Biaya Kuliah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Belum banyak yang mengetahui bahwa Universitas Islam Negeri – UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sudah mempunyai program studi Pendidikan Dokter. Selama ini anggapan masyarakat jurusan kedokteran hanya ada di universitas umum bukan di perguruan tinggi seperti UIN atau dulu dikenal dengan nama IAIN.

Program Studi Pendidikan Dokter UIN Syarif Hidayatullah sendiri tahun akademik 2005/2006 mulai menerima mahasiswa baru menyusul keluarmya izin penyelenggaraan pendidikan dibawah Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK). Jumlah mahasiswa yang diterima pada saat itu sebanyak 55 orang dan sampai saat ini setiap tahu menerima mahasiswa baru.

(Baca: Biaya Kuliah S2 dan S3 UIN Syarif Hidayatullah)

Dibandingkan dengan jurusan lain, biaya kuliah jurusan Pendidikan Dokter jauh melampui program studi lainnya. Besaran biaya pendidikan yang harus dibayarkan pada TA 2013 – 2014 sebesar Rp 90.665.000 untuk semester I dan semester berikutnya Rp 20.015.000 / semester. Berikut daftar biaya kuliah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta:

Update:

Biaya Perkuliahan Mahasiswa Baru Tahun 2015 Program Reguler (S1)

Biaya Perkuliahan Mahasiswa Baru Tahun 2015 Program Reguler  S1

Biaya Kuliah Lainnya:

Comments

  1. kiky says

    permisi…kalau untuk pembukaan pendaftaran SPMB di UIN kapan? mau nanya apakah selain uang semester di atas ada biaya-biaya lain yang harus di bayar persemester?
    terima kasih

    • Admin says

      Sebenarnya Kementerian AGama sdh mengeluarkan Nomor 96 Tahun 2013 tentang Biaya Kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal di perguruan tinggi di lingkungan Kemenag.
      Kalau dilihat daftar di atas pada semester I berbeda dengan semester selanjutnya. Mungkin saja ada pertimbangan dari pihak UIN, tapi yg jelas semester selanjutnya UKT yg dibayarkan tetap dan tdk ada tambahan biaya lain lagi

  2. filan tyana says

    apakah uin mengadakan kelas karyawan kah? untuk jurusan bahasa dan satra arab atau hukum islam? mohon infonya. krn posisi sy sekarang sedang bekerja di intansi pemerintahan.

  3. Ati Imroatun says

    Pingin S2 sebaiknya apa yaaaa yang bisa sambil kerja???
    S1 PAUD tapi pingin mendalami tentang agama???
    Mohon masukannya!!!!

  4. says

    Pak saya mau nanya dalam daftar Perguruan Tinggi Negeri dilingkungan wilayah I,nama Universitas Islam Sunan Gunung Jati (UIN Bandung) kok ngga ada sudah diganti ya pak,Universitas apa pak? Sementara Universitas yang baru seperti Uniska Karawang Dan Unsil Bandung ada dalam daftar apakah sudah diganti dengan Universitas Siliwangi (Unsil Bandung) trimakasih pak

  5. says

    Pak saya mau nanya dalam daftar Perguruan Tinggi Negeri dilingkungan wilayah I,nama Universitas Islam Sunan Gunung Jati (UIN Bandung) kok ngga ada sudah diganti ya pak,Universitas apa pak? Sementara Universitas yang baru seperti Unsika Karawang Dan Unsil Bandung ada dalam daftar apakah sudah diganti dengan Universitas Siliwangi (Unsil Bandung) trimakasih pak

  6. rinni muthiah says

    Assalamualaikum..
    maaf pak mau tanyaa.. kalo kita jurusan ipa saat snmptn apakah kita boleh mengambil jurusan ips ???
    dan apakah SK yg dikeluarkan oleh kanwil provinsi yg menyatakan akan mengikuti kegiatan tingkat nasional dapat membantu saat snmptn …??
    nilai mata pelajaran apa saja yg di perioritaskan untuk dapat diterima di snmptn pak ..??
    mohon bimbingannya pak.. terimakasih..

    • Admin says

      IPA ke IPS atau lintas jurusan dalam SNMPTN tergantung kebijakan universitas, biasanya dalam setiap jurusan PTN ada keterangan berupa Daftar Jurusan yang Dapat Memilih Program Ini. Misal jurusan Akuntansi suatu universitas mencantumkan keterangan IPA dan IPS berarti jurusan tsb bisa dimasuki dari IPA.

  7. says

    Assalamualaikum,selamat siang Pak Admin ,saya baru saja membaca kehadiran kembali nama UIN Sunan Gunung Djati /SGD Bandung, dalam daftar kolom dan rubrik ini pertama2 saya minta maaf atas kekhilafan saya untuk menyebutkan ketidak adanya nama UIN SGD /UIN Bandung karena baru saat ini saya membacanya dengan ralat ini maka intinya. Caalon Mahasiswa dapat mendaftarkan diri pada UIN SGD/UIN Bandung atau kata lain UIN Bandung dapat dimasuki oleh Calon Mahasiswa 2016/2017 karena info itu hingga 2013 /2014 ,trimakasih Pak Admin

  8. Lisa Sudarsono says

    Maaf kalau biaya s2 pendidikan bahasa inggris berapa ya pak?
    Apakah ada kelas karyawan dan berapa biayanya?
    Terima kasih

  9. dede yasmin says

    assalamualaikum. pak saya mau tanya saya berencana untuk melanjutkan ke uin jkt, kalau kita berniat utuk asrama disana apakah ada syarat khusus.?

  10. says

    Assalamu alaikum. pak, saya mau tanya mengapa biaya fk semester I-nya dan semester berikutnya juga cukup besar padahal saya hanyalah pns(guru), apakah nanti bisa mengajukan keringanan biayanya ya pak? mohon ditanggapi.
    Terima kasih.
    Wassalamu alaikum.

  11. S Andi martadinata says

    pak saya mau masukin kuliah anak saya di UIN jalur mandiri fakultas kedokteran .mohon informasi biaya kuliahnya, terima kasih banyak pak

  12. kurniawati pratiwi says

    assalamuaikum pa saya mau bertanya saya dpt program beasiswa dari depag tapi hrs sudah selesai namun krn halngan jadi tertunda skripsi blom selesai,bgmn biaya untuk melanjutkan apakah dgn biaya reguler dan dftr ulang nya bgmn (angkatan 2010)

  13. nur.azizah says

    Assalaamu.alaikum…… mau tanya ka, ana lulusan th 2013 mau ikut sbmp di uin syarif hidayatullah ciputat tapi yg kelas karyawan ka.. bisa ngga yaa? Mhon infonya kaa… syukron

  14. venti sartika says

    Assalamualaikum pak.
    Saya mau tanya, saya sudah semester 7 fakultas farmasi di institut sains dan teknologi al-kamal. Jika saya mau pindah melanjutkan sisa semester saya di UIN bisa gk ya???

  15. Resti Sri Rahayu says

    assalamu’alaikum ka apakah biaya masuk perkuliahan mahasiswa baru itu sprti di atas ? misal saya masuk PGSD biaya masuk di atas thn 2015 1.990.000 adakah biaya lain selain itu sprti SPS uang gedung dll ?
    #mohonjawabannya

  16. syarifah says says

    assalamualaikum
    kk apakah lulusan 2013-2014 masi bisa mendaftar jalur mandiri
    mohon di jawab ya kk

  17. says

    assalamualaikum pak, saya termasuk berhasil seleksi snmptn tahun 2016 pend. matematika, saya menulis pendapatan org tua saya 4jt perbulan apakah nanti persemester biaya kuliah saya juga 4jt? apakah tidak ada keringanannya?

  18. Mega lestari alhaddad says

    assalammualaikum pak, saya mau tanya dong kalo sistem pembayaran ukt itu bukannya ada golongannya? seperti golongan 1 2 3 dst sesuai dengan penghasilan orangtua. apakah biaya yg diatas itu harga maksimalnya atau itu yg termasuk golongan 1? bagaimana yg pendapatan orangtuanya 0-500rb? apakah dapat keringanan?

  19. Saiful Sazalie says

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    Pak,sy dari lombok NTB mau masukin adik saya di UIN,rencananya mau ambil jurusan S1 Farmasi. Bisa minta penjelasanya terkait dengan prosedur yg harus sy lalui. makasi sbelumnya.

  20. Saiful Sazalie says

    Masalah biaya yg tertera di web UIN untuk tahun kemarin biaya semester 1=Rp 16.195.000 dan semester selanjutnya 2-8 =Rp 5.545.000. Pertanyan sy, Apa ada biaya lg selain yg tertera di lampiran itu? mohon penjelasanya pak.

  21. Rhadienka Abiesza says

    Bismillah.. mau tanya pak, untuk kepastian, jadi mahasiswa baru tidak membayar apapun (uang bangunan dll) selain biaya semesteran saja?

  22. Fatih Husaini says

    Assalamu’alaikum , bang mau nanya, daftar ulang jalur span ptkin itu gimana metode pembayarannya, kok gak ada no rekening nya, udah nyari info , ehh malah nambah bingung

    • Admin says

      Iya..
      UIN Jakarta biasanya menetapkan biaya kuliah yang harus dibayarkan tanpa pengelompokan UKT, namun biaya tersebut masih masuk dalam range UKT yang ditetapkan Kemenag

  23. Nurhasanah says

    Assalamualaikum…..mau tanya kalau fakultas kedokteran di universitas negri yg lain biayanya ukt sesuai pendapatan orang tua tapi kok saya lihat diatas biayanya sudah ditentukan. maaf sebelumnya maklum saya hanya pns

  24. sabilla says

    assalamualikum,, pak saya ingin bertanya. apakah biaya kuliah semua jalur sama? bagaimana dengan yg jalur mandiri apakah lebih mahal pak? terimakasih pak

  25. nana says

    pak apa benar uin jkt pakai ukt?? kalau iya kok kayaknya semua sama ya. padahal ortu saya pns biasa dan tanggungannya banyak tapi tetep kena biaya 90jt untk smt pertama

  26. Heri says

    Assalaamu ‘alaikum w.w.
    Apakah di UIN masih diselenggarakan jurusan akuntansi dan manajemen kelas internasional ? Sepengetahuan saya sebelumnya UIN pernah menerima mahasiswa baru program tersebut.
    Terima kasih.
    Wassalaamu ‘alaikum w.w.

  27. maul says

    bismillah. assalamu’alaikum…
    maaf pak mau nanya kalau jalur masuknya lewat ujian mandiri, apakah kita di kenakan uang pangkal? atau kita hanya membayar uktnya saja setiap semester? mohon balasannya 😀

  28. Ibu Tuti says

    Ass pak……..
    Untuk biaya kuliah lewat SBMPTN kalau sastra inggris persemester berapa ya pak ?
    Ada perubahan biaya tidak setiap semester nya ?

  29. Hafidz says

    Assalamualaikum
    maaf ganggu
    mau tanya kalo ikut jalur mandiri uin ada uang pangkal nya pak ??
    kalo ada berapa pa yaa ??

    terima kasih
    fast respon please

    • Admin says

      Biaya kuliah UIN Jakarta mengacu pada PMK 116 Tahun 2013 tentang Tarif Layanan BLU UIN Jakarta, besarannya seperti tabel paling bawah sama untuk semua jealur masuk.

      Namun ada uang ma’had sebesar Rp 3.300.000, apakah biaya ini dibebankan ke mahasiswa tergantung kebijakan kampus UIN Jakarta.

  30. tofan says

    assalamu’alaikum
    maaf pak saya mau tanya masih bingung
    1. kalau mau ngambil s1,. itu tuh milih nya ushuludin ( yg mencakup perbandingan agama,tafsir hadits dan aqidah filsafat ) atau cukup satu (contoh tafsir hadits saja ) ?
    2. untuk waktu pelaksanaan kuliah nya hari apa saja dan jam berapa saja ? ( saya searching susah dapet nya ) kalau ada link waktu pelaksanaan kuliah boleh di sertakan pak.,
    jazakallah

  31. lucy says

    Ass.wr.wb
    Temen anak saya diterima di fk uin melalui jalur sbmptn apakah bisa mengajukan keringanan uang kuliah yg 90 jt dan per semester 20 jt? Klau bs apa persyaratannya…terimakasih

    • Fitri Fatliawati says

      assalamualaikum…

      maaf pa mohon infonya untuk biaya kuliah profesi apoteker yang baru dibuka tahun ini berapa pa? dan akreditasinya apa?

  32. Nining rumningsih says

    Ass…untuk masuk ke fak kedokteran uin bandung,bisa tidak dari jurusan ips,..soalnya anak sy pengen bngt msk kedokteran,tp d sma dptnya jur ips,trims

  33. Nanang Agus Hidayat says

    Bang Admi yg baik…. mohon infonya untuk 3 pertanyaan prodi pendidikan dokter: Apakah biaya kuliah smt 1 bisa dicicil? Apakah biaya kuliah berlaku tetap bg mahasiswa th bersangkutan sampai selesai studi atau mengikuti kebijakan kenaikan? Apakah biaya kuliah persemester sama dgn tabel, untuk program profesi ( semester 9 dst)? Terima kasih.

Leave a Comment