Biaya Kuliah Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil – STTT Bandung

Biaya pendidikan Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil Bandung tahun ajaran 2014 – 2015 ditetapkan sebesar Rp 6.400.000 per tahun atau 3.200.000 per semester. Biaya ini merupakan SPP yang pembayarannya dapat diangsur 2 (dua) kali dengan perincian sebagai berikut:

  • Angsuran 1 pada saat pendaftaran ulang sebesar Rp 3.200.000 
  • Angsuran ke-2 pada awal bulan Februari sebelum perkuliahan semester genap dimulai dengan jumlah yang sama Rp 3.200.000.

Selain biaya di atas, calon mahasiswa juga dikenakan biaya lain yakni Iuran Kegiatan Keluarga Mahasiswa, pakaian praktek, asuransi, koperasi mahasiswa, iuran kesejahteraan mahasiswa, akses internet mahasiswa dan osmatek yang besarnya mencapai Rp 1.500.000 dan dibayarkan ke Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STTT Bandung.

SPP dan dana kemahasiswaan tersebut berlaku sama bagi semua jalur penerimaan mahasiswa baru yakni Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) dan Ujian Saringan Masuk (USM). Biaya yang sudah yang telah dibayarkan ke Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil tidak bisa diminta kembali dengan alasan apapun.

Calon mahasiswa diharuskan membuat surat pernyataan Bersedia membayar Dana Pendidikan/SPP untuk masa studi 4 (empat)tahun/8 (delapan) semester, apabila melebihi masa studi bersedia membayar uang registrasi dan sisa SKS sesuai peraturan.

Surat pernyataan lainnya bersedia dikeluarkan sebagai mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil apabila tidak mencapai indeks prestasi minimum yang ditetapkan, otomatis mengundurkan diri dari status mahasiswa STTT apabila tidak melakukan Heregistrasi 2 (dua) semester berturut-turut.

Perlu diingat STTT sekarang bukan ikatan dinas lagi kecuali  beasiswa D3 program Beasiswa Calon Tenaga Penyuluh Lapangan Industri Kecil dan Menengah (TPL IKM) pada konsentrasi Teknologi Produk Tekstil. Itupun bukan ikatan dinas murni dalam artian calon peserta membuat pernyataan bersedia menjadi TPL IKM Kontrak selama 2 (dua) tahun di daerah asal dan tidak akan menuntut untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Perindustrian.

Biaya Kuliah Lainnya:

Comments

  1. says

    Selamat pagi STTT Bandung, saya telah membaca rangkaian perkuliahan di STTT Bandung dimana saya menilai bahwa biaya persemester masih kesampaian bagi kalangan masyarakat Ekonomi menengah kebawah dengan biaya RP 3.200.000,- persemester Dan penambahan biaya sekali sebesar Rp 1.500.000,-untuk pakaian praktek,asuransi,osmatek,dan iuran lainnya,sehingga pembayaran saat pertamakali adalah sebesar 3.200.000,-+3.200.000,-+1.500.000,- dengan Total biaya yang harus dibayarkan pada saat memasuki perkuliahan sebesar Rp 7.900.000,- (deposit setahun,) sedangkan selanjutnya sebesar Rp 3.200.000,- per semester Dan. Biaya hidup di kota Bandung kos rumah +biaya makan dll.
    Adapun ikatan dinas bukan merupakan keharusan bagi mahasiswa STTT Bandung dilingkungan Departemen Perindustrian.
    Kalau dari sektor Industri apakah dapat memasuki Perusahaan Industri lain selain Teknologi Tekstil,putri saya Roro Ganes Aryani kini masih duduk di SMAN 49 Jakarta kelas XII -IPA trimakasih Suganda Nata Atmaja,S.Sos.

  2. rijal fauzi says

    to the point ke pertanyaan Bp. Suganda di atas.
    perkenalkan, saya rijal alumni st3/itt angk 2010.
    1. memang benar yg disampaikan bahwa biaya nya terjangkau mengingat dgn 70% praktek, yg membutuhkan bahan baku, listrik dll karena kita mendapatkan subsidi sebesar 70% dr apbn yg dalam hal ini lewat kemenperin
    2. di dalam nya jg msh byk tawaran beasiswa meliputi dr pom sttt/itt, ikatan alumni atau swasta. alhamdulillah sy salah satu yg mendapat beasiswa ikatan dinas dr swasta pada saat semester 5 sampai selesai. plus di dalam nya banyak sekali kerjasama dg perusahaan swasta di bidang pengembangan mahasiswa. alhamdulillah tahun 2014 sy berkesempatan mempresentasikan research sy di kantor pusat RIETER di winterthur, swiss.
    3. BISA Pak. setelah lulus anak bapa bebas memilih bindang yg ingin ditekuni. tidak sedikit alumni yg alih bidang ke otomotif, pertambangan, bank, pns, tentara , dan masih banyak lg.

    sekian penjelasan sy semoga bermanfaat.

  3. Bagas Prakoso says

    Maaf mau tanya, adakah infotmasi mengenai kos di sekitar stt tekstil, mohon bantuannya dikarenakan saya sangat bingung mencari tempat kost di daerah sttt,

  4. says

    selamat pagi STTT, kalau daftar ulang semester 2,3 dst.. apakah masih ada pembayaran lainnya selain uang kuliah? klau ada mohon info dan besarannya.

    Terimakasih!

Leave a Comment