ? Mkasih sebelumnya kak.

  15. fani findiawati says

    min, saya dari d3 analis kesehatan bisa lanjut ekstensi d4 analis kesehatan poltekkes yogya taun ini? terima kasih

  16. fani findiawati says

    lama kuliah esktensi dri d3 analis kesehatan ke d4 analis kesehatan berapa lama yaa? berapa semester? terima kasih ☺

  17. Afani putri says

    Assalamualaikum, mau tanya itu untuk jalur umum apa pendaftaran harus lewat online atau bisa langsung daftar ke kampus nya? terimakasih

  18. cinta says

    Maaf min, saya mau tanya. Cara ngurus GAKIN dipoltek jogya gmn ya? Ngurusnya waktu pendaftaran (jalur gakin) / selama kuliah berjalan baru bisa diurus? Soalnya saya cek, gaada jalur gakin nya kalau mau daftar

  19. Rohmah Arofah says

    Assalamualaikum. Maaf min, mau tanya kalo masalah tinggi badan untuk prodi kebidana ada keringanan apa gak?

  20. norma says

    Maaf pak sya ingin brtnya adakah rincian biaya untuk alih jenjang d4 kebidanan. Dan itu kuliah ditempuh brp semseter?trimakasih mhon bantuannya

  21. diann says

    assalamualaikum admin, mau nanya..kalo keterima di d4 kebidanan wajib asrama juga ya ? trims buat jawabannya 🙂

  22. says

    permisi, saya d3 poltekkes pontianak. mau nanya taun depan saya mau alih jenjang ke d4 keperawatan gigi. apakah bisa langsung test atau butuh surat keterangan dari kampus untuk alih jenjang ?

  23. nabila safitri says

    Assalamualaikum admin .. saya mau bertanya saya lulusan smk kesehatan jurusan keperawatan kalau anak smk bolehkah mengikuti jalur pmdp ? Terimakasih admin mohon jawabannya ..

Leave a Comment