Biaya Pendidikan UNS Solo dan Mekanisme Sanggah UKT

Biaya pendidikan di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dibedakan berdasarkan jalur masuk mahasiswa baru. Penerimaan mahasiswa baru UNS tahun akademik 2013/2014 melalui 4 jalur (khusus S1), yaitu:

  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
  2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
  3. Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT)
  4. SPMB Transfer S-1 (Non Kependidikan dan Kependidikan)

Bersamaan dengan diberlakukannya sistem uang kuliah tunggal (UKT) secara nasional, UNS mulai tahun 2013sudah menerapkan uang kuliah tunggal. Ada perbedaan besaran UKT tiap jalur masuk mahasiswa baru. Prinsipnya penentuan UKT berdasarkan kemampuan ekonomi orang tua atau wali mahasiswa.

(Baca: Biaya Kuliah Pascasarjana UNS Solo)

Biaya kuliah yang berlaku di lingkungan UNS Solo berpedoman pada Peraturan Menristek dan Dikti No 22 Tahun 2015 tentang BKT dan UKT pada PTN di Lingkungan Kemenristekdikti yang ditandatangani 4 Agustus 2015.

Sampai saat ini belum ada perubahan terhadap peraturan tersebut, sehingga biaya kuliah atau UKT di UNS Solo tidak mengalami perubahan, berikut rinciannya:

UKT Program D III

Biaya Kuliah - UKT UNS Jenjang D3

UKT Program S1

Biaya Kuliah S1 UNS 2016UKT S1 UNS 2016

Untuk mengetahui besaran UKT yang akan dibebankan Calon mahasiswa baru diharuskan mengisi biodata dan mengunggah file pendukung yang dipakai melalui laman http://spmb.uns.ac.id/biodata/ dengan menggunakan nomor pendaftaran dan tanggal lahir.

Besaran UKT untuk masing-masing mahasiswa akan diumumkan beberapa hari kemudian setelah unggah file pendukung.

Pengumuman secara resmi akan dikeluarkan oleh Rektor bersamaan dengan pengumuman hasil seleksi SNMPTN atau SBMPTN

Sanggah UKT

Bagi mahasiswa S1 yang diterima dari jalur SNMPTN dan SBMPTN yang berkeberatan dengan UKT yang sudah ditetapkan, bisa mengajukan sanggah UKT untuk dapat dilakukan koreksi atau penurunan terhadap UKT.

  • Mahasiswa yang akan melakukan sanggah terhadap UKT diharuskan sudah mengisi formulir terlebih dahulu secara online
  • Jadwal pengunggahan dokumen sanggah sesuai jadwal yang berlaku
  • Wawancara dan verifikasi dengan pihak Universtas sesuai jadwal.

Masa sanggah ditentukan oleh pihak Universitas, sehingga mahasiswa harus aktif memantau pengumuman yang berkaitan dengan Sanggah UKT ini. Pengumuman secara resmi akan dikeluarkan oleh Rektor bersamaan dengan pengumuman hasil seleksi SNMPTN atau SBMPTN

Ingat mekanisme sanggah UKT hanya diperuntukkan mahasiswa jalur SNMPTN dan SBMPTN, jalur mandiri tidak mengakomodir sanggah UKT.

Alur penetapan UKT UNS
(klik untuk memperbesar)

alur-penentuan-ukt-uns

Biaya Kuliah Lainnya:

Comments

  1. Muhamad Irfan Hidayatullah says

    permisi saya mau tanya di tahun 2015 ini untuk jalur umb-pt uns apa menggunakan sistem UKT ?

  2. VITREE says

    ini udah pendaftaran gelombang berapa ?
    pendaftaran gelombang berikutnya tanggal berapa?
    terimakasih bannyak.

  3. Bobby says

    Klo di terima jalur SM UNS Prodi teknik, UKTnya sekitar kelompok brp ya om, caranya gmn ?mhn fedbacknya dpt dikirim ke email kami. Nuwun

  4. andri says

    penentuan biaya UKT maba jalur SM apakah sama jg dgn jalur SNM/SBM ?
    apa ada yg beda ya ?
    terima kasih…

  5. Friska Simanjuntak says

    maaf admin, saya mau tanya nih, wawancara untuk pengajuan sanggahan itu online atau wajib datang langsung ke UNS?
    mohon informasinya dong

  6. Andika Puspita Sari says

    admin kalau mau cek rincian biaya kuliah S2 Pendidikan ekonomi secara terperinci dari awal masuk sampai selesi kuliah dimana yaa??

    • Admin says

      UKT memang berdasar kemampuan ORTU berdasarkan verifikasi data yang diminta, UKT tidak bisa dicicil dibayarkan penuh setiap awal semester

  7. Asep says

    numpang nanya mas bro, saya lulusan smk th 2010 sekarang berminat untuk melanjutkan kuliah,apakah msh bisa? umur saya 22th,bulan january depan 23th. mohon infonya dgn sangat.terima kasih sebelumnya.

  8. says

    Selamat pagi pak,saya tertarik dengan program Studi Psikologi UNS untuk putri saya Roro Ganes Aryani siswa SMAN 49 Jakarta kelas XII-IPA tahun 2016 akan memasuki perguruan tinggi,dalam daftar program studi Psikologi UNS termasuk Fakultas Kedokteran apakah komponen biayanya juga seperti Program studi lainnya dalam lingkungan Fakultas Kedokteran?
    Trimakasih,Suganda Nata Atmaja,S.Sos.

    • Admin says

      Biaya kuliah atau UKT setiap tahun bisa berubah tergantung subsidi pemerintah dalam bentuk BOPTN, semakin besar BOPTN semakin kecil biaya kuliah yang ditanggung mahasiswa.

      UKT Kedokteran UNS 2015 (turun dibandingkan dengan tahn 2014)
      Kelompok I : 500.000
      Kelompok II : 1.000.000
      Kelompok III : 6.750.000
      Kelompok IV: 10.250.000
      Kelompok V: 13.750.000
      Kelompok VI: 17.500.000
      Kelompok VII: 19.500.000

      • annisi samara says

        Min, kalau untuk tahun 2016 biaya fk nya masih sama kayak tahun 2015 ? Untuk biaya daftar ulang fk nya kira2 berapa ya min ?

      • annisi samara says

        Min, kalau untuk tahun 2016 biaya fk nya masih sama kayak tahun 2015 ? Untuk biaya daftar ulang jalur snmptn, fk nya kira2 berapa ya min ? Mohon di balas min

        • Admin says

          Biaya masih sama karena belum ada ketentuan baru dari Kemenristek DIKTI. Biaya daftar ulang sama dengan UKT per semester.
          Penentuan UKT tergantung penghasilan ortu

  9. agmly says

    Maaf, mau nanya. Uns menerima transfer d3 ke s1 farmasi nggak ya?
    Kalo iya , berapa rincian biayany. Dan sisitem transfernya bagaimana??

  10. tyio says

    ijin beranya, saya ingin anak saya kuliah di uns fak. hukum andaikata dia tidak bisa diterima di uns melalui jalur test yang dulu jaman saya namanya sipenmaru, lalu adakah test penerimaan yang jalurnya kalau tidak salah mandiri atau entahlah namanya di mana daripada bayar swasta lebih baik di uns meskipun biaya lebih besar alias biaya swasta tapi sekolah negeri.. rims

  11. Maarif says

    Assalamualaikum.. min klo kedokteran trus penghasilan orang tua dibawah stansar, trus masuknya lewat jalur mandiri UNS itu kira2 bayar uang pangkal ga ? klo masuk pake ukt ga ? Ukt golongan brapa ?

  12. Napoleon says

    Permisi mau bertanya, apakah kalau diterima SM uns langsung terkena otomatis ukt golongan 3 keatas?
    Lalu bagaimana aturan pemilihan prodi di SM uns yg menggunakan nilai sbmptn?
    Adakah informasi yg admin tau perihal kuota penerimaan sm uns?
    Terima kasih, mohon ditanggapi

  13. Dewi Indah says

    Permisi saya mau tanya. Pada waktu daftar ulang setelah diterima jalur SNMPTN nanti apakah dikenakan biaya? terima kasih 🙂

  14. Umi Rama says

    Kak SM-UNS itu bener gaada tes tulis? Pernah baca kok pake nilai sbmptn, berarti kita yg dftr prodinya harus sama seperti sbm ya gabisa ambil prodi yg soshum kalo sbm kita saintek. Gmn itu? Mohon penjelasan tentang sistem mandiri uns. Thx

  15. ricky says

    min golongan itu berdasarkan penghasilan ortukn? itu tiap golongannya ditentuin gk batas bawah ama batas atasnya brapa penghasilnnya

  16. etik says

    Selain biaya persemester atau uang kuliah tunggal, pada saat seseorang diterima jd mahasiswa masih ada biaya masuk ptn atau jaman dulu istilahnya uang gedung….mohon penjelasannya

  17. livia says

    min mau tanya masuk lewat jalur mandiri uns tahun 2016 ada uang pangkal atau tidak ya? soalnya katanya tahun 2016 yg masuk jalur mandiri bayar uang pangkal. makasih

  18. amsap says

    Selamat pagi. Saya ingin bertanya apakah ketika diterima melalui jalur Ujian Mandiri UNS 2016 hanya membayar UKT saja atau juga membayar uang gedung dan biaya lainnya?

      • Admin says

        @amsap @saras
        Biaya kuliah jalur mandiri UNS tidak dibebankan uang gedung atau biaya lainnya. hanya membayar UKT. Dasarnya PMK No 68/PMK.05/2015 tentang Tarif BLU Universitas Sebelas Maret.

        Namun biasanya untuk jalur mandiri dibebankan UKT pada kelompok tinggi, jadi jangan kaget jika dikenakan kelompok VII atau VIII.

  19. muhamad umar mukarom says

    pak mau tanya, apakah bagi peserta didik yang lolos SM harus membayar UKT tertinggi atau biaya yang tinggi ? terima kasih.

  20. vani says

    Permisi pak, mau tanya.
    Untuk SM, jika lolos prodi pendidikan matenatika apakah langsung masuk ke golongan 4 keatas ?
    Ayah saya pensiunan guru, gajinya sekarang +- 3.500.000. Ibu saya tidak bekerja.
    Masuk ukt berapa pak yg jalur mandiri ?

  21. ichachoi says

    Permisi. Saya ingin bertanya.
    Apakah mungkin mahasiswa yg masuk melalui jalur mandiri menerima beasiswa selain bidik misi? Terimakasih sebelumnya.

  22. Papit says

    Mau tanya, kalau ikut Ujian Mandiri, uang pangkal atau sumbangan untuk pendidikan seni rupa kisaran berapa?

  23. Dianita Hendrawan says

    Min, mau tanya kalo seleksi mandiri tahun 2016 dikenakan uang pangkal atau tidak? Lalu kira2 biaya UKT kisaran berapa min?
    Terima kasih, mohon dibalas yaa min.

    • Fathiya says

      Biaya kuliah jalur mandiri UNS tidak dibebankan uang gedung atau biaya lainnya. hanya membayar UKT. Dasarnya PMK No 68/PMK.05/2015 tentang Tarif BLU Universitas Sebelas Maret.

      Namun biasanya untuk jalur mandiri dibebankan UKT pada kelompok tinggi, jadi jangan kaget jika dikenakan kelompok VII atau VIII.

      Itu jawaban admin pad komen sebelumnya. Coba cek komen-komen diatas, banyak info.

  24. Nada Ayu Sekar Arum says

    Selamat malam. Maaf numpang tanya, kalau mengikuti bidikmisi mandiri uns itu, apakah juga mengikuti ukt tertinggi? Apakah peluang nya sama besarnya dengan yang tidak Bidikmisi? Terimakasih

  25. Nada Ayu Sekar Arum says

    Maaf tanya lagi, apakah mandiri uns ada uang pangkalnya? Mohon dibalas ya.. terimakasih

  26. Nanda says

    Kak, kalau masuk UNS lewat SM itu UKT nya bisa disesuaikan dengan kemampuan orang tua apa tidak ya? Adakah beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu untuk menunjang biaya kuliah?

    • Fathiya says

      Saya bantu jwb ya, UKT emang sesuai kemampuan ortu, tapi biasanya kalo masuk lewat mandiri bakal dapet UKT di kelompok yg tinggi

  27. wilda widyastuti says

    kalau lewat jalur seleksi mandiri , apa bisa ikut bidikmisi, kalo bisa gimana caranya, ?

  28. amlrhy says

    Saya ingin bertanya, jalur mandiri UNS menggunakan sistem UKT yg biaya nya disesuaikan dengan penghasilan orang tua bukan? kalau seandainya saya diterima jalur mandiri UNS tapi pihak universitas menetapkan gol UKT yg tidak sesuai dengan kemampuan orang tua saya, nah itu seperti apa kak? sangat dimohon jawabannya, Terima kasih.

    • Muhammad Abdulloh says

      Sama dengan pertanyaan diatas pak. Jikalau saya lolos di SM dan pihak universitas menentukan saya masuk UKT tertinggi sedangkan orang tua saya tidak mampu, apakah saya diberi pilihan lain oleh pihak universitas?

  29. badriatulmawadah says

    Apakah ada uang pangkal untuk jalur mandiri di uns . mohon penjelasannya dan infonya. Terimakasih

    • Fathiya says

      Biaya kuliah jalur mandiri UNS tidak dibebankan uang gedung atau biaya lainnya. hanya membayar UKT. Dasarnya PMK No 68/PMK.05/2015 tentang Tarif BLU Universitas Sebelas Maret.

      Namun biasanya untuk jalur mandiri dibebankan UKT pada kelompok tinggi, jadi jangan kaget jika dikenakan kelompok VII atau VIII.

      Itu jawaban admin pada komen sebelumnya. Coba cek komen-komen diatas, banyak info.

  30. Agil says

    permisi pak saya mau tanay, apakah jika diterima di UNS melalui jalur SM UNS yang menggunakan nilai SBM akan mendapatkan UKT tertinggi??? mungkinkah peserta yang lolos dari SM UNS mendapat UKT gol 1 bahkan bidik misi??? apakah SM UNS melalui nilai SBMPTN dapat mengajukan bidik misi??? kalau bisa bagaimna caranya??/

  31. Hillery Olivia says

    Saya sudah melakukan pendaftaran seleksi mandiri uns dan sudah mendapatkan nomor pendaftaran, tapi pada saat pembayaran via atm btn dikatakan nomor pendaftaran tidak terdaftar. Mengapa?

  32. Nancy Pongsibidang says

    Maaf mau bertanya kalau kemarin pas sbmptn gak ada milih UNS. Tapi mau ikut selsksi mandiri nya. Bisa gak? Mohon infonya. Terus kalau ikut seleksi mandiri universitas lain juga boleh gak? Atau ada kebijakan tertentu dari UNS?

  33. Davira says

    Saya mau bayar pendaftaran SM UNS via atm BTN tp waktu bayar nomer pendaftaran tidak terdaftar, itu bagaimana? Mohon penjelasannya

  34. yola says

    slamat malam ,pak kalo semisal ditrima di uns tp juga di trima di tempat lain ,apakah boleh melepas yg uns nya????
    trimakasih

  35. Ahmad Komara says

    Dear Admin,

    Saudara kami berusua 35 tahun, lulusan SLT, dan bekwrja di Solo. Apakah di UNS ada kelas/kuluah untuk karyawan

    Terima kasih
    Komara

  36. Bp Ubaidillah says

    Mau tanya batasan penghasilan ortu untuk kelompok tsb di bawah ini :
    Kelompok I : 500.000
    Kelompok II : 1.000.000
    Kelompok III : 6.750.000
    Kelompok IV: 10.250.000
    Kelompok V: 13.750.000
    Kelompok VI: 17.500.000
    Kelompok VII: 19.500.000

  37. Yuli says

    Maaf min..mau tanya untuk jalur transfer ada biaya pangkal tidak sekarang biaya persemesternya berapa
    buat transfer d3 fikom ke s1 komunikasi.
    Terima kasih

  38. tari says

    saya ingin bertanya, biaya ukt utk jalur sbmptn apakah golongan ukt nya sesuai dg kemampuan ortu atau golongan 4 utk semua kemampuan ortu? karena saya sudah mengecek jika ukt utk sbmptn adalah golongan 4? mohon jawabannya pak trims

Leave a Comment