Biaya Kuliah Universitas Lampung – Unila

Biaya kuliah di Universitas Lampung mengikuti pola uang kuliah tunggal (UKT) sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2013. UKT diberlakukan sama untuk mahasiswa dari SNMPTN maupun SBMPTN, yang membedakan adalah pada kelompok atau grade UKT.

Penentuan kelompok sepenuhnya diputuskan oleh pihak universitas berdasarkan formulir registrasi mahasiswa yang di isi oleh calon mahasiswa. Formulir ini diperoleh ketika melakukan pendaftaran mahasiswa baru Universitas Lampung. Dalam formulir tersebut calon mahasiswa harus mengisi penghasilan orang tua atau wali.

Berdasarkan isian tersebut pihak rektorat melakukan verifikasi besaran uang kuliah tunggal UKT mahasiswa. Pada tahun 2013 hasil penempatan UKT diumumkan bersamaan dengan hasil verifikasi SBMPTN. Pengumuman itu berisi keterangan setiap mahasiswa masuk kelompok UKT berapa sehingga saat daftar ulang nanti mereka bisa tahu besar biaya yang harus dibayarkan.

UKT Unila 2015

UKT Unila 2015 2016

UKT Unila 2015

Berikut daftar UKT Universitas Lampung TA 2015 – 2016 

(berdasarkan Permenristekdikti No 22 Tahun 2015)

UKT UnilaUKT Unila 2016

Verifikasi dan Wawancara Banding UKT Unila

  1. Tahapan ini dikhususkan kepada orangtua calon mahasiswa non bidikmisi yang belum menerima/menyetujui hasil pengumuman sementara biaya UKT calon mahasiswa yang ada pada pengumuman sistem UKT online (www.simanila.unila.ac.id).
  2. Orangtua calon mahasiswa yang mengajukan banding atas pengumuman sementara biaya UKT calon mahasiswa wajib hadir sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dengan membawa bukti-bukti baru selain dari dokumen yang telah diunggah pada sistem UKT online.
  3. Pengajuan banding atas biaya UKT hanya dapat dilayani pada jadwal yang telah ditentukan, jika melewati jadwal tersebut maka tidak akan diproses/tidak dilayani.
  4. Pemrosesan banding dilakukan dengan cara melakukan verifikasi berkas yang telah diserahkan oleh calon mahasiswa pada tahap sebelumnya dan ditambah dengan bukti baru yang dibawa orangtua/wali calon mahasiswa dan dilakukan wawancara langsung dengan orangtua/wali calon mahasiswa. Proses banding tidak dapat dilakukan tanpa kehadiran langsung orangtua/wali calon mahasiswa.
  5. Panitia pewawancara memberikan rekomendasi dan catatan atas hasil wawancara. Keputusan hasil banding akan ditentukan dalam rapat panitia bersama fakultas.
  6. Hasil keputusan banding ada 2 jenis : (1). Biaya UKT calon mahasiswa diTURUNKAN, jika ada dokumen pendukung baru yang kuat atas kondisi orangtua/wali calon mahasiswa dan mempengaruhi nilai score UKT; (2). Biaya UKT calon mahasiswa di NAIKKAN, jika ternyata data yang diisikan dalam borang UKT online tidak benar dan ada bukti yang mendukungnya atau mempengaruhi nilai score UKT; (3). Biaya UKT calon mahasiswa TETAP, jika tidak ada dokumen pendukung baru yang kuat atas kondisi orangtua/wali calon mahasiswa dan tidak mempengaruhi nilai score UKT.
  7. Penetapan atas hasil keputusan peninjauan kembali (banding) UKT dilakukan berdasarkan hasil perhitungan nilai scoring pada sistem UKT.
  8. Hasil keputusan banding akan diumumkan dalam laman http://simanila.unila.ac.id. pada tahapan berikutnya sesuai jadwal yang telah ditentukan.
  9. Hasil keputusan banding biaya UKT adalah mengikat untuk calon mahasiswa dan tidak dapat disanggah kembali.

Biaya Kuliah Lainnya:

Comments

Leave a Comment