Daftar UKT Undip dan Mekanisme Pengajuan Keringanan UKT

Uang kuliah tunggal (UKT) merupakan biaya kuliah yang dibebankan per Mahasiswa per Semester program Sarjana (S1) dan Program Diploma III Universitas Diponegoro. Uang Kuliah Tunggal bagian dari biaya kuliah tunggal (BKT) yang ditanggung setiap mahasiswa per semester berdasarkan kemampuan ekonominya.

Uang Kuliah Tunggal dibayarkan oleh mahasiswa pada setiap awal semester menjelang proses pembelajaran sesuai kalender akademik.

Ada perbedaan dengan besaran biaya kuliah yang dibebankan antara mahasiswa yang berasal dari non mandiri (SNMPTN, SNMPTN dan PSSB) dengan jalur mandiri. Mahasiwa yang lulus SNMPTN, SBMPTN atau PSSB DIII hanya dikenakan UKT saja dengan penggolongan I s/d 7 tanpa ada lagi biaya lain yang dibebankan.

Sedangkan jalur mandiri baik S1 maupun D III ada tambahan biaya lagi selain UKT yakni Sumbangan Pengembangan Intitusi (SPI). Besaran SPI program S1 bervariasi tergantung jurusannya (lihat tebal), jalur mandiri DIII dikenakan SPI dengan jumlah yang sama Rp 5.000.000 untuk semua jurusan.

Selain itu jalur mandiri golongan UKT sudah ditentukan, khusus program S1 sudah ditetapkan pada UKT golongan 7, sedangkan program D III UKT ditetapkan paling rendah golongan 4.

1.Program S1 – Jalur SNMPTN dan SBMPTN

Pembayaran studi hanya biaya SPP berdasarkan UKT dari Golongan 1 – 7. Pembagian golongan tersebut berdasarkan usulan dari calon mahasiswa yang bersangkutan. Calon mahasiswa dapat memilih UKT Golongan 7 atau lainnya pada saat mengisi registrasi online calon mahasiswa baru.

biaya-kuliah-undip-jalur-snmptn-dan-sbmptn

2. Program S1 – Jalur Ujian Mandiri (UM S1) 

Pembayaran studi terdiri dari biaya SPP dari UKT Golongan 7 dan biaya SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi. Biaya SPI hanya dibayarkan sekali selama studi pada awal semester 1. Untuk SPI tersebut terdiri dari Golongan 1 dan 2, dimana calon mahasiswa bisa memilih Golongan saat mau mendaftar menjadi peserta Ujian Mandiri S1 (pilihan terdapat pada pengisian formulir online).

biaya-kuliah-jalir-mandiri-undip-2016

Jalur Ujian Mandiri (UM S1) Kelas Internasional : Pembayaran studi hanya biaya SPP sebesar Rp. 20.000.000 (Dua Puluh Juta Rupiah) Per Semester dari SMT 1 sampai 7. Kelas Internasional (IUP) yang dibuka saat ini S1 Akuntansi dan S1 Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

3. Program Diploma III -Jalur PSSB 

Pembayaran studi hanya biaya SPP berdasarkan UKT dari Golongan 1 sampai 7. Pembagian golongan tersebut berdasarkan usulan dari calon mahasiswa yang bersangkutan. Calon mahasiswa dapat memilih UKT Golongan 7 atau lainnya pada saat mengisi registrasi online calon mahasiswa baru.

biaya-kuliah-undip-d3-jalur-pssb

4. Program Diploma III – Jalur Ujian Mandiri (UM DIII) 

Pembayaran studi terdiri dari biaya SPP dari UKT Golongan 4 – 7 dan biaya SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi. Biaya SPI hanya dibayarkan sekali selama studi pada awal semester 1. Untuk SPI jalur Ujian Mandiri D-III hanya 1 golongan saja sebesar Rp. 5.000.000 (lima juta rupiah)

biaya-kuliah-d3-jalur-mandiri-undip

Keringanan UKT

Calon mahasiswa/Orangtua/Wali yang memilih UKT golongan lainnya (jika tidak memilih opsi ini ditetapkan UKT tertinggi) dan keberatan atas hasil penetapan oleh Tim Penentuan UKT Fakultas, dapat mengajukan permohonan keberatan kepada Tim. Mekanisme keberatan UKT hanya berlaku bagi mahasiswa yang diterima dari jalur non mandiri.

Di bawah ini tata tertib pengajuan permohonan keberatan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Lingkungan Universitas Diponegoro TA 2016.

1. Calon mahasiswa/Orangtua/Wali yang mengajukan permohonan penentuan UKT (memilih UKT golongan lainnya) dan keberatan atas hasil penetapan oleh Tim Penentuan UKT Fakultas, dapat mengajukan permohonan keberatan kepada Tim dengan menyampaikan surat keberatan berikut dengan alasannya yang harus dikirimkan via email ke alamat email masing-masing fakultas sebagai berikut:

a. Fakultas Hukum, alamat email: fhundipukt2016@undip.ac.id
b. Fakultas Ekonomika dan Bisnis, alamat email : febundipukt2016@undin.ac.id
c. Fakultas Teknik, alamat email : ftundipukt2016@undip.ac.id
d. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, alamat email: fisipundipukt2016@,undip.ac.id
e. Fakultas Peternakan dan Pertanian, alamat email: fppundipukt2016@undip.ac.id
f. Fakultas Ilmu Budaya, alamat email : fibundipukt2016@undip.ac.id
g. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, alamat email : fpikundipukt2016@undip.ac.id
h. Fakultas Kedokteran, alamat email : fkundipukt2016@undip.ac.id
i. Fakultas Sains dan Matematika, alamat email : fsmundipukt2016@undip.ac.id
j. Fakultas Kesehatan Masyarakat, alamat email : fkmundipukt2016@undip.ac.id
k. Fakultas Psikologi, alamat email: fpsiundipukt2016@undip.ac. id

2. Pengajuan keberatan sebagaimana dimaksud pada point 1 (satu) dikirimkan paling lambat tanggal 18 Juni 2016, pengajuan keberatan yang terlambat tidak akan ditanggapi dan atau ditolak.

3. Dalam hal Tim Penentuan UKT Fakultas sampai tanggal 23 Juni 2016 tidak/belum menanggapi permohonan keberatan yang diajukan pemohon, maka permohonan tersebut dianggap ditolak dan kepadanya dikenakan golongan UKT yang telah ditetapkan sebelumnya.

4. Tim Penentuan UKT Fakultas paling lambat dalam 1 x 24 jam sejak diterimanya permohonan keberatan harus sudah menetapkan UKT dan Universitas mengumumkan hasil dari pengajuan permohonan keberatan sampai tanggal 23 Juni 2016.

5. Keputusan Tim Penentuan UKT Fakultas atas permohonan keberatan bersifat final.
6. Tim Penentuan UKT Fakultas tidak melayani permohonan pengajuan keberatan melalui tatap muka.

cara-pengajuan-keberatan-dan-keringanan-ukt-undip

Perlu dicatat, mekanisme pengajuan keberatan UKT di atas berlaku mahasiswa yang diterima pada tahun 2016, sehingga bisa saja tata cara untuk angkatan selanjutnya berbeda. Namun yang perlu diperhatikan keluarnya keputusan tersebut tanggal 15 Juni 2016, namun batas waktu pengajuan keberatan paling lambat tanggal 18 Juni 2016. Atau hanya berselang 3 hari dari tanggal dikeluarkan, sehingga rekan-rekan mahasiswa baru harus selalu memantau perkembangan bila ingin mengajukan keberatan atas penetapan UKT.

 

Biaya Kuliah Lainnya:

Comments

    • says

      seperti dijelaskan diatas, calon mahasiswa melampirkan dokumen sbg data pendukung penilaian kemampuan ekonomi orang tua. Pihak kampus yg akan menentukan pengelompokan pada UKT berapa berdasarkan dokumen tsb.

  1. says

    kalo semisal saya diterima dijalur mandiri apa saya bisa mengajukan keringanan uang ukt sesuai kondisi ekonomi keluarga yang kurang dari golongan 4 sementera golongan 4 sudah paling murah ?

    • says

      sepengetahuan saya agak susah utk jalur mandiri, namun lebih jelasnya hubungi pihak admisi Undip. Jalan lain mengurangi beban kuliah dengan beasiswa, banyak sekali beasiswa yg ditawarkan di Undip.

    • says

      Tanya ke bagian pendaftaran atau tanya ke BEM. Tahun lalu (2013) ada mekanisme banding baik lewat online maupun manual, waktu atau mekanismenya sdh ditentukan.

    • Agus SAgus S says

      menurut admin sih tdk masalah krn tdk setiap ada telp atau PAM, namun baiknya hubungi pihak kampus apakah perlu surat pernyataan

    • Admin says

      Tidak ada, BKT merupakan biaya keseluruhan dlm ssuatu program studi. BKT ditanggung pemerintah dan mahasiswa. Nah yg dibayarkan mahasiswa itulah UKT. Atau rumusnya UKT = BKT – subsidi pemerintah

  2. Overhom 007 says

    untuk jalur mandiri bisakah saya mendaftar secara saya sudah 3× kelulusan (alias saya lulus tahun 2011)

    • Admin says

      Salah, bukan begitu penjelasannya. BKT adalah biaya keseluruhan dlm ssuatu program studi. BKT ditanggung pemerintah dan mahasiswa. Nah yg dibayarkan mahasiswa itulah UKT. Atau rumusnya UKT = BKT – subsidi pemerintah.
      Biaya yag dibayarkan tiap semester (termasuk SMT 1) hanya UKT saja. Abaikan BKT

  3. dhono says

    Bapak , dulu pernah ada kalau diterima di kedokteran bayar 200 jt dulu belum termasuk ukt, katanya sebagai uang gedung. Apa benar? Apakah th 2015 ini regestasi pertama hanya ukt 19.000.000 ?

    • Admin says

      – Itu sebelum pemberlakuan sistem UKT yg dimulai TA 2013/2014.
      – Iya. Registrasi pertama dan seterusnya besarannya sama sesuai UKT

  4. risky saputra says

    maaf pak,.

    memang biayanya bisa kah di cicil,.
    apakah 200 jt itu langsung masuknya,.
    apakah bisa di angsur..
    trima kasih

  5. alinda mahdiyan says

    Kalau hari ini adalah hari pengumuman ukt,tapi kok saya buka tulisannya belum ditetapkan?

  6. firdaus says

    pak mau nanya bagaimana kalau saya diterima lewat jalur mandiri tetapi tidak bisa membayar ukt yang di tetapkan? apakah bisa minta keringanan?

    • Admin says

      Pada jalur mandiri, jika sudah ditetapkan pada gol UKT terendah bisanya agak susah, kecuali masih ada grade yg lebih rendah dari grade yg diterima.
      Saran saya masuk dulu dg membayar UKT yg telah ditetapkan, nanti setelah sdh resmi mjd mahasiswa ajukan keringanan biaya, pasti dibantu entah dg bentuk lain spt beasiswa. Prinsipnya tidak boleh ada mahasiswa DO atau tdk dpt melanjutkan kuliah krn alasan biaya

  7. wulan says

    ukt jalur um thn 2014 itu langsung diplot mulai gol 4, nah utk thn ini bgmn min?
    sama sperti thn lalu atau disamakan sperti jalur lain?

  8. wulan says

    min, utk thn ini ukt jalur um yg benar itu mulai dr gol 4 sperti thn lalu atau disamakan utk smua jalur?

  9. Endah says

    Pak, kalau seandainya masuk jalur mandiri. Lalu saat daftar ulang kita bayar UKT semerter pertama saja apa ada biaya lainnya? kalau ada biasanya sekitar berapa? Terimakasih

  10. Rendi says

    Jadi ntar kalo di terima, cuman bayar ukt doang kan min? Ga bayar bktnya? Kalo bayar dua duanya rada berat

  11. zahra says

    saya mau tanya pak bagaimana cara pengajuan permohonan penurunan ukt di Undip? adik saya ukt nya golongan 7 dan sangat memberatkan orang tua saya yg sedang mengkuliahkan 3 org anak.

  12. Admin says

    @zahra @elsi

    Sejak tahun ajaran 2014 mahasiswa tidak bisa lagi mengajukan banding atau keringanan UKT (tahun 2013 ada mekanisme keringanan UKT). Ini sbg konsekuensi penambahan level UKT Undip menjadi 7 golongan.

    Penentuan UKT ditetapkan sejak awal ketika melakukan registrasi online. Mahasiswa yang merasa mampu, tidak perlu mengirim berkas dan secara otomatis terdaftar pada golongan tertinggi (gol VII). Bagi mahasiswa yang keberatan dapat mengirimkan berkas ke fakultas masing2.

    Kendala disini mungkin para mahasiswa merasa berkeberatan dg UKT yg ditetapkan. Admin kurang tahu apakah penentuan UKT oleh fakultas berdasarkan berkas atau juga survey ke lapangan. Saran admni sih hubungi fakultas atau dekanat tanyakan apakah ada prosedur lain utk keringanan UKT.

  13. nur isnaeni says

    kalau misal umnya diterima lalu sudah bayar uang pangkal yang 30juta trus sbmptnnya diterima apa uang yang 30juta bisakembali

  14. anonim says

    Saya dan istri Pns golongan 3c…sudah tepatkah uktnya 40 jt untuk fak psikologi? Padahal gaji buat cicil btn juga?

    • Admin says

      Dari keterangan resmi: Biaya SPI hanya dibayarkan sekali selama studi pada awal semester 1 (jadi tdk diangsur). Coba hubungi help desk mungkian ada prosedur lain

  15. Aisyah says

    Kak saya berasal dari jogja. Saya mau masuk UNDIP. Saya mau mengajukan bidik misi. Sementara kalo besok saya ketrima, saya bakal tinggal dirumah saudara saya. Nah saudara saya itu termasuk orang2 yg diatas mampu. Apakah saya masih bisa mendapat bidikmisi? Saya tidak mau membebani sodara saya. Trimakasih

  16. says

    Mas saya sekarang sedang menjalani semester 3 apakah masih bisa mengurus keringanan ukt ? Karena adik baru masuk kuliah dan kakak saya juga masih ada yg kuliah, saya tidak sanggup lagi untuk membayar ukt. Dan kalo bisa syaratnya apa ya mas. Terimakasih

Leave a Comment