UKT Unair Surabaya

Tahun 2016/2017

#Jalur SNMPTN dan SBMPTN

Biaya pendidikan bagi Program Saijana (S1) bagi mahasiswa Universitas Airlangga yang diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Jalnr Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada angkatan Tahun 2016/2017 harus mengacu ketentuan dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 22 Tahun 2015

Dengan pertimbangan tersebut Rektor Unair mengeluarkan surat Keputusan No 757/UN3/2016 tentang Kelompok UKT Program S1 yang diterima melalui Jalur SNMPTN dan SBMPTN pada angkatan 2016/2017.

Pengelompokan UKT terhadap masing masing mahasiswa ditetapkan setelah melalui tahap verifikasi. Berikut rincian uang kuliah tunggal (UKT) Unair Jalur SNMPTN dan SBMPTN.

biaya-kuliah-unair-snmptn-dan-sbmptn-2016

Kelompok UKT I : 0 – 500.000
Kelompok UKT II : 750.000 – 1.000.000

#Jalur Mandiri

biaya-kuliah-unair-jalur-mandiri

KETERANGAN :
UKM : Uang Kuliah Mandiri
UKS : Uang Kuliah Semesteran (dibayar setiap semester)
UKA : Uang Kuliah Awal adalah tarif minimal (dibayar sekali pada saat masuk)

Tahun 2015/2016

Perbedaan mendasar biaya kuliah Universitas Airlangga TA 2015 dibandingkan tahun akademik sebelumnya adalah direduksinya UKT Kelompok VI. UKT Unair TA 2014 dikelompokkan menjadi 6 level UKT  di luar bidik misi. Penentuan UKT bagi mahasiswa baru tetap berpedoman pada penghasilan orang tua atau yang membiayaisetelah diverifikasi terlebih dahulu oleh pihak universitas. Berikut daftar UKT Unair 2015:

UKT Unair 2015

Biaya Kuliah Unair 2015 2016

2. Jalur Mandiri

UKT Unair Jalur Mandiri

KETERANGAN :

  1. UKS : Uang Kuliah Semesteran (Dibayarkan setiap Semester)
  2. UKA : Uang Kuliah Awal (Dibayar sekali pada waktu masuk)
  3. UKT6A : Tanpa membayar UKA
  4. Bagi calon peserta dapat memilih jenis pembayaran uang kuliah jalur Mandiri (6A,6B,6C) sesuai dengan kemampuan orang tua.

Tahun 2014/2015

Uang kuliah tunggal UKT Unair untuk mahasiswa baru yang diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan jalur seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) ditentukan berdasarkan surat keputusan Rektor Universitas Airlangga nomor 1537/UN3/2014 tanggal 21 Mei 2014.

UKT tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa program sarjana (S1) dari jalur SNMPTN dan SBMPTN, khusus jalur mandiri biaya kuliah ditentukan tersendiri (lihat tautan ini).

Berbeda dengan tahun sebelumnya dimana pengelompokan UKT sebanyak 6 kelompok, untuk TA 2014 – 2015 ada tambahan level UKT sehingga menjadi 7 kelompok. Besaran UKT kelompok VII ditetapkan dengan jumlah yang sama yakni Rp 2.400.000 per semester yang diperuntukkan bagi mahasiswa penerima beasiswa bidik misi yang UKT-nya dibayarkan negara alias gratis .

Perlu diketahui UKT dibayarkan setiap mahasiswa enam bulan sekali atau per semester tanpa ada pembebanan biaya tambahan lagi.

Untuk mengetahui besaran UKT yang harus dibayarkan calon mahasiswa yang dinyatakan lulus harus melapor dan mengisi sejumlah data secara online dengan membuka website Unair. Data yang harus disiapkan para mahasiwa baru meliputi: Penghasilan Bruto Orang Tua, Pekerjaan Orang Tua, Nilai NJOP, Kepemilikan kendaraan roda 4 atau roda 2, Pengeluaran Listrik per bulan, Pengeluaran Air, Pengeluaran PBB dan Jumlah Handphone Pribadi.

Selanjutnya data-data itu lalu dimasukkan ke formula untuk menentukan calon mahasiswa masuk di kelompok mana. Setelah itu tim akan melakukan verifikasi kebenaran data-data tersebut. Baru kemudian diterbitkan nilai uang kuliah tunggal (UKT) yang harus dibayarkan persemesternya.

Uang kuliah tungga (UKT) Universitas Airlangga 2014 – 2015

 UKT Unair

UKT Unair Surabaya 2015

Comments

  1. azizah says

    maaf , saya mau bertanya . saya di sma masuk jurusan ips . tapi saya ingin masuk ke kedokteran apa , saya bisa mewujutkan mimpi saya ? sedangkan saya tau kalu saya sekarang sudah masuk ips ?

    • Admin says

      Kurikulum 2013 memungkinkan peminatan pada setiap mata pelajaran untuk jurusan IPS, sehingga anak IPS bisa memilih mapel yang berhubungan dengan kedoteran sperti Biologi, Kimia dan lain-lain. Namun implemantasinya dilapangan soal boleh tidaknya masuk kedokteran admin kurang bgitu yakin. Soalnya sudah ada ada edaran tahun 2012 (kalau tidak salah) dari Konsil Kedokteran Indonesia yang menyatakan bahwa lulusan yang dapat diterima menjadi mahasiwa studi pendidikan dokter dan pend dokter gigi hanya jurusan IPA bukan jurusan IPS.

  2. says

    Selamat sore Bapak/ibu
    saya ingin masuk pendidikan bidan di Unair.
    Bagaimana caranya agar bisa mendaftar jadi mahasiswa baru dan bulan berapa mulai menerima maba? Biaya pendaftaran awal berapa untuk D3? S1? Dan berapa biaya per semesternya?

    Terimakasih!

  3. riska oktaviani says

    ass. bapak/ibu.
    saya ingin bertanya kalau kita tdak lolos sbmptn, kita bisa masuk ke mana dan harga nya berapa

  4. jelita rail says

    assalamualaikum wr wb
    izin bertanya, untuk mendaftar bidik misi apa harus memilik piagan penghargaan? bagaimana bila piagam penghargaanya hanya sebagai juara kelas, peserta dlm suatu kegiatan atau piagam penghargaan sbg juara dlm lomba yg bersifat kelompok? apa bisa dilampirkan juga piagam tsb dalam mendaftar bidikmisi?

  5. melati says

    kak mau tanya, kalo untuk jalur SNMPTN/SBMPTN UKT kelompok I-VII ditentukan berdasarkan apa ya? mohon informasi lebih lanjut mengenai kriteria per kelompok, ditunggu informasinya kak, terimakasih

    • Admin says

      Berdasarkan penghasilan atau kemampuan ekonomi orant tua.
      Unair tidak mengumumkan secara terbuka kriteria besaran penghasilan tiap kelompoknya.

      Admin berikan contoh yang digunaka ITS, mungkin bisa dijadikan pedoman:
      1. Orang tua yang berpenghasilan Rp 0 hingga Rp 1,59 juta akan diberikan UKT 1
      2. Rp 1,6 juta hingga Rp 2 juta – UKT 2
      3. Rp 2,1 juta hingga Rp 3 juta – UKT 3
      4. Rp 3,1 juta hingga Rp 4 juta – UKT 4
      5. Rp 4,1 juta hingga Rp 5 juta – UKT 5
      6. Rp 5,1 juta hingga Rp 6 juta – UKT 6
      7. Rp 6,1 juta hingga Rp 7 juta – UKT 7

Leave a Comment