Biaya Kuliah Politeknik Negeri Bali

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor. 55 Tahun 2013 tentang Biaya Kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, besaran uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa baru Politeknik Negeri Bali Tahun 2014, adalah sebagai berikut:

Daftar UKT Politeknik Negeri Bali

Biaya Kuliah Politeknik Negeri Bali

Daftar di atas masih berlaku untuk mahasiswa angkatan 2019/2020, belum ada perubahan besaran UKT Politeknik Negeri Bali sejak pertama kali diterapkan pada TA 2013/2014. Tidak ada perbedaan biaya kuliah untuk jalur reguler maupun mandiri (Jalur PMDK-PN, Jalur UMPN dan Jalur UMPN Mandiri).  Semua mahasiswa yang diterima besaran UKT ditentukan berdasarkan latar belakang ekonomi orang tua atau pihak yang membiayai.

Penentuan UKT

Penetapan uang kuliah tunggal (UKT) bagi mahasiswa baru Politeknik Negeri Bali dilakukan dengan mengisi formulir data calon mahasiswa. Calon atau pelamar mahasiswa mengisi salah satu level UKT yang sesuai dengan kondisi ekonomi fihak yang membiayai.

Baca juga:  Biaya Kuliah Politeknik Negeri Medan - Polmed

Untuk data penghasilan, diisikan dengan rata-rata penghasilan per-bulan baik dari penghasilan tetap berupa gaji/upah, tunjangan, dan penghasilan lain. Untuk penghasilan orang tua, besarnya rata-rata penghasilan adalah merupakan penjumlahan penghasilan ayah kandung dan ibu kandung. Demikian juga untuk penghasilan orang lain yang menjadi sumber pembiayaan pendidikan calon mahasiswa (penjumlahan rata-rata penghasilan suami dan istri).

Data Pendukung yang harus dilampirkan:

  1. Foto copy bukti pembayaran (rekening) Listrik, Air dan Telpon bulan terakhir.(bila menggunakan listrik pasca bayar dan menggunakan air dari sumber PDAM)
  2. Surat Keterangan Penghasilan dari Instansi atau perusahaan dimana Orang Tua/Wali/Orang lain yang menjadi fihak pembiaya pendidikan bekerja
  3. Bagi calon mahasiswa yang dibiayai oleh Instansi/Perusahaan, agar melampirkan surat keterangan dari Instansi/Perusahaan yang menerangkan memang benar mendapatkan biaya pendidikan dari Instansi/Perusahaan dengan mencantumkan besaran dana yang dialokasikan dan jangka waktu pembiayaan.
  4. Dalam hal pembiayaan dari Pensiunan, agar melampirkan Surat Keterangan Penghasilan dari Pejabat/Instansi yang berwenang
  5. Fotocopy KTP dan Kartu Keluarga Orang Tua/ Fihak yang membiayai masing-masing 1(satu) lembar
  6. Fotocopy pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) terakhir untuk aset tak bergerak
  7. Fotocopy pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) terakhir untuk aset bergerak
  8. Foto rumah tempat tinggal fihak yang membiayai: 1(satu) lembar foto rumah tampak depan; 1(satu) lembar foto ruang tamu
Baca juga:  Biaya Kuliah Politeknik Negeri Jakarta - PNJ

Kuota mahasiswa baru Politeknik Negeri Bali

Pendaftaran Politeknik Negeri Bali 2014
Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *