Biaya Kuliah UMY Yogyakarta

Bagi pendaftar lulusan SMU atau sederajat yang diterima sebagai mahasiswa baru di Unversitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) harus melakukan pembayaran biaya kuliah yang sudah ditentukan ketika melakukan pendaftaran ulang atau registrasi.

Biaya yang harus dibayarkan pada saat registrasi:

  1. Biaya Registrasi dan UKK
  2. Biaya MATAF, OSDI, Jaket
  3. Biaya SPP TETAP dan SPP VARIABEL semester 1
  4. Biaya Lain-lain (praktikum, matrikulasi, bahasa, inggris, dll)
  5. DPP (Dana Pengembangan Pendidikan) angsuran 1.

Selanjutnya Dana Pengembangan Pendidikan (DPP) dapat diangsur selama 8 semester, SPP tetap dan variabel dibayarkan setiap semester (6 bulan sekali).

Mahasiswa baru berkesempatan memperoleh beasiswa atau keringanan biaya pendidikan melalui jalur prestasi (PMDK, PSB, PBUP dan PNUAN). Beasiswa diberikan kepada calon mahasiswa yang lolos seleksi jalur prestasi dan yang bersangkutan memperoleh peringkat, dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Peringkat 1 Bebas SPP dan DPP tahun pertama
  • Peringkat 2 Bebas SPP dan DPP semester pertama
  • Peringkat 3 Bebas DPP semester pertama

Beasiswa lain yang diberikan terdiri dari beasiswa prestasi dan beasiswa kurang mampu dan beasiswa Bidikmisi. Beasiswa bersumber dari UMY dan pihak eksternal seperti DIKTI, Kopertis, Bank, dan lembaga lainnya.

Mahasiswa baru yang telah melakukan registrasi, dapat mengundurkan diri sebagai mahasiswa UMY karena diterima di Perguruan Tinggi Negeri yaitu UGM, UI, ITB, dan UNAIR Jenjang S1 (Strata 1) program reguler (bukan ekstensi). Rincian biaya yang dikembalikan sebagai berikut:
a. Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP Tetap dan Variabel) sebesar 50% dan
b. Dana Pengembangan Pendidikan (DPP) sebesar 50%

Jika diterima di Perguruan Tinggi Negeri selain PTN di atas Jenjang S1 (Strata 1) program reguler (bukan ekstensi) biaya yang dikembalikan sebesar 25% komponen di atas.

Biaya Kuliah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
(klik untuk memperjelas)

Biaya Kuliah UMY Semester 1 Biaya Kuliah UMY Semester I Perkiraan Biaya Kuliah UMY Perkiraan Biaya Pendidikan UMY

Update : Biaya Kuliah UMY 2016 – 2017

Biaya Kuliah Lainnya:

Comments

  1. says

    Selamat siang UMY Yogyakarta, kami telah membaca informasi mengenai program studi Dan biaya kuliah di UMY Yogyakarta, kalau kami perhatikan dari tabel Uang kuliah sesuai dengan program studi adalah masih dapat dijangkau oleh golongan ekonomi menengah kebawah meskipun ada beberapa program studi yg tidak dapat dijangkau oleh golongan ekonomi menengah kebawah tersebut tersebut misalnya pada rumpun Kedokteran Dan Kesehatan,program Ekstensi Dan Teknik Inforrmatika , utk TI Rata2 Rp 11.000.000,-/smt Dan Kedokteran Rp 23.000.000,- hingga Rp 35.000.000,- /Smt Dan kelas Ekstensi mencapai Rata2 Rp 10.000.000,-/Smt,namun pada umumnya adalah sekitar Rp 2.700.000,- hingga Rp 8.000.000,- /Smt tergantung program studi yg diambil, saya kira bagi golongan Ekonomi menengah kebawah masih dapat memilih program studi yg dapat dijangkau spt 2.7 jt-6 jt/Smt, adapun kebesaran nama Perguruan tinggi Swasta sekelas UMY dengan biaya kuliah yg dapat dijangkau termasuk dapat menolong golongan Ekonomi menengah kebawah bahkan ada pula program beasiswa yg dapat membantu segi keuangannya,trimakasih Dan wassalam Suganda Nata Atmaja,S.Sos.

  2. Paris Handa says

    selamat malam pak,mohon maaf mengganggu, saya minta pengarahan berkenaan dengan biaya prodi HI persmesternya berapa ya pak? (semuanya) jadi saya lebih siap-siap ,kemudian untuk pendaftar PMDK,uang sumbangannya harus full segitu atau gimana ?

  3. ayu wardila says

    afwan, sy mau bertanya.. untuk penerimaan mahasiswa baru yang melalui jalur bidik misi di UMY memiliki kuota sebanyak berapa?

  4. Ningdyah nova says

    Maaf pak mau tanya, pembayaran pra/registrasinya itu bisa via transfer tidak ya ??kalau bisa bisa di bank apa saja ?? Trimakasih

  5. Dahidin says

    Yth. Pimpinan UMY. Saya tertarik untuk kuliah anak2 saya nantinya di UMY tersebut, mohon info lebih lanjut tentang kepastian uang kuliah per semester, juga uang pembangunannya serta uang lainnya yang akan dibebankan, supaya bisa kami proyeksi kebutuhan anak kami selama kuliah disana. Agar dapat di email kan ke alamat email saya dahidin63@yahoo.co.id karena Kami berada di Sambar padang saat ini. Tks.

  6. Andri Hermawati says

    Mas admin, sy dapat penawaran alih program. Dari akuntansi reguler ke akuntansi kelas internasional. Trus biayanya itu yg mana ya ? Sy liatnya cuma yg akuntansi sj. Ap biayanya sm utk reguler dan internasional. Mohon jwbanny segera.

  7. meygi nia says

    assalamualaikum pak. saya waktu itu d terima di umy tahap 1 tetapi saya tidak melakukan pra-registrasi. kalau saya ingin melakukan registrasi apa masih bisa pak?
    terima kasih

  8. ellen devinta says

    Assalamualaikum wr.wb saya dari prodi s1 manajemen umy.. Apa bisa jika beralih ke program extensi? Karena ada tawaran magang di salah satu bank. Wassalam wr wb

  9. kartika says

    kalau untuk program s1 keperawatan yang lulusan d3 keperawatan ada tidak? kalau untuk yang baru lulus baru ada SKL bisa tidak? dan melalui jalur apa. mohon jawabannya

Leave a Comment