Biaya Kuliah Unej Jalur Mandiri

Biaya kuliah jalur mandiri Universitas Jember ditetapkan dengan Keputusan Rektor sebagai dasar hukumnya. Biaya pendidikan mahasiswa baru Program Sarjana dan Program Diploma yang diterima melalui seleksi jalur mandiri yang terdiri atas Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI).

Besaran UKT mahasiswa baru yang diterima melalui seleksi jalur mandiri dibebankan setiap semester sampai dengan akhir masa studi.

Sedangkan SPI terbagi atas 3 (tiga) kelompok yang dapat dipilih pada saat melakukan pendaftaran. Jurusan Pendidikan Dokter manjadi program studi yang mempunyai besaran SPI paling tinggi yakni kelompok I Rp 200.000.000, kelompok II Rp 250.000.000 dan Kelompok III 300.000.000.

Baca Juga : UKT Universitas Jember

Baca juga:  Biaya Kuliah Undip dan Cara Pengajuan Keberatan UKT

Seleksi mandiri Unej dilakukan bersama dengan Perguruan Tinggi di Lingkungan Besuki Raya atau disebut SBMPTBR (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Se-Besuki Raya) melalui Ujian tertulis yang dilaksanakan serntak di Kabupatem/Kota WIlayah Besuki Raya yakni Jember, Banyuwangi, Situbondo, Lumajang dan Probolinggo.

Berbeda dengan tahun lalu, penentuan UKT jalur mandiri sudah langsung ditetapkan pada kelompok tertentu. Maka pada tahun ini UKT berdasarkan pada kemampuan ekonomi orang tua yang dibuktikan dengan data atau dokumen pendukung.

UKT Jalur Mandiri

SPI Jalur Mandiri – Unej

Dibandingkan tahun lalu ada kenaikan sebesar rata-rata Rp 2.500.000 per kelompok untuk setiap program studi

Bagikan:
5 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *