Biaya Kuliah Unpad

Unpad pada tahun akademik 2013/2014 menerima mahasiswa baru melalui dua jalur yang telah ditentukan yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Biaya kuliah Universitas Padjajaran Unpad dibedakan atas jalur penerimaan mahasiswa tersebut.

Tarif uang kuliah tunggal (UKT) untuk mahasiswa Universitas Padjadjaran jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) ditetapkan kategori on top. Artinya mahasiswa membayar kategori V atau yang tertinggi dari UKT di Unpad. Pembagian kategori ini berdasarkan Permendikbud No 55 Tahun 2013 tentang Biaya Kuliah Tunggal.

Sementara untuk mahasiswa dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) membayar sesuai dengan kemampuan ekonomi mahasiswa, artinya UKT yang dibayarkan mahasiswa bisa kategori I s/d V.

1. Biaya kuliah Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN membayar uang kuliah sesuai uang kuliah tunggal (UKT)  kategori I s/d V dengan mempertimbangkan kemampuan ekonomi masing-masing.

2. Biaya kuliah Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Mahasiswa yang diterima melalui jalur SBMPTN membayar uang kuliah sesuai dengan yang ditetapkan pihak universitas. Untuk SBMPTN tidak ada pengurangan biaya kuliah. Namun, Unpad menyediakan sejumlah paket beasiswa bagi mahasiswa yang memiliki indeks prestasi tinggi, dan beberapa bank mitra Unpad menyediakan paket pinjaman untuk membantu pembayaran. Perlu diingat tahun 2013 ini Seleksi Masuk Unpad (SMUP) Jenjang S-1 Dilaksanakan Melalui SBMPTN.

Tabel Biaya Kuliah Jalur SBMPTN Unpad:

Biaya Kuliah Unpad SBMPTN

3. Biaya Kuliah Jalur mandiri, pendaftaran jalur ini hanya menerima mahasiswa untuk jurusan D3 sedangkan jenjang S1 hanya diperuntukkan bagi mahasiswa asing.

Berikut biaya kuliah untuk jalur mandiri 2013:

Biaya Kuliah Unpad jalur mandiri

Biaya Kuliah Lainnya:

Comments

  1. says

    Selamat siang Unpad kami telah membaca informasi mengenai kuliah gratis di Unpad pada program studi paling elit Dan mahal yakni program studi Kedokteran dengan catatan melakukan ikatan dinas,dimana setiap mahasiswa Kedokteran yg dibiayai oleh Pemerintah gratis,tis itu akan ditempatkan di seluruh wilayah Jawa Barat artinya ada ikatan dinas dengan Pemda Jabar,sangat beruntung bagi yang dapat diterima di Jurusan Kedokteran ini selain gratis kuliah juga ngga susah2 Cari kerja,mantap dong Pak ? Trimakasih Dan wassalam Suganda Nata Atmaja,S.Sos.orang Tua dari Muhammad Adnan Rais (Mahasiswa UGM,Yogyakarta Dan Roro Ganes Aryani siswi kelas XII-IPA,SMAN 49 Jakarta).

  2. says

    Selamat siang Unpad kami telah membaca informasi mengenai kuliah gratis di Unpad pada program studi paling elit Dan mahal yakni program studi Kedokteran dengan catatan melakukan ikatan dinas,dimana setiap mahasiswa Kedokteran yg dibiayai oleh Pemerintah gratis,tis itu akan ditempatkan di seluruh wilayah Jawa Barat artinya ada ikatan dinas dengan Pemda/Rumah Sakit di Jawa Barat,sangat beruntung bagi yang dapat diterima di Jurusan Kedokteran ini selain gratis kuliah juga ngga susah2 cari kerja,mantap dong pak ? trimakasih dan wassalam Suganda Nata Atmaja,S.Sos.orang Tua dari Muhammad Adnan Rais (Mahasiswa UGM,Yogyakarta dan Roro Ganes Aryani siswi kelas XII-IPA,SMAN 49 Jakarta).

  3. Endang sukarya says

    Selamat siang untuk masuk perguruan tinggi negeri apakah jalur prestasi masih berlaku : Kalau dari bidang olah raga apa syaratnya terimah kasih..

Leave a Comment