Pendaftaran dan Biaya Kuliah Polteknik Negeri Malang – Polinema

Pendaftaran mahasiswa baru Politeknik Negeri Malang – Polinema selama ini dapat dilakukan melalui 5 jalur:

1. Jalur Undangan (Reguler), terdiri dari Bidikmisi dan Penerimaan Siswa Berprestasi (PSB)

– Bidikmisi adalah program bantuan biaya pendidikan yang diberikan Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai tahun 2010 kepada mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi.

Biaya kuliah lewat jalur bidik misi ditanggung pemerintah, bahkan peserta mendapatkan uang saku bulanan yang sudah ditentukan.

– Penerimaan Siswa Berprestasi (PSB)
Penjaringan Siswa Berprestasi (PSB) di lingkungan Politeknik Negeri Malang dilaksanakan rutin setiap tahun. Ketentuan pemilihan program studi sebagai berikut :
Peserta dari IPA diijinkan memilih REKAYASA / TATA NIAGA, sedangkan dari IPS hanya diijinkan memilih TATA NIAGA. SMK hanya diperbolehkan memilih jurusan/program studi bidang REKAYASA atau TATA NIAGA yang sesuai dengan jurusannya di SMK. Siswa SMK yang berasal dari jurusan tertentu yang kemungkinan tidak sesuai dengan jurusan yang dibuka di Politeknik Negeri Malang.

Biaya Kuliah PSB:

2. Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN)

Pendaftaran calon mahasiswa baru melalui UMPN Bersama menawarkan pilihan semua program studi Diploma III dan Sarjana yang ada di Politeknik Negeri Seluruh Indonesia .

Kesempatan ini diberikan kepada siswa SMA, SMK atau MA baik dari sekolah negeri maupun swasta yang lulus pada maksimal 5 tahun sebelumnya. Contoh tahun akademik 2013/2014 lulusan SMA sederajat yang diperbolehkan mendaftar adalah lulusan tahun 2009 dan setelahnya.

Biaya kuliah jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN):

3. Jalur Mandiri

Pendaftaran calon mahasiswa baru melalui Jalur Mandiri menawarkan pilihan semua program studi Diploma III dan Sarjana yang ada di Politeknik Negeri Malang.Kesempatan ini diberikan kepada siswa SMA, SMK atau MA baik dari sekolah negeri maupun swasta.

Biaya kuliah jalur Mandiri:

4. Kerjasama PLN

Penerimaan calon mahasiswa baru Program Diploma III (D-III) Kerjasama POLINEMA dan PT PLN (Persero) adalah implementasi kerjasama antara kedua lembaga untuk memberi kesempatan kepada lulusan SMA/MA jurusan IPA, SMK jurusan yang serumpun dengan Teknik Listrik memperoleh pendidikan yang berorientasi pada kemampuan dan keahlian terapan. Lulusan Program D-III kerjasama yang memenuhi persyaratan IPK ≥ 2,75, masa studi maksimal 6 semester, sehat jasmani dan rohani, langsung direkrut dan mengikuti diklat pra-jabatan PT. PLN (Persero).

Catatan:

  • Mahasiswa Program ini setelah lulus pendidikan langsung DITERIMA SEBAGAI PEGAWAI PT PLN (PERSERO) setelah menjalani DIKLAT PRAJABATAN.
  • Mahasiswa wajib melaksanakan magang kerja di instalasi milik PT PLN (Persero) maksimal selama 6 bulan dengan memperoleh uang saku Rp.850.000,- per bulan.
  • Diberikan Beasiswa untuk Mahasiswa berprestasi.
  • Bagi Mahasiswa peserta Program ini yang tidak lulus evaluasi (evaluasi dilakukan setiap semester) maka dinyatakan gugur dan dapat disertakan di kelas reguler dengan catatan tidak ada pengembalian biaya
Biaya Kuliah Jalur Kerjasama PLN:


5. Jalur ALFAMART

Dalam rangka pemenuhan kebutuhan Sumber Daya Manusia bidang manajemen ritel pada unit-unit PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA TBK (Pemegang jaringan minimarket Alfamart) di seluruh Indonesia, lulusan Diploma III yang siap bekerja dan memiliki kompetensi yang sesuai, PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA TBK bekerjasama dengan Politeknik Negeri Malang menyelenggarakan program pendidikan D-III Kelas Kerjasama, Program Studi Administrasi Bisnis, Konsentrasi Manajemen Ritel, Tahun Akademik 2013/2014.

Kurikulum dan silabus berbasis kompetensi dari program ini, disusun berdasar pada peraturan dan ketentuan Dirjen DIKTI, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta disesuaikan dengan kebutuhan PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA TBK.

Calon mahasiswa diseleksi secara bersama-sama oleh PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA TBK dan Politeknik Negeri Malang.

Biaya Kuliah

Seluruh Biaya Kuliah DITANGGUNG dan lulusannya langsung DITERIMA sebagai PEGAWAI PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA TBK.

Batasan UKT

UKT Polinema 2015 – 2015

UKT Polinema Malang

UKT Jalur Mandiri Polinema 2015 – 2016

UKT Mandiri Polinema

 

Biaya Kuliah Lainnya:

Comments

  1. Sirly Fauza Adhima says

    Apakah jalur umpn tidak bisa untuk peserta bidik misi? Terimakasih, Mohon informasinya

    • Admin says

      Jalur UMPN bisa saja untuk peserta bidik misi, namun tergantung penyelenggara atau PT tersebut.

      Artinya sebelum memilih pastikan PT yang dituju merekrut penerima bidikmisi melalui seleksi mandiri dengan melihat web masing masing.

      Jadwal dan mekanismenya sesuai ketentuan masing-masing PT penyelenggara , teknisnya bisa ditanyakan ke bagian kemahasiswaan atau panitia penerimaan mahasiswa baru di PT terkait .

  2. wisma says

    syarat agar bidikmisi diterima itu apakah harus melampirkan form bidikmisi dari seleksi ptn mandiri??

  3. DIA says

    pak, saya mau tanya untuk tahun ini. Begini, saya lihat ada pndaftaran jalur tes smpai tgl 10 juni. Nah saya ingin tahu info selanjutnya; dan jga biaya2nya. Dan masuk ujian mandiri apkah boleh mengajukan bidikmisi ?
    terima kasih

  4. Indah Ayu Nada Nabilah says

    Maaf pak, untuk jalur mandiri polinema malang apa tidak ada uang gedungnya tahun ini? Terima kasih mohon dijawab

  5. fitria says

    Utk jalur mandiri polinema pd saat dftar ulang hrus membayar UKT semester 1 & 2 sekaligus, itu apa sdh termasuk perincian lain (seragam,almamater dll)? Mohon informasinya trimkasih 🙂

Leave a Comment