Biaya Kuliah Universitas Jambi

 Universitas Jambi mulai TA 2013 – 2014 sudah menerapkan sistem uang kuliah tunggal sebagai biaya pendidikan yang harus di tanggung mahasiswa. Biaya ini harus dibayarkan per semester tanpa ada lagi tambahan biaya lain.

Model uang kuliah tunggal berlaku bagi semua jalur penerimaan baru mahasiswa baru yakni JALUR SNMPTN, JALUR SBMPTN dan JALUR UMB-PT maupun Jalur SLM UNJA (Seleksi Lokal Masuk Universitas Jambi).

Pada tahun ajaran 2013/2014 Besaran SPP/Uang Kuliah Tunggal (UKT) per semester yang dibebankan kepada mahasiswa baru rata-rata lebih besar daripada daftar UKT yang dikeluarkan Kemendikbud melalui Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2013.

Sebagian besar UKT yang harus dibayarkan mahasiswa baru pada kisaran Rp 1500.000 – Rp 3.500.000, dengan persentase terbanyak pada UKT Rp 3.500.000. Padahal daftar UKT dari Kemdikbud menunjukkan kelompok V yang merupakan kelompok tertinggi besarannya berada pada range Rp 1.000.000 s/d Rp 2.000.000 (kecuali Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan)

Daftar UKT Universitas Jambi
 

Biaya Kuliah Fakultas Kedokteran Universitas Jambi

Biaya pendidikan jurusan Pendidikan Dokter Universitas Jambi sebenarnya secara akumulatif tidak berbeda jauh dengan biaya tahun sebelumnya. Perbedaan dengan sistem UKT bahwa pembayaran biaya tidak langsung besar di awal namun diakumulasikan/dibagi per semester.

Perlu diketahui padaTA 2012 uang sumbangan wajib orang tua yang dikenakan kepada mahasiswa baru sebesar Rp. 60.000.000,- bagi  mahasiswa jalur UMB dan SNMPTN dan Rp 80.000.000 untuk mahasiswa Jalur Mandiri.

Dari 149 mahasiswa baru yang diterima pada jurusan Pendidikan Dokter Universitas Jambi TA 2013 sebanyak 88 orang (59%) dibebankan UKT sebesar Rp 12.000.000 (kel. V). Peserta bidik misi yang dibebaskan dari biaya hanya 1 orang. Jumlah mahasiswa dan Perincian biaya yang dibayarkan dapat dilihat tabel dibawah ini:

Biaya-Kedokteran-Universitas-Jambi

 ***

Daftar Uang Kuliah Tunggal Universitas Jambi 2015

UKT Universitas Jambi

UKT Universitas Jambi 2015

Biaya Kuliah Lainnya:

Comments

    • says

      BKT (biaya kuliah tunggal) keseluruhan biaya per program studi per semester. BKT ditanggung antara pemerintah dan mahasiswa. Biaya yang dibebankan ke mahasiswa itulah yg di sbt UKT. atau UKT = BKT – subsidi pemerintah.

      Jadi yg dibayar hanya UKT saja.

  1. Anonymous says

    tolong jgn beratkan kami untuk membayar ukt yang begitu mahal, tolong pahami kondisi kami, mgkn bagi org yg kaya uang ukt yg mahal tidak masalah, tapi bagi kami org yg sderhana itu sgt berat. kami ingin belajar, kami ingin menuntut ilmu, mohon di pertimbangkan
    terima kasih

  2. cendy Amelia M.T says

    Ass,, Admin saya mau tanya kalau kita masuk kedokteran biaya yang harus dibayar untuk uang sumbangan tahun 2015 ini brp? dan syarat kita masuk kedokteran itu apa ? tolong infonya…. mksih wss……

    • Agus SAgus S says

      Selama Permendikbud yg mengatur ttg UKT blm berubah berarti biaya masih tetap sama, tidak ada uang sumbangan. Biaya (UKT) yg dibebankan spt tertera dlm tabel di atas dan dibayarkan tiap semester.

      Mengenai syarat masuk, lebih jelasnya lihat syarat SBMPTN atau SNMPTN. Kedokteran secara khusus hrs dr SMU IPA.

      • teta says

        jika tidak ada uang sumbangan, apakah uang pembangunan masih ada? jika ada berapa kira-kira besar uang pembangunan yang wajib dibayar?

  3. AasNiari says

    Ass… sya ingin informasi tentang jurusan psikilogi di UNJA,tentang biayanya. Mohon di bantu pak. Wss

  4. Ardi says

    selamat pagi
    mohon izin bertanya.
    untuk jalur mandiri dan slm apakah dikenakan biaya pembangun dan sumbangan?
    terimakasih.

  5. E says

    maaf pak, tpi kok yang trjadi ukt tertinggi melebihi dari yang tertera diatas. untuk angkatan 2013 d fkip kel V itu 3.500.000 , dan untuk 2014 kel V nya 4.000.000, itu bagaimana pak ?

  6. juliver lumbantobing says

    Admin Yth. Anak saya baru masuk Fak. Kedokteran, Berapa biaya kuliah yang harus saya bayar? Kalau gaji saya antara 5 s/d 10 juta, saya masuk kelompok mana? Terimakasih.

  7. ade refilia says

    pak saya diterima di pemanfaatan sumber daya perikanan penghasilan ortua saya 4jt jadi ukt saya 1.500.000 ya pak,
    unt pembayaranya gimana klw lwt atm pak karena tgl 20-21 juli 2015 seperti pengumuman harus membayar ukt sementara bank aktif tgl 22 juli 2015, nanti ada pilihan unt mahasiswa baru ya pak karena saya belum memiliki NIM, mohon jawabanya pak. makasih.

  8. cyndi says

    Pak, saya maba FK 2015 kalau pengahasilan ortu saya 4-5 jt .. Kira2 saya msuk kelompok mna ya pak? Terimakasih

  9. Admin says

    @ade, yeyen, cyndi
    Belum ada patokan atau standar kriteria penghasilan ortu terhadap penetapan level UKT,
    namun rata-rata PTN menggunakan kriteria spt ini:

    I kurang 500 rb
    II 500 rb – <2 juta
    III 2- <3,5 Jt
    IV 3,51 - <5 Jt
    V 5, - <10 Jt
    VI di atas 10 juta

    • fress says

      pak saya alumni unja,,,mau tanya, adik saya lulus umb faperta tapi kemarin wktu pendaftaran dia input penghasilan org tua 6 jt. padahal saya tahu sndri org tua saya tidak sampai 6 jt penghasilannya.. ini bgamana pak… apa bisa di ubah, dengan biaya ukt di kriteria 5 sangat memberatkan kami pak.. ibu saya hanya IRT dan ayah saya sudah meninggal.. mohon penjelasannya pak. trims.

      • Yumasril Awang says

        Kepada Yth. Pemangku jabatan di Universitas Jambi. Anak saya lulus FKIP Matematika jalur mandiri. Sementara di persyaratan daftar ulang dilampirkan KK, Rekening Listrik, Struk Gaji, foto rumah dan surat keterangan domisili dari lurah. Saya seorang pegawai negeri sipil dengan Pangkat dan Golongan Penata Muda Tk.I ( III/b ) dengan masa kerja 22 tahun 7 bulan. Gaji pokok saya sebesar Rp. 3.834.500,-(Tiga juta delapan ratus tiga puluh empat ribu limatus rupian. Anak saya 4, yang paling tua lulus di Universitas Jambi, anak kedua kelas 12, anak ketiga kelas 9 dan yang paling kecil kelas 2. Pada hari selasa kemarin anak saya melihat UKT nya sebesar Rp. 5.000.000,- (lima juta rupiah). Dengan biaya sebesar itu akan berdampak kepada pendidikan adik adiknya. Apakah dengan melanjutkan anak saya yang tua akan mengorbankan ketiga adiknya. Kami mengharapkan agar dapat di pertimbangkan kembali, karena pembayaran terakhir tanggal 19 Agustus 2016. Demikianlah yang dapat saya sampaikan, atas perhatian dan kebijakasanaannya kami ucapkan terima kasih

  10. indah rahma says

    Assalamualaikum,pak diatas disbutkn kalau jalur umb itu uang sumbangan wajibnya 60jt apakah harus di bayar sekaligus ?terima kasih

  11. Muhammad zain musthafa says

    Saya mau bertanya, kenapa no. Pendaftaran saya tidak ada ketika saya ingin melihat ukt ya? Saya lewat jalur umb pt

  12. Estrelita Nababan says

    Maaf! Saya mau bertanya. Kenapa No. Pendaftaran saya tidak ada, ketika mau cek UKT? Saya diterima di Unja lewat UMB PT 2015.

  13. Indra P Putra says

    Assalamu’alaikum…
    Mau tanya pak,keponakan sy lulus slm unja 2015 ini dan sdh registrasi pemberkasan ke BAK unja… utk besaran uang masuknya brpa ya pak ?mengingat penghasilan org tuanya 500 ribu – 2jt kotor/bulan
    Program studi yg diambil ekonomi pembangunan.
    Klo mau bayar setor kemana pak?
    Udah cari2 info mengenai ukt akhirnya mentok di web ini.soalnya kami liat utk BKT nya sangat mahal sekali,apakah uang masuk yg dibayar sebesar 5jt-an?prnah didaftar di bidik misi dan sdh isi smua form yg dipinta,sprti kartu kps,gbr rumah tmpt tinggal dll..ribet(mgkin kami yg gaptek pak) akhirnya tdk selesai.
    Mohon pencerahannya pak?

  14. andi kasmani says

    Aku tammatan d3 keperawan mau lanjut s1 mba,ada engga kuliah program khusus untuk kami yang sudah bekerja di unja .makasi tolong dibalas krn tahun ini rencana mau lanjut tp cari yang negeri universitasnya

  15. Sejahtra sembiring says

    Mau minta petunjuk…
    Saya pekerja di salah satu PT yg ada di provinsi jambi..
    Saya blum sempat melanjutkan kuliah sewaktu tamat sma Th 2013 dikarnakan masalah ekonomi yg kurang,,
    Niat saya ingin melanjutkan kuliah tahun ini sambil bekerja..
    Mohon petunjuknya, saya blum tau apa apa tentang masalah pendaftatan dan brapa biaya nya serta apa aja persyaratannya,
    Saya ingin mengejar s1 pendidikan bahasa inggris..
    Mohon petunjuknya..
    Balas ke my email saja.
    Trima kasih.

  16. Ari Tuahta Pinem says

    Maaf pak mau tanya ..
    Saya lulus umb pt unja 2016 jurusan teknik geologi, penghasilan orangtua saya 4jt/ bulan. Seharusnya kan ukt saya masuk dlm gol iv 3jt/semester. Tp kmaren pas ngecek ukt kok bisa ukt saya masuk dlm gol viii jadi 6jt/ semester ya pak?
    Mohon infonya pak.

  17. Yumasril Awang says

    Kepada Yth. Pemangku jabatan di Universitas Jambi. Anak saya lulus FKIP Matematika jalur mandiri. Sementara di persyaratan daftar ulang dilampirkan KK, Rekening Listrik, Struk Gaji, foto rumah dan surat keterangan domisili dari kelurahan setempat. Saya seorang pegawai negeri sipil dengan Pangkat dan Golongan Penata Muda Tk.I ( III/b ) dengan masa kerja 22 tahun 7 bulan. Gaji pokok saya sebesar Rp. 3.834.500,-(Tiga juta delapan ratus tiga puluh empat ribu limatus rupian. Anak saya 4,dengan rincian yang pertama lulus di Universitas Jambi, anak kedua kelas 12, anak ketiga kelas 9 dan yang paling kecil kelas 2. Pada hari selasa kemarin anak saya melihat UKT nya sebesar Rp. 5.000.000,- (lima juta rupiah). Dengan biaya sebesar itu akan berdampak kepada pendidikan adik adiknya. Apakah dengan melanjutkan anak saya yang tua akan mengorbankan ketiga adiknya. Kami mengharapkan agar dapat di pertimbangkan kembali, karena pembayaran terakhir tanggal 19 Agustus 2016. Demikianlah yang dapat kami sampaikan, atas perhatian dan kebijakasanaannya kami ucapkan terima kasih

  18. Yumasril Awang says

    Anak kami mencari perguruan tinggi negeri supaya dapat biaya kuliah rendah, sementara perguruan tinggi swasta lebih kecil uang semesternya dari pada di di Universitas Jambi

Leave a Comment