UKT Unpad

Berbeda dengan tahun sebelumnya, UKT Universitas Padjajaran dikelompokkan lagi berdasarkan lampiran Permendikbud No 55 Tahun 2013 tentang uang kuliah runggal. UKT Unpad dibagi menjadi 5 kelompok berdasarkan kemampuan ekonomi orang tua. Tahun 2013 – 2014 uang kuliah tunggal yang dibebankan kepada mahasiswa baru terdiri atas 3 kelompok dengan ketentuan kelompok satu bagi orang tua yang berpenghasilan rendah dengan UKT minimal Rp0 hingga Rp500 ribu.

Kelompok dua yang menggabungkan golongan 2,3, dan 4 dengan besaran UKT rata-rata 2.500.000. Sedangkan kelompok tiga sebagai tarif tertinggi diperuntukkan bagi orang tua dengan golongan berpenghasilan tinggi dengan besaran UKT level 5. Khusus mahasiswa baru dari jalur SBMPTN pembayaran UKT ditetapkan pada kelompok tertinggi (level 5). Tidak ada lagi biaya yang dibebankan kepada mahasiswa selain UKT yang dibayarkan per semester. Update : Penentuan UKT Mahasiswa jalur SBMPTN 2015 berdasarkan pendapatan orang tua.

Terkait dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT) TA 2014 – 2015 prinsipnya bahwwa UKT di Unpad bersifat tetap (tidak bisa diturunkan). Keringanan dapat diperoleh mahasiswa melalui beasiswa yang banyak ditawarkan di Unpad. UKT Unpad dikelompokkan menjadi 5 kelompok sesuai dengan kriteria penghasilan, jumlah tanggungan, pekerjaan, serta tingkat pendidikan orang tua.

Penghasilan orang tua atau jumlah tanggungan diketahui dari data mahasiswa ketika melakukan registrasi sebagai mahasiswa baru. Calon mahasiswa wajib mengisi dan melangkapi biodata secara online di laman yang sudah ditentukan. Salah satunya data pribadi orang tua/wali harus diisi lengkap alamat, penghasilan dan data lainnya yang nantinya akan dijadikan rujukan universitas untuk menentukan keompok UKT.

Uang Kuliah Tunggal (UKT) Program Studi Strata (S1) Tahun Ajaran 2014/2015
UNIVERSITAS PADJADJARAN
(Sesuai SK Rektor Unpad No. 125/UN6.RKT/KU/2014)
UKT-Unpad-2014-2015
UKT Unpad Program Diploma
Sumber: Permen No 73 Tahun 2014

Sumber: Permen No 73 Tahun 2014

Update : UKT Unpad Tahun Akademik 2015 – 2016 tidak berubah 

Comments

  1. EEM RESMAYATI says

    Aslm.
    Anak saya ikut SBMPTN dan memilih UNPAD, tapi waktu anak saya daftar onlline dan memasukan pendapatan orang tua dia tidak bertanya dulu. apakah hal tersebut bisa diubah saat registrasi ulang seandainya dia bisa lolos SBMPTN? Dan mengapa yang lolos jalur SBMPTN masuk pada level tertinggi (level 5)? Rasanya tidak adil bila yang berpenghasilan kecil harus menanggung beban yang sama dengan mereka yang ekonominya jauh di atas. Mudah2an hal ini dapat dikaji ulang! Terus terang saja saya bisa dikatakan single parent yang menanggung semua biaya hidup dari semua tanggungan saya, dan anak saya sudah yatim.keringanan apa yang bisa kami peroleh?dterim kasih.Wslm

    • Admin says

      Anak ibu bisa menghubungi bagian kemahasiswaan atau akademik untuk meminta keringanan UKT, tanyakan prosedurnya. Keringanan bisa juga dalam bentuk beasiswa

    • Tasya says

      Setahu saya, saya mahasiswa yg diterima lewat jalur sbmptn di unpad tahun 2014, ukt melalui sbmptn juga ditetapkan sesuai dengan pendapatan orangtua. Nanti ada pengisian data mengenai mahasiswa & keluarga dll setelah dinyatakan lolos sbmptn. Dipengisian itu baru menentukan berap biaya uktnya.

        • ratna says

          Bantu jawab. Kalo pengalaman saya tahun lalu keterangan diatas artinya yg ukt golongan 5 yg masuk jalur sbmptn tapi setelah lolos kita bisa langsung mengajukan keringanan dengan membawa persyaratan dan proses nya hari itu selesai ga harus bolak-balik asal kita lengkapi persyaratannya.

          • endang says

            Maaf sebelumnya saya juga shocking liat informasi biaya kuliah unpad jalur sbmptn. Kebetulan saya baru lulus dijalur ini. Dari keterangan diatas berarti saya lgsg dipatokin ukt 5, 6jt (fh). Kiranya karna beban tanggungan orng tua saya yg banyak saya tidak sanggup dg ukt segitu. Jadi apa saja syarat yg diajukan kepihak universitas nya kk ratna? Kapan dan th lalu prosedur nya spt apa kk?

          • Admin says

            – Bagi mahasiswa program Sarjana dan diploma yang tidak mampu melunasi biaya pendidikan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dapat mengajukan penangguhan pembayaran dengan cara mengisi form penangguhan di https://students.unpad.ac.id dan menyerahkan bukti pengajuan penangguhan yang telah ditanda-tangani diatas materai Rp. 6000,00 melalui Layanan Terpadu Universitas Padjadjaran di Gedung Rektorat Jatinangor lantai 1, sebelum tanggal batas akhir pengajuan penangguhan yang telah ditetapkan (poin 2)
            – utk mengetahui syarat2nya harus login dulu
            – sebaiknya hubungi pihak panitia utk keterangan selengkapnya

  2. ratna says

    Mau tanya untuk program beasiswa untuk mahasiswa yg masuk semester 3 skrg apakah ada? Dan bagaimana caranya serta persyaratannya.
    Terimakasih

  3. wina winingsih says

    mau tanya,untuk peserta lolos sbmptn selain biaya Ukt persemester apa ada biaya lain seperti uang pangkal diawal masuk perkuliahan? jika ada apa bisa dicicil? trims.

  4. dina Zahirlis putri says

    Saya mau tnya pak , jika sya mndaftar mlalui jalur mndiri lokal dan org tua sya tidak mampu , maka sya termasuk golongan berapa pak ?

    • Admin says

      pendaftaran program mandiri utk diploma sampai tgl 22 Juli 2015, soal keringanan UKT atau biaya bisa ditanyakan langsung ke admisi

  5. fara says

    Pak,kalo kita masuk via Smup jenjang d3, biaya awal masuknya mahal ya? Saya minat di Fikom prodi penyiaran. Takut mahal pak

  6. Desi says

    Maaf saya mau tanya, kalau kita masuk jenjang D3 UNPAD untuk biaya kuliah apakah menggunakan sistem UKT? Adakah biaya lain yg harus dibayarkan? Terimakasih sebelumnya.

  7. Tasya says

    Setahu saya, saya mahasiswa yg diterima lewat jalur sbmptn di unpad tahun 2014, ukt melalui sbmptn juga ditetapkan sesuai dengan pendapatan orangtua. Nanti ada pengisian data mengenai mahasiswa & keluarga dll setelah dinyatakan lolos sbmptn. Dipengisian itu baru menentukan berap biaya uktnya.

  8. yuni says

    bapa mau bertanya, kalo UTK itu uang per semster atau gmana?. lalu kalo yg lulus ujian mandiri, itu bisa pake UTK yg segimana penghasilan orgtua saya? atau hanya untuk yg lulus snmptn dan sbmptn saja?

    • ahad says

      bantu jawab, sejak tahun 2013 kemarin pemerintah mengeluarkan UTK.
      jadi ga ada biaya uang pangkal/sumbangan/dll.. bayarnya cukup per semester aja.
      nah biayanya sesuai yg ada di tabel diatas.

      correct me if I wrong.

  9. Putri says

    mau tanya,untuk peserta lolos smup
    selain biaya Ukt persemester apa ada
    biaya lain seperti uang pangkal diawal
    masuk perkuliahan? mohon balasannya 🙂

  10. says

    Pak, jika mau masuk UNPAD untuk S1, sudah tamat SMA lama. apakah bisa? karna tidaj ikut jalur sbmptn ataupun snmptn, jadi bisa lewat jalur apa ya Pak? dan berapa biayanya? untuk jurusan kedokteran dan psikologi. Terimakasih infonya…

  11. Rahadian says

    Pak kalo utk jalur smup itu dikenakan uang pangkal gak? Atau sama saja seperti snmptn,sbmptn hanya dikenakan ukt saja. Mohon jawabannya. Terimakasih

  12. Zulfa says

    pak saya mau tanya, kalo pendapatan ortu bisa diubak gak waktu pendaftaran ulang sbmptn di masing2 univ? maksudnya gak sama jumlahnya seperti waktu pendaftaran sbmptn…

  13. Agus Mulyono says

    Anak saya diterima di FIKOM UNPAD melalui SBMPTN tahun 2015, Ybs sdh melakukan konfirmasi online untuk pengisian data diri dan orang tua.
    Pertanyaan saya :
    1. Apakah akan ada rekonfirmasi dari pihak UNPAD bahwa data konfirmasi telah masuk/diterima Universitas.
    2. Kapan kami akan mendapatkan konfirmasi biaya UKT

    Terimakasih atas perhatiannya
    Salam kami
    Agus Mulyono

    • Admin says

      – Model online konfirmasinya by sistem artinya Pasti ada keterangan apakah sdh berhasil daftar (submit) atau gagal.
      – Biasanya pihak Unpad akan memberi tgl pasti pengumuman hasilnya, jadi harus sering login atau buka website Unpad utk mengetahui infonya

  14. Esty D. Mutiarawati says

    Bapak Admin, anak saya diterima sbmptn di Unpad, Selasa kemarin sy ke Unpad untuk melihat posisi Fakultasnya, kemudian saya cari tempat kostnya. sy mendapat keterangan bahwa asrama hanya untuk bidikmisi, kedokteran dan farmasi, jd sy cari kost disekitar Unpad. ternyata harga kost dibandingkan UKT, jauh lebih mahal harga kostnya> apakah Bapak Admin ada solusi?
    Terimakasih

  15. nofan says

    min kalo emg smup gak pake uang pangkal lalu bagaimana penggolongan ukt bagi mahasiswa yg masuk jalur smup itu seperti apa? apakah sama dngn sbmptn? tolong jawab min

  16. Muhammad Firman says

    untuk ukt program diploma mhs semester >2 maksudnya bukan angkatan 2015/2016 apakah ada penyesuaian ulang atau tidak?

    • Admin says

      UKT terbaru (Permen 73 tahun 2014) untk mahasiswa angkatan 2014 ke atas, mahasiswa lama sebelum angkatan 2014 memakai UKT Permendikbud 55 tahun 2013

  17. Khaerudin says

    Asslmkm, Pak jika anak saya diterima di smup 2015 diploma 3 manajemen pemasaran, kira2 daftar diri sampai kapan? Apakah ada wawancara khusus untuk UKT karena profesi saya juga seorang dosen, terima kasih, wsslmkm.

  18. Mimin Suryatmin says

    Assalamualaikum,

    Pa, saya mau tanya dasar pengelompokan UKT UNPAD, dari pendapatan orang tua kisaran berapa aja ya?
    Anak saya kebetulan untuk TA 2015/2016 mendapatkan UKT 7 juta, itu termasuk kel. 4 atau 5?

    Terima kasih atas penjelasannya.

    Wassalam,

    • Admin says

      kriteria pendapatan orang tua vs UKT yang menentukan pihak rektorat, namun sebagai contoh perbandingan lihat UGM kriteria penghasilan sudah ditetukan.

  19. egita meigiana says

    ass
    pak saya mau tanya bagaimana caranya mengajukan keberatan biaya pendidikan ukt mengingat anak saya dikenakan biaya 7 juta, apa aja syarat syaratnya? dan bagaimana caranya, mohon petunjuk, trimakasih

    salam ++

    • Admin says

      setahu admin pengajuan keringanan UKT di Unpad agak susah, coba hubungi fakultas dulu sebelum ke rektorat atau Maba Center punya BEM Unpad no. 085 621 888 03.
      Alternatif lainnya dg mencari beasiswa.

  20. kurnia ani says

    Pak mau tanya, saya di terima di profesi apoteker unpad, kalau saya mau lihat SK rektor tentang UKT profesi apoteker di mana ya pak? Downloadny di mana?

    • Admin says

      Lihat di peraturan menteri Keuangan no 61/PMK.05/2015 tentang tarif layanan BLU Unpad, di PMK tersebut UKT program profesi Apoteker per semester sebesar Rp 9.000.000.

  21. ifha usman lakira says

    pak,ini pembayaran ukt dibayar tiap bulan,smester,aTau pertama mendaftar?terus kalo jd adik sy lulusan d3 farmasi mau melanjutkan s1 farmasi di unpad cara pembayaran nya gimna?brp thn pendidikan bru selesai?

  22. Danang Cahyo Binarto says

    Pak. Adik saya masuk kuliah Tahun Ajaran yang lalu. tapi bulan kemarin Bapak saya meninggal. Apakah adik saya bisa minta pengajuan keringanan biaya kuliah karena sekarang tinggal Ibu saja. Terima Kasih

  23. says

    pa sya mau tanya
    sya kan lulus sbmptn jalur bidikmisi. seandainya sya tdk keterima bidikmisi, kira-kira sya masuk ukt golongan yang mna?

  24. Chychy says

    Pak saya mau mndftar utuk s2 sebaik’a ikut jalur apa. untuk jurusan ekonomi dan bisnis. ? dn kalo ada jalur beasiswa tolong infox . thx. mohon di balas pak

  25. Esa says

    Pak, saya sekarang berkuliah di D3 Unpad semester 3 saya mendapat beasiswa kemitraan artinya saya di bebaskan pembayaran UKT. tapi saya masih terkendala masalah biaya transportasi yang cukup jauh.. apa saya masih bisa mengajukan beasiswa lain?

  26. says

    Selamat malam pak Admin, saya mau memberikan masukan saja bagi anak-anak yang sudah tidak punya orang Tua apakah itu yatim/piyatu/yatim-piyatu sebaiknya langsung saja diberikan dispensasi biaya,dengan membawa secarik surat dari RT/RW bahwa yg bersangkutan seorang Yatim/Piati/yatim piatu dengan tidak memandang sikaya atau simiskin mengacu kepada azas kebersamaan (siapa sih yang mau jadi ank yatim/piatu/yatim _piatu ),adapun bagi b erkemampuan Lebih meskipun janda tentu tidak mau ada dispensasi (suatu kekecualian) namun bagi janda dengan penghasilan pas-pasan +single parent sangat memberatkan) kalo cepat dapat suami lagi atau masih muda ,lah kalo belum dapat kan kasihan juga ,itu saja trimakiasih dan wassalam

  27. says

    Selamat malam pak Admin, saya mau memberikan masukan saja bagi anak-anak yang sudah tidak punya orang tua apakah itu yatim/piyatu/yatim-piyatu sebaiknya langsung saja diberikan dispensasi biaya,dengan membawa secarik surat dari RT/RW bahwa yg bersangkutan seorang Yatim/Piatu/yatim piatu dengan tidak memandang sikaya atau simiskin mengacu kepada azas kebersamaan & kemampuan berimbang (siapa sih yang mau jadi anak yatim/piatu/yatim _piatu ),adapun bagi berkemampuan Lebih meskipun janda tentu tidak mau ada dispensasi,menjaga gengsi (suatu kekecualian) namun bagi janda dengan penghasilan pas-pasan/single parent sangat memberatkan) kalo cepat dapat suami lagi atau masih muda dan gesit, lah kalo belum dapat kan kasihan juga ,itu saja trimakiasih dan wassalam Suganda NA di Jakarta Selatan

  28. michael sihombing says

    Min, izin bertanya. Ada keluarga, anak2 ada 6,, 2 orang dianggao tidak menjadi tanggungan keluarga lagi,, 3 anak berkuliah dan 1 lagi SMA,,,

    Berapakah jumlah tanggungan keluarga? Saya rasa 6, (orangtua dan 4 anaknya)

    apakah benar UNPAD hanya menyediakan kuota tanggungan maks 5?

    Teman saya seperti itu, lebih lagi, orangtuanya adalah guru berpenghasilan 5.2 juta dan ibunya hanya ibu rumah tangga,,

    jadi ketika gaji 5,2 juta itu dibagi 5, ia mendapat kel(IV) padahal beda sekitar 2 ribu lagi menjadi kel(III), kebetulan dia di Farmasi,,

    tolong saran dan tanggapannya Min..

    Dari Michael di Bandung

    • Admin says

      halo Michael

      Setahu admin penentuan UKT di Unpad berdasarkan kriteria sbb:
      – kriteria/jml penghasilan,
      – jumlah tanggungan,
      – pekerjaan ortu, serta
      – tingkat pendidikan orang tua

      Tidak ada batasan jumlah tanggungan, semakin besar tanggungan harusnya UKT juga semakin kecil. Ini selaras dengan kebijakan nasional (tak tertulis) bahwa tidak boleh ada mahasiswa (yg sudah diterima) tidak bisa kuliah karena alasan biaya.

      Pengalaman lalu ada ada calon mahasiswa Unpad tidak registrasi sampai masa pembayaran lewat dikontak/didatangi pihak rektorat untuk mengetahui permasalahannya. hal ini berkaitan dg kebijakan yg admin sebut tadi.

      Hemat saya jangan terlalu memikirkan soal pembiayaan, sebaiknya jujur dalam penyampaian data-data untuk penentuan UKT. Selain itu banyak tawaran beasiswa yang bisa membantu meringankan biaya kuliah. Terpenting persiapkan diri spy bisa masuk Unpad…

  29. neneng says

    bapak/ibu akang/teteh saya pengen tanya kalo jalur sbmptn gmna cara nya serta biayanya ? saya pengen masuk taun sekarang terimakasih mhon jawabannya

  30. naufal says

    Selamat siang pak! Saya berniat mengikuti sbmptn untuk tahun 2016, sekiranya bisa di informasikan untuk biaya kuliah kelas karyawan? Terimakasih

  31. dhea says

    Selamat pagi pak. Saya berniat memilih jurusan D4 kebidanan apa itu bisa melalu SNMPTN? Dan apa D3 juga bisa melalu SNMPTN? Mohon infonya saya pelajar jakarta. Terimakasih

  32. eva khatun says

    Pak kalo mau masuk UNPAD jalur mandiri (fakultas kedokteran) biaya awalnya kan tinggi, bisa minta keringanan biaya atau pembayaran dicicil? dan bagaimana dengan UKT-nya? apakah disesuaikan juga dengan pendapatan orang tua?

    Terima kasih,

    Salam

    Eva

    • Admin says

      Tahun ini TA 2016-2017 fakultas kedokteran Unpad menggratiskan semua biaya kuliah, syaratnya mau ditempatkan di seluruh Pemda di Jawa barat. Program berlaku untuk semua kuota SNMPTN dan SBMPTN.

  33. dhea chandra suci says

    Pak,saya mau tanya. Kan saya mau masuk unpad jurusan hubungan internasional,pasti itu suka ada keluar negeri,apa untuk biaya keluar negeri nya sudah termasuk ke biaya semesteran atau beda lagi? Terima kasih

  34. vioni rahayu says

    Pak maaf mau tanya. Kalo daftar jalur lewat bidik misi persyaratan nya apa saja? Dan pendaftaran dibuka tanggal berapa-? Terimakasih

  35. Eky says

    Saya mau tanya kalo prosedur untuk mengajukan keringanan Ukt itu bagaimana?gaji orang tua saya ketika masuk kuliah dan sekarang itu berbeda. Terimakasih

  36. Priskila says

    Pak Admin,
    saya pingin masuk profesi apoteker tahun ini, bagaimana caranya biar saya dapat UKT, mengingat orangtua saya penghasilan pas pasan

    • Admin says

      Satu-satunya untuk mendapatkan keringanann pada program profesi (Apoteker) melalui beasiswa, coba cari informasi soal beasiswa tsb

  37. Ayu cintya says

    Aslm
    pak saya sudah daftar jalur snmptn, mulanya saya dari jurusan TKJ dan ingin masuk F.Keperawatan. Apakah bisa ? Trimkasih
    wslm

  38. imas says

    assalamualaikum pak, rencananya saya mau kuliah tahun ini,saya 24thn dan saya sudah ikut persamaan dan insya Allah lulus tahun ini, pertanyaan nya apakah saya tidak bisa masuk ke PTN(unpad) karena masalah usia? adakah solusi buat saya bisa masuk unpad dgn usia saya skrg ini?

    • says

      Selamat siang Pak menanggapi pertanyaan dari dek Imas bahwa usianya sudah 24 tahun,ikut ujian persamaan dan kiranya ingin memasuki Unpad tahun ini,bisa atau tidak persoalan pertama, kedua prasyarat memasuki PTN adalah lulusan SMA/SMK/MA dan Persamaan pada tahun berjalan, 2016,2015 dan 2014 adapun usia terdapat pada prasyarat lain kalo tidak salah usia 18 tahun -23 tahun,sedangkan diatas itu melalui program Karyawan, saya kira hanya itu masukan dari saya mohon admin menjawab pertanyaan dari sdr/i Imas yang caem itu.

  39. Angel says

    Pa maaf mau bertanya saya bulan oktoner 2016 ini akan lulus d3 kebidanan di universitas muhammadiyah tasikmalaya apa bisa melanjutkan ke d4 unpad?

  40. Dewi says

    Pak saya mau bertanya, orangtua saya dua dua nya adalah seorang PNS golonga 4A, gaji Keduanya 4 jutaan perbulan. Tp gaji kedua nya itu minus tiap bulannya, jadi ga dapet gaji, apakah nanti jika saya masuk unpad dapat UKT besar atau kecil ?

    • Admin says

      UKT tidak memperhitungkan hutang-piutang, maksudnya dalam persyaratan tidak ada permintaan syarat keterangan hutang-piutang. Sehingga hal tersebut tidak berpengaruh terhadap besar kecilnya UKT. Gaji dan jumlah tanggungan yang menjadi faktor utama

  41. imas says

    terimakasih kpd bpk. suganda telah memberi pencerahan, atau mungkin di unpad tidak ada kelas karyawan pak admin?

  42. says

    Anak saya lulusan SMA dari Timor Leste, apakah bisa daftar Di Unpad. Kalau bisa melalui jalur apa dan bgm prosesnya ? Apakah melalui online atau secara langsung ke kampus dapat diterima utk Di daftar ? Bagaimana biaya kuliahnya ? Apakah dapat juga mendaftar Di fakultas Kedokteran ? Kalaupun tdk bisa apakah fakultas lain dpt ? Bagaimana dgn biaya kuliahnya ? Mohon penjelasan ? Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

  43. erza sumual says

    selamat siang pak, saya mau bertanya untuk fakultas kedokteran di UNPAD menerima calon siswa dari lulusan SMK?

    • Admin says

      Realistis saja, berkaca dari pengalaman-pengalaman selama ini lulusan SMK peluangnya kecil masuk FK, hanya lulusan IPA saja yang diterima

  44. erza sumual says

    selamat siang pak, saya siswa lulusan dari SMK Kesehatan di manado dan berniat melanjutkan studi di UNPAD fakultas kedokteran, apakah bisa ?

  45. Robby Ruputra says

    Assalamualaikum wr.wb
    Permisi saya mau tanya pak, apakah jika lolos d3 smup tahun ini hanya dikenakan biaya ukt saja? dan ukt itu tergantung kita pilih disaat pendaftaran smup itu sendiri contohnya jika saya pilih ukt 7-10 jt apakah saya harus membayar sekitar itu diawal? apakah jika sudah lolos bisa diadakan keringanan ukt?

    Mohon ada konfirmasi terima kasih

  46. Robby Ruputra S says

    Assalamualaikum wr.wb
    Permisi saya mau tanya pak, apakah jika lolos d3 smup tahun ini hanya dikenakan biaya ukt saja? dan ukt itu tergantung kita pilih disaat pendaftaran smup itu sendiri contohnya jika saya pilih ukt 7-10 jt apakah saya harus membayar sekitar itu diawal? apakah jika sudah lolos bisa diadakan keringanan ukt?

    Mohon ada konfirmasi
    terima kasih

    • Admin says

      Biasanya kalau pilihan UKT oleh mahasiswa pada kelompok tinggi pihak universitas tidak akan memverifikasi lagi.
      Pembayaran pas registrasi.
      Keringanan UKT tergantung kebijakan Rektor.
      Bentuk keringanan lain berupa beasiswa (yang banyak ditawarkan)

  47. Lisna says

    Assalam’mualaikum. Apa unpad ada kelas karyawan utk S1 Akuntansi ? Atau Kelas reguler malamnya ? Kalo ada apa biaya UKTnya jg bertambah.Trims

    • Admin says

      @syaiful huda
      @Lisna

      Sebagai info untuk PTN tidak ada lagi kelas karyawan atau ekstensi. Kebijakan ini berlaku nasional (berlaku sejak tahun 2009-2010)

  48. says

    Selamat siang bapak saya mau tanya , saya ini lagi kuliah S1 tapi saya mau pindah ke unpad kira2 bisa tidak pak karena orang tua sy pindah tugas kerja d bandung pak , hatur nuhun pak sebelumnya

    • Admin says

      Sesuai peraturan perpindahan antar PT dimungkinkan, namun masing2 perguruan tinggi mempunyai prosedur perpindahan tersendiri. coba hubungi bagian admisi atau kemahsiswaan Unpad

  49. winarsi says

    min..kalau pada saat pengisian data posisi ibu masih bekerja..tp untuk saat ini tidak bekerja lagi gimana min..?

    • Admin says

      Bila dirasa UKT yang ditetapkan nanti terlalu memberatkan, bisa mengajukan keringanan UKT (meskipun agak susah). Ikuti saja prosesnya dulu semoga ada proses sanggah UKT

  50. Rianti says

    Assalamu’alaikum pa, saya mau tanya. Info tentang pendaftaran SMUP D3 di bukanya kapan ya pa?. Untuk SMUP bisa kelas karyawan juga atau tidak bisa pa?

  51. Rianti says

    Saya ingin mengikuti SMUP, soal UKT nya gimana pa? Soalnya kedua orang tua saya sudah meninggal. Saya anak tunggal, dan sekarang sama bekerja untuk biaya kuliah saya. Apa bisa kerja sambil kuliah di SMUP? Mohon balasannya pa. Terimakasih

  52. Wulansari says

    Bapak Admin,sy mau tanya berapa biaya untuk kedokteran UNPAD jalur Mandiri,seluruh biayanya
    Terima kasih

    • Admin says

      Unpad tidak membuka kedokteran jalur mandiri, tahun ini kuota hanya untuk SNMPTN dan SBMPTN dan biaya digratiskan dengan perjanjian

  53. nesya says

    Maaf pak, saya mau bertanya.
    Semisal ada yang lulus lewat snmptn ke unpad.
    Lalu dia daftar ulang ke univ itu.
    Kira kira biaya apa saja yang dikeluarkan?
    Misal, administrasi, gedung, daftar ulang, dan lain lain (‘diluar UKT per semester’)?

  54. Dahyu Adam Putra says

    Sewaktu anak saya lulus melalui test (SNMPTN) jurusan Ilmu Keperawatan tahun 2013-2014 saya diminta melampirkan struk gaji dengan penghasilan 13 Juta. Status pekerjaan saya pada waktu itu adalah pekerja kontrak dan saat ini sejak September Tahun 2015 sd sekarang saya tidak bekerja dengan tanggungan 5 anak dan 1 isteri.
    UKT anak saya adalah masuk kelompok 5 yaitu 8 Juta. Saya sudah mengajukan keringanan tetapi sampai saat ini tidak pernah direspon.
    Mohon tanggapannya

  55. wudhy ainnaiha says

    Pak saya mau tanya. Saya siswi SMA yg baru lulus tahun 2016 ini, saya bingung apakah saya bisa ikut SMUP jurusan profesi apoteker ? Mohon jawabannya pak, jika bisa saya akan segera melakukan pendaftarannya. Terakhir pendaftaran tgl 18 juni 2016. Terimakasih pak.

    • wudhy ainnaiha says

      Dan apakah saya harus mengikuti tes kemampuan belajar advanced (TKBA) dan tes kemampuan bahasa inggris (TKBI) juga ?
      Mohon bantu jawab pak, terimakasih.

  56. Novia says

    Assalammualaikum. Pak saya mahasiswa smt 2 d4 gizi poltekkes kemenkes aceh. apakah sy bisa pindah ke unpad? Apkh sy bisa pindh ke jurusan ilmu gizi medik unpad? Atau apkh bisa sy pindah ke jurusan psikologi/ ilmu komunikasi? Krn dijurusan gizi saya dipoltekkes memiliki mata kuliah psikologi dan ikom. Dan bgmn dgn biayanya? Terima kasih dan mohon jawabannya pak.

  57. Mut says

    Pak, apakah toefl wajib ada bagi semua peserta smup ? Kalau tidak ada berarti tidak bisa mengikuti smup ?

  58. Kiki says

    Ass. Pak, salah satu persyaratan beasiswa adalah dengan mencantumkan biaya kuliah dari sem awal sampai akhir. Selain ukt per semester, apakah bisa bagi sy utk mengetahui rincian biaya lainny, misalnya untuk seragam, buku, organisasi, atau keperluan lainnya?

  59. rosdiana f says

    Min mau nanya kalau udah semester 5 masih bisa gak pengajuan keringanan ukt? Kalau bisa apa saya langsung kerektorat aja? Orangtua saya banyak pengeluaran

  60. intan says

    Assalamualaikum.. pak, apakah KK disini gak diperhitungkan buat biaya ukt? Soalnya sy masuk kelompok 5. Pdhl ibu saya janda dan ayah saya ngasih pas. Kan di KK tuh soalnya kepala rumah tangganya ibu saya. Apakah bisa minta keringanan? Mohon tanggapannya. Terimakasih

  61. Yolanda Ambarita says

    Pak, saya izin tanya. SMUP itu melalui jalur ujian tulis atau raport? Program DIV ada test wawancara juga pak? Saya tinggal di Sumatera pak, terimakasih

  62. dwi putri aningrum says

    Assalamualaikum pak, untuk smup diploma 4 biaya pendidikannya menggunakan ukt atau tidak? Mohon jawabannya pak. Terimakasih

  63. tiara says

    Assalamualaikum pa. Untuk smup d 4 biaya pendidikannya pakai ukt atau tidak? terimakasih pa mohon jawabannya

  64. firman says

    Assalamualaikum..Mau bertanya saya mengalami kesulitan ketika mengecek hasil smup unpad pangandaran ketika saya memasukan no dan tgl lahir selalu terdapat tulisan seperti ini “Data tidak ditemukan, silahkan cek kembali No. Peserta atau Tanggal Lahir” mohon bantuan nya..

  65. Elin says

    Hallo, Pak!
    Sy mau nanya nih, mohon jawabannya yah.
    Sy pingin msk FKG di Unpad dan udh ditentuin UKT-nya, dan sy mlh dpt gol.5. Bisakah sy mndapat keringanan?
    Dan kalau udah sy bayar UKT-nya, apakah ada biaya2 lain? Praktik atau apa gitu? Apa ada?
    Makasih, Pak! ^^

Leave a Comment