Perbandingan Biaya Kuliah Kedokteran Universitas Muhammadiyah

Sampai saat ini jumlah Universitas Muhammadiyah yang memiliki jurusan Pendidikan Dokter sebanyak 9 Universitas yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Dibawah naungan Fakultas Kedokteran (dan Ilmu Kesehatan), jurusan Pendidikan Dokter Muhammadiyah selalu menjadi jurusan paling diminati calon mahasiswa.

Kesembilan universitas Muhammadiyah tersebut terdiri atas:

  1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
  2. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)
  3. Universitas Muhammadiyah Jakarta(UMJ)
  4. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)
  5. Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)
  6. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)
  7. Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus)
  8. Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh)
  9. Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP)

Biaya kuliah kedokteran Universitas Muhammdiyah secara umum terdiri dari dana pengembangan pendidikan dan biaya semesteran.

Dana Pengembangan Pendidikan (DPP) bisa berbeda namanya tergantung Universitasnya, namun intinya sama yakni sebagai uang pangkal yang besarannya mencapai ratusan juta rupiah pada setiap universitas.

Sedangkan uang semester bisa satuan atau dirinci menjadi biaya per SKS yang secara akumulatif jumlahnya mencapai belasan juta rupiah per semester. Berikut perbandingan biaya kuliah jurusan Pendidikan Dokter di berbagai Universitas Muhammadiyah:

Biaya Kuliah Lainnya:

Comments

  1. says

    Selamat siang Universitas Muhammadiyah, kami telah membaca beberapa informasi mengenai biaya kuliah Pada Fakultas Kedokteran di lingkungan Universitas Muhammadiyah, untuk dapat memasuki Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah ada 4 tahap/gelombang biaya pokok pendidikan awal / golongan SPP yang mencapai ratusan juta rupiah sedangkan DPP dapat dicapai melalui beberapa Grade dari Grade A -Grade E
    Jumlah uang yg harus dibayarkan memang relatif banyak/mahal namun itulah rumpun Kedokteran / kesehatan tubuh memang mahal dari segi makanan/minuman/alat olahraga/Obat-obatan dsb.
    Untuk rumpun Kedokteran memang mempunyai klasifikasi Sendiri pada golongan ekonomi menengah keatas,apakah masyarakat dari golongan ekonomi menengah kebawah dapat berekolah di Fakultas Kedokteran?
    Sungguh sulit menjawabnya apalagi tidak ada subsidi dari Universitas Muhammadiyah,trimakasih

Leave a Comment