Biaya Kuliah Sekolah Tinggi Teknik – STT PLN

Sistem ikatan dinas STT PLN sekarang sudah berbeda dibandingkan dengan dulu sewaktu awal berdiri STT PLN (tahun 2012 ke bawah). Pada penerimaan sebelum tahun 2013 ada jalur non reguler dan jalur reguler. Jalur non reguler ini sering disebut jalur ikatan dinas, keuntungannya siswa setelah lulus langsung ditempatkan pada perusahaan di lingkungan PLN.

Sejak TA 2013 tidak ada lagi jalur non reguler, semua pendaftar harus mendaftar melalui jalur reguler. Namun ada penawaran program ikatan dinas menjadi Mahasiswa Kerjasama pada Semester 3 bagi Prodi D3 dan Semester 5 bagi Prodi S1.

Semua Mahasiswa Program Studi S1 dan D3 dapat menjadi Mahasiswa Kerjasama apabila memenuhi persyaratan yang sudah di tentukan. Pastinya mahasiswa yang berprestasi yang menjadi prioritas.

Biaya Kuliah

Biaya kuliah Sekolah Tinggi Teknik – STT PLN TA 2014 – 2015 mencakup biaya yang harus dibayarkan sewaktu registrasi maupun biaya yang dibayarkan semesteran.

Biaya yang dibebankan kepada calon mahasiswa terdiri atas:

  • Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP),
  • Biaya Orientasi Pendidikan
  • Biaya jaket Almamater.
  • Biaya Tes Narkoba,
  • Biaya Pokok Pendidikan (BPP),
  • Biaya kemahasiswaan dan Asuransi,
  • Biaya SKS,

Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dibayar sekali selama menjadi mahasiswa dengan besaran Rp 15.000.000 untuk DIII, Bagi program studi S1 Elekto dan Informatika sebesar Rp 18 Juta, Sipil dan Mesin sejumlah Rp 16 Juta.

Dengan memperhitungkan semua komponen biaya, estimasi biaya kuliah yang dikeluarkan mahasiswa baru STT PLN pada Semester I mencapai Rp 20.550.000 s/d Rp 23.200.000 (tergantung Prodi dan jurusan). Sedangkan perkiraan biaya kuliah di STT PLN sampai selesai mencapai Rp 47.300.000 s/d Rp 58.950.000 per mahasiswa tergantung Prodinya.

Skema Biaya Kuliah STT Telkom 2014/2015 (klik untuk memperbesar)

Batasan UKT

Biaya Kuliah STT PLN 2016 – 2017

Tabel biaya pendidikan STT-PLN Semester 1
(klik untuk memperjelas)

Biaya Kuliah STT PLN 2016 - 2017

Tabel biaya pendidikan STT-PLN Semester 1 & 2 (Hanya 1 Tahun Pertama)

Biaya Kuliah Sekolah Tinggi Teknik PLN

Biaya Kuliah Lainnya:

Comments

  1. says

    Selamat pagi pak saya mau bertanya tentang Sekolah Kedinasan,apakah lulusan dari sekolah kedinasan semuanya diserap oleh pihak Departemen atau BUMN terkait atau hanya sebagian saja tergantung prestasi akademik mahasiswa dan mahasiswi tersebut.Pada umumnya orang tua berharap menyekolahkan anaknya di Sekolah Kedinasan langsung diserap oleh pihak terkait dengan harapan tidak susah-susah mencari pekerjaan ditempat lain mohon informasinya berapa persen dari mahasiswa diserap oleh user ketika lulus ,kebetulan anak kami masih duduk dibangku SMAN 49 Jakarta kelas XII-IPA tahun ini,trimakasih dan wassalam dari Suganda Nata Atmaja,S.Sos. Orang tua dari Roro Ganes AH

    • Admin says

      Modelnya sekarang begini: Mulai semester III (D-III) dan Semester V (S1), PLN akan menyeleksi mahasiswa yang dianggap berprestasi untuk ditawari ikatan dinas atau program Mahasiswa Kerjasama dengan persyaratan yang sudah ditetapkan.

  2. wulan fitri says

    pak, saya masih belum jelas dengan biaya kuliah di stt pln, keseluruhan biaya selama kuliah disana berapa pada tahun 2016 ini?

    • Admin says

      Misal S1 Elektro :
      Biaya Semester I Rp 31 Juta
      Biaya Semester II Rp 6, 150 Juta

      Untuk semester selanjutnya gunakan biaya semester II
      Jadi secara keseluruhan (8 semester) : 31 Juta + (6,150 Juta x 7 semester) : 74 Juta (kurang lebih)

      • zoanri purba says

        Pak saya udah masuk di att pln 2016 nah nilai un saya b.indonesia 4.80 dam fisika 4.20 apakah itu ada berpengaruh kedepannya pak,tapi rat rata nilai un 72.92 pak mohon balasannya pak

  3. Budi says

    Selamat pagi pak.
    Kami dr ujung timur indonesia papua.. bagaimana dengan test masuk.. untuk ujian masuk apakah qt diharuskan ke kota tempat lokasi ujian terdekat?
    Apakah ada program pembayaran cicilan bagi calon mahasiswa yang kurang mampu? Kami ingin memasukan anak kami pada sekolah dimaksud..

  4. Gita says

    Mohon info min , saya mau tanya kuliah di FKG itu berapa th ya sampai profesinya?
    Dan apakah ukt itu beda dengan spp?

    • Admin says

      Tergantung :
      1. Perguruan Tinggi, masing masing PTN berbeda UKT-nya
      2. Pengelompokan UKT
      3. Jalur Masuk. Ada PTN yang memberlakukan tambahan biaya untuk jalur mandiri ada juga yang tidak

      Silahkan cari di blog ini besaran UKT FKG tiap universitas dan penjelasan tentang UKT biar paham

  5. Erning says

    Assallamuallaikum, apakah sekolh di stt pln stlh lulus lgsung kerja jd pns? Dan apakah ada persyaratan khusus untuk masuk , misal tinggi badan?

  6. Dinar Rahmat says

    Kenapa STT PLN dulu PTK (Kedinasan) sekarang menjadi PTS (Swasta)?
    Apa ini karena menurunnya kualitas Sekolah Tinggi tersebut?

Leave a Comment