Biaya Kuliah Universitas Singaperbangsa Karawang – Unsika 2019

Universitas Singaperbangsa Karawang secara resmi telah beralih menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sejak tanggal 06 Oktober 2014 UNSIKA (PTS) berdasarkan Perpres RI nomor 123 tahun 2014, tentang pendirian Universitas Singaperbangsa Karawang.

Konsekuensinya harus ada penyerahan aset kepada pemerintah melalui Kemendikbud sebagai bagian dari rangkaian penegerian perguruan tinggi.

Pasca ditetapkannya Unsika Karawang sebagai perguruan tinggi negeri maka ketentuan pembiayaan pendidikan juga mengikuti ketentuan uang kuliah tunggal. Setiap tahun Kemenristekdikti menerbitkan peraturan tentang BKT dan UKT sekaligus menetapkan uang kuliah tunggal yang berlaku untuk tahun akademik yang berjalan.

Uang kuliah tunggal ini prinsipnya adalah mahasiswa hanya membayar satu jenis biaya setiap smesternya, tanpa dibebani biaya lain-lain misalnya uang pangkal/uang gedung, uang praktek, uang wisuda dll. Namun UKT ini hanya berlaku untuk mahasiswa yang diterima dari jalur SNMPTN dan SBMPTN. Sedangkan mahasiswa yang mendaftar dari jalur mandiri dimungkinkan untuk dibebankan uang gedung tergantung kebijakan pihak Universitas.

UKT terbaru Universitas Singaperbangsa Karawang diatur dalam Keputusan Menteri Ristekdikti NOMOR 101/M/KPT/2019 tentang perubahan kedua  atas Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 91/M/KPT/2018 tentang Biaya Kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Tahun Angkatan 2018.

Baca juga:  Biaya Kuliah UPN Veteran Jakarta Angkatan 2019

Setiap tahun UKT ditetapkan dengan peraturan Menristekdikti namun biasanya besarannya tidak jauh berbeda.

UKT Unsika Karawang 2019/2020

Pengelompokan UKT berdasarkan kemampuan ekonomi mahasiswa, orang tua atau pihak yang membiayai. Penentuan kelompok UKT tergantung sepenuhnya kepada pihak Universitas berdasarkan data atau dokumen pendukungnya.

Keringanan UKT Unsika Karawang

Keringanan UKT diberikan sebagai implementasi dari ketentuan Pasal 5 Permenristek.Dikti Nomor 39 Tahun 2017, bahwa Pemimpin PTN dapat memberikan keringanan UKT dan/atau melakukan penetapan ulang pemberlakuan UKT terhadap mahasiswa apabila terdapat:
a. ketidaksesuaian kemampuan ekonomi mahasiswa yang diajukan oleh mahasiswa, orangua mahasiswa, atau pihak lain yang membiayainya; dan/atau
b. perubahan data kemampuan ekonomi mahasiswa, orangtua mahasiswa, atau pihak lain yang membiayainya.

Dalam hal ini mahasiswa Unsika yang merasa adanya ketidaksesuaian atau perubahan kemampuan data ekonomi dapat mengajukan permohonan keringanan ke pihak rektorat atau dekan. Mekanisme permohonan, form atau data yang diperlukan bisa ditanyakan ke bagian kemahasiswaan.

Pada TA 2017 Rektor Unsika telah menyetujui permohonan keringanan UKT mahasiswa Unsika Karawang, dari 195 yang mengajukan keringanan UKT sebanyak 183 disetujui dengan rincian:
a. Angkatan tahun 2015 sebanyak 49 orang, disetujui 48 orang, dan tidak disetujui 1 orang, dan
b. Angkatan tahun 2016 sebanyak 146 orang, disetujui 135 orang, dan tidak disetujui 11 orang

Baca juga:  Biaya Kuliah Universitas Negeri Malang 2019

Biaya kuliah jalur mandiri Unsika Karawang

Pada TA 2019/2020 Unsika membuka pendaftaran mahasiswa jalur mandiri dengan kuota sebesar 30%.

Namun ini hanya berlaku bagi program studi yang ikut dalam SNMPTN dan SBMPTN saja. Selain itu, ditetapkan 100% daya tampung di Seleksi Mandiri.

Biaya kuliah jalur mandiri Unsika Karawang TA 2019/2020 tidak dikenakan uang pangkal atau uang gedung. Mahasiswa yang dinyatakan lolos hanya dibebankan Uang Kuliah Tunggal (UKT) sesuai kemampuan ekonomi mahasiswa, orang tua atau pihak yang membiayai.

Dokumen yang perlu dipersiapkan sebagai dasar penentuan UKT untuk diupload secara online:

  • Scan Slip Gaji Orang Tua atau Penanggung Biaya Kuliah yang terbaru (asli dan berwarna). Bila Wiraswasta / Pengusaha / Pedagang / Tidak ada slip gaji, silakan ganti dengan Surat Keterangan Penghasilan yang diterbitkan oleh Kelurahan setempat (asli dan berwarna) yang di dalamnya tertera identitas Orang Tua atau Penanggung Biaya Kuliah dan besaran pendapatan per-bulan
Bagikan:
94 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *