Biaya Kuliah Politeknik Negeri Jakarta – PNJ

Biaya Kuliah Politeknik Negeri Jakarta – PNJ sudah mengacu pada uang kuliah tunggal (UKT), biaya tersebut sudah termasuk berbagai komponen yang hanya dibayarkan sekali per semester. Sesuai peraturan Pemendikbud No 55 tahun 2013 uang kuliah tunggal Kelompok 1 diterapkan paling sedikit 5% dari jumlah mahasiswa yang diterima, sedangkan pada Kelompok 2 juga sama paling sedikit 5% seperti kelompok 1.

Untuk memperoleh grade Kelompok I dan II mahasiswa harus mengajukan ke pihak kampus dengan persyaratan yang sudah ditentukan. Selanjutnya Panitia Seleksi UKT akan melakukan langkah pengumpulan data, wawancara dan survey lapangan untuk meneliti kebenaran persyaratan.

Daftar UKT PNJ 2019

Biaya kuliah Polteknik Negeri jakarta (PNJ) yang harus ditanggung mahasiswa baru erat kaitannya dengan jalur penerimaan PNJ.

1. JALUR PMDK-PN

UKT bagi mahasiswa baru yang diterima dari jalur PMDK-PN ditetapkan pada rentang kelompok I s.d V. Seperti diketahui UKT PNJ yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Mnreistekdikti Nomor 91/M/KPT/2018 terdiri dari kelompok I sampai dengan kelompok VIII.

Sehingga biaya kuliah jalur PMDK-PN relatif lebih ringan dibandingkan dengan mahasiswa jalur lainnya.

Ketika melakukan registrasi atau daftar dapat calon mahasiswa dapat memilih ulang Uang Kuliah Tunggal Kelompok III s.d. V, dan bagi peserta dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mendaftar UKT I atau II atau Bidikmisi.

Baca juga:  Biaya Kuliah Politeknik Negeri Lhokseumawe

Namun jika berdasarkan hasil evaluasi saudara tidak layak mendapat UKT yang telah dipilih, maka akan ditetapkan ke UKT yang lebih tinggi.

Bagi peserta yang mendaftar UKT I atau II atau Bidikmisi, selain menyerahkan berkas verifikasi, juga menyerahkan berkas pengajuan UKT I atau II atau Bidikmisi.Persyaratan pengajuan UKT I, II atau Bidikmisi yang diserahkan ke Bagian Keuangan PNJ, sbb:

  1. Surat Keterangan Penghasilan Ayah dan atau Ibu
  2. Lampiran 1 dapat diunduh pada sistem pendaftaran UKT
  3. Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kelurahan
  4. Fotokopi Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Fotokopi Kartu Jakarta Pintar (KJP) (bagi yang memiliki) atau Surat Keterangan Dari Dinas Sosial
  5. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  6. Fotokopi KTP Calon Mahasiswa
  7. Fotokopi rekening listrik
  8. Fotokopi SPT PBB, apabila kepemilikan rumah sendiri atau hibah
  9. Lampiran 3 dapat diunduh pada sistem pendaftaran UKT, apabila kepemilikan rumah kontrak/lainnya
  10. Foto rumah nampak jelas dari luar secara keseluruhan dan ruang bagian dalam rumah (ruang tamu, ruang keluarga, ruang tidur dan dapur)
  11. Fotokopi Surat Nikah, apabila biaya pendidikan ditanggung oleh orang tua lengkap
  12. Lampiran 2 dapat diunduh pada sistem pendaftaran UKT, apabila status orang tua sendiri karena perceraian atau kematian
  13. Fotokopi STNK kendaraan roda dua atau empat, apabila memiliki.
Baca juga:  Biaya Kuliah Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya - PPNS

2. Jalur UMPN

UKT mahasiswa jalur UMPN Politeknik Negeri Jakarta ditetapkan berdasarkan form daftar ulang yang diisi ketika melakukan registrasi. UKT jalur UMPN berlalu untuk semua kelompok, jadi pendaftar berpeluang berada pada level UKT I s/d VIII sesuai kondisi ekonomi.

Jika memiilih UKT kelompok I, II atau bidikmisi harus menyerahkan dokumen pendukung seperti di atas.

3. Biaya kuliah jalur Mandiri PNJ

Perbedaan antara penerimaan jalur UM-PNJ dengan jalur sebelumnya yakni calon mahasiswa hanya dapat memilih Uang Kuliah Tunggal (UKT) Kelompok V s.d. VIII. Biaya kuliha jalur mandiri PNJ tidak dibebankan uang pangkal atau uang gedung.

Kelas Kerjasama
Program Studi Kerjasama PNJ dengan MSU/AeU (nama progdi) PNJ juga bekerja sama perguruan tinggi lain seperti Management Science University (MSU) Malaysia yang telah menjalin kerja sama di bidang Pendidikan sejak tahun 2017 untuk menyelenggarakan program Double Degree. Mahasiswa yang terdaftar dalam program ini akan mempunyai dua kartu mahasiswa yang dikeluarkan oleh PNJ dan MSU.

Selain itu kerja sama juga dilakukan dengan beberapa perusahaan seperti PT GMF Aero Asia dan PT Badak NGL, para lulusan program kerjasama ini langsung diangkat menjadi karyawan.

 

Bagikan:
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *