Biaya Kuliah Politeknik Akamigas Cepu

Sejak tahun 2017 STEM Akamigas berubah menjadi Politeknik Energi dan Mineral Akamigas atau disingkat PEM Akamigas. Perubahan ini berdasarkan surat keputusan Direktur Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Kemenristek Nomor 2173/C.Ca/KL/2017 tanggal 11 Juli 2017 perihal rekomendasi perubahan bentuk Sekolah Tinggi Energi dan Mineral Akamigas menjadi Politeknik Energi dan Mineral Akamigas.

Selain itu Politeknik Akamigas statusnya menjadi Badan Layanan Umum (BLU) sehingga dapat memungut biaya kepada masyarakat sebagai imbalan atas barang/jasa layanan yang diberikan. Usulan tarif layanan akademik Politeknik Akamigas telah disetujui dengan dikeluarkannya PMK No 90/PML.05/2018 tentang Tarif Layanan BLU Politeknik Energi dan Mineral Akamaigas pada Kemeterian ESDM.

Terhadap mahasiswa tertentu dapat diberikan tarif sampai dengan 0% (nol persen) dari tarif uang kuliah dengan
asrama dan tarif uang kuliah tanpa asrama dengan memenuhi paling sedikit kriteria sebagai berikut:
a. mahasiswa teladan;
b. mahasiswa berprestasi nasional atau internasional;
c. mahasiswa dari keluarga miskin; dan/ atau
d. mahasiswa korban bencana.

Baca juga:  Biaya Sekolah Tinggi Manajemen Industri - STMI Jakarta

Di bandingkan dengan biaya kuliah sbealumnya, tarif biaya pendidikan tahun 2018 mengalami kenaikan. Pola tarif biaya pendidikan Politeknik Akamigas dibedakan berdasarkan sumber atau asal mahasiswa. Mahasiswa bersumber masyarakat umum membayar biaya kuliah lebih murah dibandingkan mahasiswa yang berasal dari kalangan industri. Perbedaan biaya juga diberikan kepada mahasiswa yang menggunakan fasilitas asrama tau tidak. Jika mahasiswa umum menggunakan asrama yang disediakan pihak kampus maka uang kuliah mencapai Rp 28.000.000 s/d Rp 38.000.000. Sedadngkan uang kuliah tanpa asrama ditetapkan sebesar Rp 17.000.000 s/d 22.600.000 untuk mahasiswa umum.

Biaya Kuliah Politeknik Akamigas 2018

Biaya Akamigas 2016

Biaya pendidikan di STEM Akamigas Cepu Kabupaten Blora ditetapkan sebesar Rp 27.000.000 per semester. Pembebanan biaya tersebut sudah berlaku sejak tahun 2013, dan sampai tahun akademik 2015 – 2016 belum berubah.

Biaya pendidikan dibayarkan penuh ketika calon mahasiswa melakukan registrasi daftar ulang. Apabila Calon Mahasiswa mengundurkan diri seluruh biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali. Komponen biaya pendidikan STEM Akamigas sebesar 27 Juta meliputi:

  1. Biaya Asrama (Board dan Lodging)
  2. Biaya Perkuliahan
  3. Biaya Praktik dan Praktikum
  4. Biaya perlengkapan kuliah
  5. Biaya Seragam Kuliah, Praktik dan Olahraga
  6. Biaya Pengobatan Ringan
Baca juga:  Biaya Kuliah Akademi Pariwisata Makassar

STEM Akamigas merupakan satu-satunya perguruan tinggi di bawah Kementerian ESDM. Tahun 2015 lalu Penerimaan Mahasiswa Baru Umum hanya dilaksanakan satu gelombang. Pendaftaran Mahasiswa Baru akan ditutup akan ditutup lebih awal apabila jumlah Calon Peserta telah mencapai 2000 pendaftar (Calon Peserta yang telah membayar Biaya Pendaftaran).

Biaya Kuliah Akamigas Cepu

Bagikan:
17 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *