Biaya Kuliah Universitas Mulawarman – Unmul Samarinda

Biaya pendidikan di Universitas Mulawarman menganut sistem uang kuliah tunggal (UKT) dengan pembayaran per semester berdasarkan penghasilan orang tua atau wali mahasiswa.

Uang Kuliah Tunggal (UKT) merupakan sebagian Biaya Kuliah Tunggal (BKT) yang ditanggungkan kepada setiap mahasiswa berdasarkan kemampuan ekonominya dan sebagian lagi ditanggung pemerintah. Dengan kata lain UKT = BKT – subsidi pemerintah (BOPTN).

UKT Unmul Banjarmasin diklasifikasikan menjadi 5 kelompok dengan Jurusan Pendidikan Dokter Umum dan Farmasi besarannya menempati urutan tertinggi.  Jurusan Kedokteran pada kelompok III sebesar Rp 10 Juta, Kelompok IV Rp 13 Juta dan Kelompok V mencapai Rp 15 juta per semester. Sedangkan jurusan Farmasi biaya per semesternya sedikit dibawah jurusan kedokteran dengan besaran pada kelompok III, IV dan V masing-masing Rp 8 Juta, 10 Juta dan 12 Juta.

Penentuan kelompok UKT ini berdasarkan verifikasi atas data yang diisikan calon mahasiswa.baru dalam form online http://ukt.unmul.ac.id//. Data-data yang harus dipersiapkan mahasiswa baru untuk mengisi form tersebut sebagai berikut:

  1. Profil Orang Tua/Wali, data yang harus diisi adalah Nama, Alamat, Nomor Kontak, Pekerjaan Ayah/Ibu/Wali, Penghasilan Ayah/Ibu/Wali,
  2. Profil Tempat Tinggal Keluarga seperti Kepemilikan, Tahun Perolehan Kepemilikan, Sumber Listrik, Luas Tanah, Luas Bangunan, MCK dan Jumlah Penghuni
  3. Pengeluaran Rutin seperti Cicilan rumah, Rekening listrik, PAM, Internet, Telepon, pulsa, SPP Sekolah (semuanya perbulan), Biaya bimbingan, pajak kendaraan dan Pajak Bumi Bangunan (PBB).

 UKT Universitas Mulawarman TA 2015 – 2016

Biaya Kuliah Lainnya:

Comments

  1. Venna Ananda says

    Apakah itu sudah termasuk uang almamater dan lain-lain? Dan apakah kalau yang lulus di sn atau sb akan dapat pengurangan biaya dibandingkan dengan yang lulus sm?
    Terima kasih

Leave a Comment