UKT Unpad 2019/2020

Unpad pada tahun akademik 2013/2014 menerima mahasiswa baru melalui dua jalur yang telah ditentukan yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Biaya kuliah Universitas Padjajaran Unpad dibedakan atas jalur penerimaan mahasiswa tersebut.

Tarif uang kuliah tunggal (UKT) untuk mahasiswa Universitas Padjadjaran jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) ditetapkan kategori on top. Artinya mahasiswa membayar kategori V atau yang tertinggi dari UKT di Unpad. Pembagian kategori ini berdasarkan Permendikbud No 55 Tahun 2013 tentang Biaya Kuliah Tunggal.

Sementara untuk mahasiswa dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) membayar sesuai dengan kemampuan ekonomi mahasiswa, artinya UKT yang dibayarkan mahasiswa bisa kategori I s/d V.

Baca juga:  Biaya Kuliah Universitas Tanjungpura - Untan Pontianak

Mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN membayar uang kuliah sesuai uang kuliah tunggal (UKT)  kategori I s/d V dengan mempertimbangkan kemampuan ekonomi masing-masing.

Tabel UKT Unpad

Biaya Kuliah Jalur Mandiri Unpad

Mahasiswa yang diterima melalui jalur mandiri (SMUP) membayar biaya pendidikan sesuai dengan program pendidikan berdasar SK Rektor dengan biaya UKT tertinggi (kelompok V) dan dikenakan biaya Dana Pengembangan (DP) dengan besaran yang berbeda-beda.

Adapun rentang besaran DP antara nilai minimum Rp. 20.000.000,- sampai nilai maksimum Rp. 250.000.000,- untuk program studi saintek, dan antara nilai minimum Rp. 15.000.000,- sampai dengan nilai maksimum Rp. 75.000.000,- untuk program studi soshum.

Untuk calon mahasiswa yang terbukti berasal dari keluarga tidak mampu dapat mengikuti Seleksi Mandiri serta tidak diwajibkan membayar biaya dana pengembangan dan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Baca juga:  Biaya Kuliah Untirta Banten 2019

Dana Pengembangan Unpad 2019

Bagikan:
7 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *