Biaya Kuliah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati – UIN SGD Bandung

Biaya kuliah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati atau UIN SGD Bandung pada tahun akademik 2013 – 2014 belum menerapkan sistem uang kuliah tunggal (UKT). Namun pada tahun 2014 ada kemungkinan model UKT mulai digunakan sebagai dasar pengenaan biaya kuliah bagi mahasiswa baru.

Seperti diketahui Kementerian Agama sebagai induk UIN pada tahun 2013 telah mengeluarkan Peraturan Menteri Agama No 96 Tahun 2013 Biaya Kuliah Tunggal Dan Uang Kuliah Tunggal Bag1 Mahasiswa Baru Pada Perguruan Tinggi Agama Negeri Di Lingkungan Kementerian Agama Tahun Akademik 2013/2014.

Dengan keluarnya PMA tersebut seharusnya setiap perguruan tinggi dibawah Kementerian Agama sudah menerapkan sistem UKT mulai Tahun akademik 2013/2014. Namun UIN SGD Bandung terlanjur memungut biaya kuliah dengan sistem yang normal.

Jika diperbandingkan antara biaya kuliah sistem yang berlaku selama ini (untuk TA 2013/2014) dengan sistem UKT, terlihat bahwa sistem yang berlaku sekarang besar pada semester I (registrasi) karena adanya komponen biaya seperti SPP, DP, DPAU, DPAF, DPSF dll. Namun SPP yang dibayarkan per semester hanya Rp 600.000, sehingga biaya yang ditanggung pada semester berikutnya relatif lebih rendah dibandingkan UKT.

Sedangkan dengan sistem UKT, pembiayaan dijadikan satu (sistem flat) artinya biaya yang dibayarkan selalu sama tiap semester tergantung kelompok UKT. Penentuan UKT ini berdasarkan kemampuan ekonomi orang tua mahasiswa dan penetapannya wewenang pihak universitas.

Berikut daftar 2 macam sistem biaya kuliah UIN Sunan Gunung Djati Bandung:

A. Biaya Kuliah Tahun 2013/2014
B. Daftar Uang Kuliah Tunggal (UKT) berdasarkan PMA No 96 Tahun 2013 
 
Update:
Daftar biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) Mahasiswa Baru UIN SGD Bandung Tahun Akademik 2015/2016, sebagai berikut:

I. Fakultas Uushuluddin:
101 Aqidah dan Filsafat Rp. 1.387.000
102 Perbandingan Agama Rp. 1.387.000
103 Tafsir dan Hadits Rp. 1.387.000
104 Tasawuf Psikoterafi Rp. 1.387.000

II. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan :
201 Kependidikan Islam Rp. 1.387.000
202 Pendidikan Agama Islam Rp. 1.387.000
203 Pendidikan Bahasa Arab Rp. 1.387.000
204 Pendidikan Bahasa Inggris Rp. 1.450.000
205 Pendidikan Matematika Rp. 1.637.000
206 Pendidikan Biologi Rp. 1.637.000
207 Pendidikan Fisika Rp. 1.637.000
208 Pendidikan Kimia Rp. 1.637.000
209 Pendidikan Guru MI Rp. 1.387.000
210 Pendidikan Guru RA Rp. 1.387.000

III. Fakultas Syariah dan Hukum :
301 Al-Ahwal Al-Syakhsiyah Rp. 1.387.000
302 Mu’amalah Rp. 1.387.000
303 Siyasah Rp. 1.387.000
304 Perb.Madzhab dan Hukum Rp. 1.387.000
305 Ilmu Hukum Rp. 1.450.000
306 Hukum Pidana Islam Rp. 1.387.000
307 Manajemen Keuangan Syari’ah Rp. 1.450.000

IV. Fakultas Dakwah dan Komunikasi :
401 Bimbingan dan Penyuluhan Islam Rp. 1.387.000
402 Komunikasi dan Penyiaran Islam Rp. 1.387.000
403 Manajemen Dakwah Rp. 1.387.000
404 Pengembangan Masyarakat Islam Rp. 1.387.000
405 Ilmu Komunikasi Jurnalistik Rp. 1.450.000
406 Ilmu Komunikasi Humas Rp. 1.450.000

V. Fakultas Abad dan Humaniora :
501 Sejarah dan Peradaban Islam Rp. 1.387.000
502 Bahasa dan Sastra Arab Rp. 1.387.000
503 Bahasa dan Sastra Inggris Rp. 1.450.000
505 D-3 Terjemah Bahasa Inggris Rp. 1.666.000

VI. Fakultas Psikologi :
600 Psikologi Rp. 1.637.000

VII. Fakultas Sains dan Teknologi :
701 Matematika Rp. 1.637.000
702 Biologi Rp. 1.637.000
703 Fisika Rp. 1.637.000
704 Kimia Rp. 1.637.000
705 Teknik Informatika Rp. 1.637.000
706 Pertanian Rp. 1.637.000
707 Teknik Elektro Rp. 1.637.000

VIII. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik :
801 Administrasi Negara Rp. 1.450.000
802 Manajemen Rp. 1.450.000
803 Sosiologi Rp. 1.450.000

Biaya Kuliah Lainnya:

Comments

      • fitroh says

        Assalamualaikum Pak. Saya masuk UIN bandung jalur PTKIN. Jadi pak begini, saya tingal jauh dari Bandung. Saya dari Mandailing Natal padahal daftar ulangnya di tanggal 14-15 juni, dan sepertinya waktunya terlalu mendesak mengingat jarak yang jauh. Saya ingin bertanya apakah boleh berkasnya dikirim saja dan tes kesehatannya di Mandaling Natal saja baru nanti saya kirim surat keterangan kesehatan dari dokter tersebut sekalian dengan berkas berkas lainnya. Dengan demikian diharapkan keringanan dari pihak UIN Bandung.

  1. Ade koswara says

    assalamu’alaikum Bapak/Ibu yang terhormat,

    Apakah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan UIN SGD Bandung menyediakan jalur mandiri dengan biaya yang sama.

    Wassalam,
    Ade koswara

  2. annisa nurhusnina says

    Assalamualaikum.. Maaf pak saya mau bertanya, saya mau masuk ke fakultas psikologi tapi saya mau kelas non reguler,daftarnya gimana ya pak? Ada kelas karyawannya tidak?

  3. tiara says

    Untuk angkatan keluaran SMA 2008 masih bisa daftar masuk tahun skarang tidak?
    Ada biaya pembangunan? Kalo ada berapa?

  4. yudi maulana says

    Assalamualaikum, maaf pak saya ingin bertanya, jika mengikuti jalur mandiri UIN SGD bandung tesnya itu ujian tulis saja atau ada tes hafalan Al-Qur’an nya?
    Terimakasih

    • Admin says

      Tes hafalan Alqur’an utk membuktikan apakah data yang dicantumkan pada saat mendaftar itu seseuai dengan hafalannya. Namun bagi peserta yg hafal Al Qur’an akan mendapatkan prioritas masuk UIN dan beasiswa.

      • Prima Moch Nurmaaulana says

        Assalamu’alaikum pak maaf sebelumnya, kalau sya mau masuk ke pascasarjana psikologi tapi S1 saya PAI, apakah bisa ?

        Jika mengikuti test jalur mandiri, apakah test nya berdasarkan materi psikologi atau dicampur dengan materi PAI ?

  5. vickry zulpikar says

    pak persyaratan registrasi peserta umptkin apa aja…?
    terus dari tgl berapa dan sampai tgl berapa…?

    sekalian sama biaya registrasinya…?

  6. har says

    Assalamu’alaikum.
    maaf mas apakah ada batasan usia untuk masuk UIN SGD dan harus hafal Al-Qur’an minimal 5 juzz.??
    terimakasih
    wassalamu’alaikum. wr. wb

  7. rinni muthiah says

    Assalamualaikum..
    maaf pak mau tanya.. peluang masuk uin banyak nggak dari siswa madrasah aliyah.. apa hanya siswa SMA yg memiliki peluang lebih besar ..???

    • Admin says

      Intinya semua berpeluang sama baik dari MA maupun SMA tergantung hasil/nilai tes masuk, namun seharusnya peluang dari madrasah aliyah lebih besar karena ada materi ujian tes Pendidikan Agama Islam dimana di MA dipelajari lebih mendalam.

  8. Qey says

    Berarti utk semester 2 jurusan administrasi negara bayarnya flat persemester sampai selesai kuliah 1.450.000 ya? Sudah tidak ada kelompok2 lagi?

  9. says

    Assalamualakum Pak Admin,saya mau bertanya mengenai program Pascasarjana UIN Bandung apa saja yg tersdia Pak? Kapan pendaftarannya? tes masuknya apa saja? Biayanya berapa ada kelas. Sabmi/ Minggu ?
    Trimakasih Pak wassalam,Suganda Nata Atmaja ,S.Sos

  10. says

    Assalamualakum Pak Admin,saya mau bertanya mengenai program Pascasarjana UIN Bandung apa saja yg tersdia Pak? Kapan pendaftarannya? tes masuknya apa saja? Biayanya berapa? ada kelas. Sabtu/ Minggu ?
    Trimakasih Pak wassalam,Suganda Nata Atmaja ,S.Sos

  11. fauziahana says

    Assalamualaikum
    maaf Pak, untuk mendapatkan beasiswa dari hafalan al quran minimal berapa juz? apakah ada beasiswa lain selain dari hafalan al quran?

  12. Ditha Rizka Fadillah says

    Asslamualaikum.
    pak mau nanya. saya ingin masuk di UIN SGD Bandung jika ada tes mengikuti jalur mandiri UIN SGD bandung tesnya itu ujian tulis saja atau hafalan Al-Qur’an nya?
    kalau misalkan hafalan Al-Qur’an minimal berapa juz pak?
    Terima kasih wassalamualaiku.

  13. Evarianti says

    Assalamualaikum Wr.Wb..
    Maaf pak mau tanya, kalau jalur tes masuk ke UIN soal tesnya tentang apa saja.?

  14. Rahmawati says

    Assalamualaikum
    Maaf kalau untuk pembukaan pendaftaran di UIN mulai kapan biaya pendaftaran untuk masuk pendidikan bahasa inggris brapa? Apa aja test dan persyaratannya. Mksih

    • Admin says

      SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis.

      Jadi tinggal menunggu pengumuman hasil seleksi tanggal 23 Mei 2016

  15. wil;da nadiatul says

    assalamualaikum.mau tanya bagaimana cara untuk daftar ulang yang keterima SPAN-PTKIN?

    • Admin says

      – Pengumuman hasil tgl 23 Mei 2016
      – Proses daftar ulang sesuai perguruan tinggi masing-masing, infonya pantau website UIN yang didaftar

    • Admin says

      UM biasanya diumumkan masing2 UIN setelah proses seleksi nasional selesai (SPAN-PTKIN), lihat website masing2 untuk info terbaru

  16. wafi says

    Assalamualaikum,mau tanya kan saya lulus snmptn trus pas daftar ulang langsung bayar uang biaya nya? Berapa?

  17. ai asri layungsari says

    Assalamu’alaikum, bapak saya lulus SNMPTN 2016 terus saya dapat info katanya yang lulus SNMPTN tidak perlu bayar biaya registrasi? Apakah itu benar pak? Soalnya saya dari keluarga kurang mampu.

    • Admin says

      * Biaya registrasi atau daftar ulang sama dengan UKT, penentuan UKT melalui proses verifikasi.
      Semua mahasiswa baru dikenakan UKT, besaran UKT tergantung pendapatan ortu. Prosedur secara umum : Pengumpulan berkas/data pendukung – verifikasi pihak kampus – Besaran UKT.
      * Kalau yang gratis hanya bidik misi.
      * Cara lain untuk meringankan biaya kuliah, dengan mencari beasiswa (adik akan tahu sendiri banyak tawaran beasiswa ketika adik sudah kuliah)

  18. yeni says

    Ass. saya mau menanyakan, apa tadris matematika itu adalah pendidikan matematika atau bukan? apakah kita busa mengikuti tes UM-PTKIN di universitas yang ada di daerah masing2? mohon konfirmasinya… syukron,,

  19. saiful yahya says

    ass pak mau nanya kl kartu snmptnnya g ada tapi udah ngisi pormulir lewat onlien udah sukses msk bisa g

  20. Mislailatun Nikmah says

    Pak, mau nanya dah diterima di UIN SGJ Bandung melalui jalur SPAN PTKIN mau daftar ulang online tp hrs masukin no ujian dan password, sdgkan ini tdk melalui ujian sdh dicb dg id pendaftaran neserta passwordnya gak bs, jg dah dicb dg no ujian SMA tp passwordnya pakai apa jd bingung. Ngub no tlp UIN nya gak ada yg ngangkat padahal waktu pendaftaran ulang 23-25 mei 2016. Mohon solusi pak. Makasih

    • yunita says

      Biasa nya pakai kode jurusan yg d pilih
      Sya jga lulus snmptn pakai id pendaftaran sama kode jurusan baru masuk , memanģ begitu saya jga sudah mengirim email dan tlpon uin nya ga ada yg jawab , sampe saya telat ngisi biodata karna waktu itu saya ga tau pasworď nya hrus apa , ga tau deh skrg aku gugur atau ngga , jdi coba aja pake kode jurusan kali aja bisa , semoga sukses kakak

  21. asa salsa says

    asalamualaikum pak mau tanya apakah ini informasi biaya ukt semua orang sama,atau setiap orang berbeda-beda?

    • Admin says

      Tergantung kebijakan pihak UIN, tahun lalu ditetapkan sama untuk semua mahasiswa.
      UKT UIN Bandung sebenarnya ada 3 kelompok, namun UKT yang ditatapkan di atas rata-rata pada kelompok III

  22. ayip says

    Pak mau nanya, kalau biaya kuliah di uin per semesternya apakah sama atau tidak, bila nanti masuknya lewat jalur ujian mandiri yg diadakan UiN bandung…??

    • Admin says

      Kalau mengacu pada Keputusan Menteri Agama 124 tahun 2015, Perguruan tinggi keagamaan negeri dilarang memungut uang pangkal dan pungutan lain selain UKT dari mahasiswa baru program sarjana (S 1) dan program diploma.

      Tahun lalu jalur mandiri hanya bayar UKT sama dengan jalur lainnya

  23. Isan says

    Assalamualaikum.
    pak mau bertanya, kalau yang lolos ke uin sgd melalui jalur sbmptn itu daftar ulangnya kapan ya pak? saya cari di internet sedikit sekali info mengenai jalur sbmptn di uin sgd. mohon dijawab pak, trim

  24. vivu says

    assalamualaikum. pak maaf saya mau nanya.
    kalo saya mau ngambil s2 uin sgd, tp s1 nya bukan d uin bisa pak?
    makasih pak
    wassalamualaikum

  25. Ariyanda safitri says

    assalamualaikum pak saya mau tanya . Untuk jadwal opak dan awal perkuliahan . Dan mau tanya soal biaya untuk jurusan bsa, kebetulan saya baru diterima pada seleksi ujian mandiri gel.2

Leave a Comment