Biaya Kuliah Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya PENS dinyatakan sebagai Perguruan Tinggi Politeknik terbaik di Indonesia tahun 2017. Hal ini merupakan hasil pemeringkatan yang dikeluarkan kelembagaan.ristekdikti.go.id terhadap seluruh Politeknik yang ada di Indonesia.

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya membuka penerimaan mahasiswa D3 – D4 reguler melalui 4 jalur sebagai berikut:

1.  JALUR PMDK-PN

Jalur PMDK-PN merupakan seleksi Jalur Undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Bidang VOKASI atau Politeknik Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas.

2. UMPN
UMPN atau Ujian Masuk Politeknik Nasional dimaksudkan untuk memilih calon mahasiswa yang mempunyai kemampuan akademik untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di Politeknik sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan. Seleksi ini diikuti oleh 32 Polteknik Negeri di seluruh Indonesia

Baca juga:  Biaya Kuliah Politeknik Pontianak - Polnep

3. SIMANDIRI PENS

SIMANDIRI PENS atau Seleksi Mandiri Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dimaksudkan untuk memilih calon mahasiswa yang mempunyai kemampuan akademik untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di Politeknik sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan. Pada jalur ini, peserta tidak dapat mengajukan beasiswa BIDIKMISI. Semua peserta SIMANDIRI PENS akan diurutkan menurut nilai ujiannya.

Penentuan UKT berdasarkan calon mahasiswa yang mendaftar harus mempersiapkan data atau dokumen pendukung, yakni:  Nama Ayah/Wali, Keterangan Ayah, Pekerjaan Ayah/Wali, Penghasilan Ayah Per Bulan, Nama Ibu/Wali, Keterangan Ibu, Pekerjaan Ibu/Wali, Penghasilan Ibu Per Bulan, Jumlah Anak, Alamat Orang Tua / Kode Pos, Kota, Nomor Telepon.

UKT Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

 

Baca juga:  Biaya Kuliah Politeknik Negeri Batam - Polibatam

Daftar UKT di atas berlaku untuk mahasiswa jalur PMDk-PN dan UMPN berdasarkan latar belakang atau kondisi ekonomi orang tua tau pihak yang membiayai.

Biaya Kuliah Jalur Mandiri PENS Surabaya

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya memberlakukan biaya pendidikan yang lebih tinggi terhadap mahasiswa yang mendaftar melalui jalur SIMANDIRI PENS. Pengelompokan UKT jalur mandiri PENS ditetapkan pada level kelompok IV s/d VI untuk program studi jenjang DIII ( Rp 4.500.000 s/d Rp 6.500.000). Sedangkan jenjang DIV dikenakan UKT antara Rp 5.500.000 s/d Rp 7.500.000 atau UKT Kelompok V s/d VII.

Selain itu mahasiswa jalur mandiri PENS juga dibebankan dana SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi) dengan besaran:

  • minimal Rp. 6.000.000,- ( untuk D3)
  • minimal Rp. 8.000.000,- (untuk D4)

Biaya lain-lain :

  • IKOMA : Rp 750.000,- untuk D3 dan Rp 1.000.000,- untuk D4
  • Jas Almamater
Bagikan:
3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *