Biaya Kuliah STP Bandung – NHI

Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (dahulu NHI) merupakan perguruan tinggi negeri dibawah naungan Kementerian Pariwisata, dikenal sebagai tempat pendidikan pariwisata terkemuka di Indonesia bahkan terbaik di Asia Tenggara. STP Bandung menjadi lembaga pendidikan tinggi pariwisata pertama di Asia Tenggara yang meraih Sertifikasi TedQual dari Organisasi Pariwisata Dunia (World Tourism Organization / WTO).

Terdapat 2 jalur penerimaan STP Bandung yakni:

  1. Seleksi Mandiri (SMMPTNP) STPB adalah pendaftaran dan seleksi yang dilaksanakan oleh Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung.
  2. Seleksi Bersama (SBMPTNP) adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Pariwisata Negeri yang berada di lingkungan Kementerian Pariwisata, yaitu pendaftaran dan seleksi yang dilakukan secara bersama dan terintegrasi antara STP NHI BandungSTP BaliPoltekpar MedanPoltekpar Makassar, Poltekpar Palembangdan Poltekpar Lombok.

Biaya kuliah STP Bandung tidak membedakan antara jalur mandiri dengan jalur seleksi bersama, namun ada perbedaan antara kelas PROGRAM AGUSTUS dan PROGRAM JANUARI.

Biaya kuliah per semester STP Bandung 2019

Baca juga:  Biaya Kuliah Sekolah Tinggi Pariwisata - STP Nusa Dua Bali

Keterangan:

  • Pembayaran per semester
  • D4 merupakan jenjang Sarjana Terapan

Perbedaan PROGRAM AGUSTUS DAN PROGRAM JANUARI

Program Agustus (dahulu Kelas A) dikenal sebagai kelas reguler artinya setelah diterima sebagai mahasiswa STP bisa langsung kuliah pada tahun ajaran baru (bulan Agustus). Sedangkan Program Janauri (dahulu kelas B atau kelas belt) perkuliahannya dimulai 6 bulan kemudian atau bulan Januari, untuk menunggu waktu perkuliahan tersebut (Agustus s/d Desember) mahasiswa diwajibkan mengikuti matrikulasi biasanya kursus bahasa terutama bahasa Inggris. Program Januari hanya diikuti jurusan HOSPITALITI dengan program studi:

  1. D3 – Manajemen Divisi Kamar (MDK)
  2. D3 – Manajemen Tata Hidang (MTH)
  3. D3 – Manajemen Tata Boga (MTB)
  4. D3 – Manajemen Patiseri (MPI)

Sistem ini berhubungan dengan Praktek Kerja Nyata (PKN) di STP Bandung yang berdurasi selama 6 bulan. Setiap mahasiswa tingkat akhir akan melakukan PKN di berbagai tempat industri pariwisata dan kegiatan ini dibatasi selama 6 bulan dan pada bulan ke-7 harus sudah kembali ke kampus. Biasanya tempat PKN tersebut sangat membutuhkan mahasiswa secara berkesinambungan. Sehingga tempat selanjutnya dapat diisi mahasiswa yang sedang PKN dari kelas belt.

Biaya Pendukung STP Bandung

Selain biaya perkuliahan yang dibayarkan setiap semester, mahasiswa baru STP bandung juga diwajibkan membayar biaya penunjang sebagai perlengkapan pendukung pembelajaran mahasiswa STP Bandung yang terdiri atas:

  • Seragam berupa Jas Almamater, seragam teori, Dasi/Scarf teori, Seragam Olahraga, Name tag, Pins STPB, KTM,Jaket Fieldtrip, seragam praktek, Jas Manager, Tumbler
  • Buku, diktat dan bahan perkuliahan
  • Asuransi
  • Senat
Baca juga:  Biaya Pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran - STIP Jakarta

Besaran biaya pendukung berbeda untuk program studi, Jurusan jurusan MDK (Manajemen Divisi Pasar) nominalnya paling tinggi mencapai Rp 10.150.000.

Biaya Pendukung Pembelajaran bagi Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung Program Diploma III, Diploma IV dan S2 Tahun Akademik 2019/2020 ditetapkan sebagai berikut:

Selain itu ada pembayaran untuk iuran Tahunan Ikatan Orang Tua Mahasiswa (IOM) sebesar Rp 800.000 bagi angkatan 2019/2020

Bagikan:
66 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *