UKT Universitas Sebelas Maret – UNS

UKT Universitas Sebelas Maret (UNS) sejatinya terbagi menjadi 5 kelompok berdasarkanPermendikbud No 55 Tahun 2013 yang besarannya disesuaikan dengan penghasilan orang tua.

Seperti yang berlaku pada tahun ajaran 2014, calon yang dinyatakan lulus sebagai mahasiswa baru UNS harus mengunduh surat pernyataan kebenaran biodata yang dibubuhi materai dan surat keterangan penghasilan orang tua sesuai ketentuan yakni:

  • PNS/TNI/Polri/Pegawai Swasta: Surat Keterangan dari Instansi
  • Petani/Wiraswasta/Pekerja Informal: Surat Keterangan dari Kepala Desa/Lurah

Kedua dokumen tersebut di scan dan di unggah ke halaman online UNS dengan menggunakan nomor pendaftaran dan tanggal lahir. Selanjutnya calon mahasiswa baru akan mendapatkan informasi  besaran uang kuliah tunggal (UKT) dengan mengakses halaman tersebut pada hari berikutnya.

Penentuan UKT UNS ini hanya memperhitungkan penghasilan kotor orang tua saja tanpa memperhitungkan faktor lain seperti jumlah tanggungan yang juga menjadi beban orang tua. Pada tahun ajaran 2014 lalu kebanyakan mahasiswa masuk pada kelompok UKT kelompok IV dan V.

Bagi mahasiswa yang berkeberatan dengan UKT yang sudah ditetapkan, ada mekanisme yang bisa ditempuh sesuai dengan SK Rektor Universitas Sebelas Maret No: 610 A/UN27/KM/2013 tentang Pedoman pemberian dispensasi pembayaran uang kuliah tunggal bagi mahasiswa UNS. Terdapat tiga cara dispensasi, pertama mahasiswa boleh mengajukan permohonan penundaan, kemudian permohonan pengurangan dan ketiga pengajuan pembebasan UKT.

Penundaan UKT dapat di berikan kepada mahasiswa lama atau mahasiswa baru maksimal 50% dari UKT. Pengurangan/keringanan atau pembebasan pembayaran UKT dengan kategori pertama Yatim, piatu, atau yatim piatu, kedua Anak panti asuhan, ketiga Mahasiswa yang masuk kategori tidak mampu. Syarat-syarat yang harus dipenuhi sebagai berikut:

Syarat Umum:

  • Surat permohonan kepada PR II melalui bagian Pendidikan UNS (MABA), dan kepada Rektor melalui Dekan fakultas (MALA) dan di ketahui /di tanda Tangani orang tua/wali pemohon
  • Surat keterangan Aktif dari PD III
  • Fotocopy kartu keluarga yang di sahkan oleh Kelurahan/kepala desa dan camat setempat
  • Surat keterangan belum pernah menikah dari Kelurahan/kepala desa dan camat setempat
  • Bukti pembayaran listrik dan atau telepon 3 bulan terakhir

Syarat Khusus

  • Yatim, piatu atau yatim piatu melampirkan surat keterangan Kematian orang tua dari kelurahan atau kepala desa
  • Anak panti asuhan , melampirkan surat ket dari Pimpinan panti asuhan
  • Mahasiswa kurang mampu
    1. Surat pernyataan bermaterai dari orang tua yang menjelaskan tentang pekerjaan dan penghasilan per bulan dan tanggungan keluarga (gaji diketahui dari Instansi ybs atau kelurahan/kades dan camat)
    2. Foto copy KTP orang tua dan KK yang di sahkan Kelurahan/kades dan camat

Daftar UKT UNS

UKT UNS UKT  UNS UKT Universitas Sebelas Maret

Update: UKT UNS terbaru

Biaya Kuliah Lainnya:

Comments

  1. fikri anwari gunawan says

    saya kan dari pondok, apakah bisa masuk jrusan hiperkes di Uns? apa sja yang hrus sya prsiapkan dari sekarang? thanks..

  2. says

    Assalamualaikum wr.wb.Selamat siang Pak, saya kini semakin mengerti mengenai pembagian golongan UKT di lingkungan Universitas Sebelas Maret (UNS Surakarta),bahwa golongan yang pertama (I) adalah selain anak2 dari TNI/Polri/PNS /BUMN juga terbaca anak yatim/piatu atau anak yatim piatu.
    Golongan kedua (II) adalah anak panti asuhan
    Golongan ketiga (III) adalah anak fakir miskin secara halus disebutkan anak kurang mampu.
    Sedangkan golongan sisanya adalah Golongan IV dan Golongan V pada Golongan ini termasuk kelompok golongan yang mana Pak?
    Apakah termasuk golongan mampu?
    Jika keadaan sewaktu mengisi pada golongan IV dan Golonfan V ternyata kemampuan yg sebenarnya adalah golongan III,apakah dapat mengisi kembali borang yg sudah didaftarkan?
    Perubahan Ekonomi seseorang dapat berubah2 tanpa sepengetahuan sebelumnya misalnya terjadi PHK, kebangkrutan usaha, paceklik (panen gagal), Perusahaan bangkrut (tidak dapat menggaji karyawannya), dan lain-lain.
    Saya itu saja yang saya ajukan dari permasalahn Sosial Ekonomi Masyarakat saat ini Dan akan datang, tanpa mengurangi rasa hormat saya ucapkan terimakasih dan wassalam,Suganda Nata Atmaja,S.Sos

Leave a Comment