Biaya Kuliah Universitas Udayana – Unud Angkatan 2019

Pendaftar SNMPTN dan SBMPTN yang diterima di Universitas Udayana akan dikenakan biaya kuliah per semester yang disebut UKT (Uang Kuliah Tunggal) tanpa pemebanan biaya lain-lain.

Uang Kuliah Tunggal (UKT) adalah biaya yang ditanggung setiap mahasiswa berdasarkan kemampuan ekonomi orang tua atau pihak yang membiayai. Konsep ini mulai diperkenalkan pada tahun ajaran 2013.

Prinsipnya untuk mendapatkan hasil pengelompokan UKT, mahasiswa diharuskan mengisi form yang berhubungan dengan kondisi ekonomi mahasiswa. Data yang diisi pada Form UKT dijadikan sebagai acuan oleh Tim Verifikasi UKT untuk menentukan Kelompok UKT mana yang dikenakan kepada calon mahasiswa.

Daftar uang kuliah tunggal (UKT) Universitas Udayana terbaru yang berlaku untuk mahasiswa mulai angkatan 2019 (tiga tahun terakhir tidak berubah):

UKT Universitas Udayana 2019

UKT Unud

Penentuan UKT

Seperti dijelaskan di atas penentuan UKT merupakan hasil verifikasi atas data atau dokumen pendukung yang harus diisi calon mahasiwa. Prosedur ini bisa dilakukan waktu pendaftaran atau juga setelah hasil seleksi diketahui (tergantung kebijakan kampus).

Pengisian form UKT Universitas Udayanan dilaksanakan setelah pengumuman hasil seleksi, prosedurnya sebagai berikut:

  • Setiap calon mahasiswa diwajibkan mengisi Form UKT secara online pada tanggal yang sudah ditentukan.
  • Data yang perlu dipersiapkan (tergantung isian form)
Baca juga:  Biaya Kuliah UPN Veteran Jakarta Angkatan 2019

Wajib : Scan Pendapatan Orang Tua (Boleh di ganti dengan Surat Keterangan jika tempat kerja tidak menyediakan slip gaji)
Optional (tergantung pilihan kuesioner):
– Scan/Foto Pembayaran PBB tahun terakhir
– Foto Rumah
– Foto Ruang Tamu
– Scan/Foto Rekening Listrik bulan terakhir
– Scan/Foto Rekening Air bulan terakhir

  • Data yang diisi pada Form UKT dijadikan sebagai acuan oleh Tim Verifikasi UKT untuk menentukan Kelompok UKT mana yang dikenakan kepada calon mahasiswa.
  • Hasil penentuan kelompok UKT tersebut akan diumumkan pada tanggal yang sudah ditentukan.
  • Calon mahasiswa yang tidak mengisi form UKT secara online pada waktu yang ditentukan, akan dikenakan UKT kelompok tertinggi.

Biaya Kuliah jalur mandiri Unud

Sesuai Permenristekdikti No 22 Tahun 2015 tentang Biaya Kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal pada Perguruan Tinggi negeri di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, PTN dapat memungut uang pangkal dan/atau pungutan lain selain UKT dari mahasiswa baru dari jalur mandiri.

Universitas Udayana melalui Keputusan Rektor Nomor: 617/UN14/KU/2018 mulai memberlakukan adanya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) bagi mahasiswa baru seleksi jalur mandiri. Pertimbangannya bahwa pendapatan BLU Universitas Udayana yang bersumber dari UKT dan pendapatan non UKT belum mampu memenuhi kebutuhan anggaran.

Baca juga:  Biaya Kuliah Universitas Negeri Malang 2019

Besaran Sumbangan Pembangunan Institusi (SPI) berada pada rentang nominal minimal 10 – 150 juta rupiah. Jumlah terbesar SPI sudah bisa diduga milik program studi pendidikan dokter yakni minimal 150 juta rupiah. SPI ini dibayarkan sekali pada masa perkuliahan.

Selain Sumbangan Pembangunan Institusi (SPI), mahasiswa juga wajib membayar UKT per semester sam dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN. Tahun ajaran 2018/2019 yang lalu kelompok UKT sudah ditetapkan pada kelompok IV dan V yang merupakan level tetinggi UKT Universitas Udayana.

Namun pada TA 2019/2020 pihak Rektorat tidak membatasi kelompok UKT,  artinya bagi mahasiswa baru jalur mandiri ada kesempatan bisa mendapatkan UKT 1-5.

Selain itu perlu diketahui biaya pendaftaran jalur mandiri Universitas relatif mahal yakni mencapai Rp 450.000.

Daftar Sumbangan Pembangunan Institusi (SPI) Universitas Udayana

Bagikan:
118 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *