Biaya Kuliah Unpad

Unpad pada tahun akademik 2013/2014 menerima mahasiswa baru melalui dua jalur yang telah ditentukan yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Biaya kuliah Universitas Padjajaran Unpad dibedakan atas jalur penerimaan mahasiswa tersebut.

Tarif uang kuliah tunggal (UKT) untuk mahasiswa Universitas Padjadjaran jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) ditetapkan kategori on top. Artinya mahasiswa membayar kategori V atau yang tertinggi dari UKT di Unpad. Pembagian kategori ini berdasarkan Permendikbud No 55 Tahun 2013 tentang Biaya Kuliah Tunggal.

Sementara untuk mahasiswa dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) membayar sesuai dengan kemampuan ekonomi mahasiswa, artinya UKT yang dibayarkan mahasiswa bisa kategori I s/d V.

Baca juga:  UKT UPN Yogyakarta

1. Biaya kuliah Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN membayar uang kuliah sesuai uang kuliah tunggal (UKT)  kategori I s/d V dengan mempertimbangkan kemampuan ekonomi masing-masing.

2. Biaya kuliah Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Mahasiswa yang diterima melalui jalur SBMPTN membayar uang kuliah sesuai dengan yang ditetapkan pihak universitas. Untuk SBMPTN tidak ada pengurangan biaya kuliah. Namun, Unpad menyediakan sejumlah paket beasiswa bagi mahasiswa yang memiliki indeks prestasi tinggi, dan beberapa bank mitra Unpad menyediakan paket pinjaman untuk membantu pembayaran. Perlu diingat tahun 2013 ini Seleksi Masuk Unpad (SMUP) Jenjang S-1 Dilaksanakan Melalui SBMPTN.

Baca juga:  Biaya Kuliah Universtas Khairun (Unkhair) Maluku Utara

Tabel Biaya Kuliah Jalur SBMPTN Unpad:

Biaya Kuliah Unpad SBMPTN

3. Biaya Kuliah Jalur mandiri, pendaftaran jalur ini hanya menerima mahasiswa untuk jurusan D3 sedangkan jenjang S1 hanya diperuntukkan bagi mahasiswa asing.

Berikut biaya kuliah untuk jalur mandiri 2013:

Biaya Kuliah Unpad jalur mandiri
Bagikan:
7 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *