Biaya Kuliah Universitas Atma Jaya Yogyakarta 2019

Dibandingkan dengan tahun ajaran sebelumnya biaya kuliah Universitas Atmajaya Yogyakarta pada tahun 2019 mengalami kenaikan sebesar rata-rata 14%.

Peningkatan tertinggi biaya kuliah sampai 21% terjadi pada program Arsitektur, estimasi biaya kuliah program studi ini selama 8 semester pada tahun 2018 sebesar Rp 77 Juta maka tahun 2019 naik menjadi Rp 92,9 Juta. Untuk program studi lainnya persentase kenaikan berkisar antara 13 s/d 15%.

Biaya Kuliah UAJY 2 tahun terakhir

Perkiraan biaya kuliah TA 2019/2020

Keterangan:

  • Sumbangan Pengembangan Universitas (SPU)
  • Biaya diatas dalam satuan rupiah dan belum diperhitungkan dengan biaya : KKL/PKL (Kuliah / Praktik Kerja Lapangan), KKN (Kuliah Kerja Nyata), penelitian untuk penyusunan skripsi, wisuda dan International Exposure Program (khusus untuk kelas internasional Fakultas Ekonomi).

TA 2018/2019


Biaya Kuliah Atma Jaya

Keterangan

  1. SPP Tetap dan SPP Variabel dibayarkan tiap semester dan tidak akan naik selama masa studi (maksimal 5 tahun).
  2. Biaya Kemahasiswaan meliputi pembuatan jaket almamater, tas punggung kuliah, inisiasi (orientasi kampus), pembinaan rohani, akses internet, pembuatan kartu mahasiswa dan subsidi pelatihan bahasa asing.
  3. Buku akan dipergunakan untuk semester I dan II, serta semester berikutnya sesuai dengan program studinya.
    Untuk Program Studi Teknik Industri : pengadaan materi kuliah dan sertifikat dari courseware DELCAM,SAP, Desain produk berbasis CAD/CAM, Adaptive Manufacturing Produk. Pada akhirnya mahasiswa Prodi Teknik Industri akan memperoleh empat macam sertifikat Skill / completion.                                                                                                             Untuk Program Studi Teknik Informatika : pengadaan materi kuliah dan sertifikat dari courseware CISCO (CCNA-1), ORACLE dan SAP.
    Untuk Fakultas Ekonomi buku dalam bentuk ebooks untuk mata kuliah pengantar Akuntansi, Matematika, Pengantar Bisnis, Pengantar Aplikasi Komputer, Pengantar Ekonomi serta sebuah Ipad Mini.
  4. Pengurangan SPU :
    1. Calon Mahasiswa yang diterima dapat memperoleh pengurangan SPU dengan ketentuan sbb :
      • Bagi Calon Mahasiswa yang diterima melalui Program PMB Unggulan – berdasarkan prestasi akademik (Jalur Ranking, Raport dan UAN) akan mendapat pengurangan SPU sesuai jalur penerimaan – Rp 2.000.000,00 (dua juta rupiah) untuk Jalur Ranking dan Rp 1.000.000,00 (satu juta rupiah) untuk Jalur Raport dan UAN, ditambah pengurangan SPU jika mempunyai prestasi non akademik sbb :
        – Rp 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah) – tingkat lokal
        – Rp 1.000.000,00 (satu juta rupiah) – tingkat nasional
        – Rp 1.500.000,00 (satu juta lima ratus ribu rupiah) – tingkat internacional
        Prestasi non akademik yang dapat diakui adalah bidang-bidang (olah raga, kesenian, dll) yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di UAJY.
      • Khusus bagi Calon Mahasiswa yang diterima melalui Program PMB Unggulan – berdasarkan prestasi non akademik tidak akan mendapat pengurangan SPU kecuali jika mempunyai prestasi non akademik tingkat internasional, maka akan mendapat pengurangan SPU Rp 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah); atau jika Calon Mahasiswa dapat memperoleh rekomendasi dari Wakil Rektor III UAJY, maka SPU dapat dikurangi s.d. 25%.
      • Bagi Calon Mahasiswa yang mempunyai Saudara Kandung/ Orang Tua alumni atau masih kuliah di UAJY mendapat pengurangan SPU sebesar Rp 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah), dan tidak berlaku untuk kelipatan jumlah alumni/ mahasiswa.
    2. Syarat pengajuan pengurangan :
      • Prestasi non akademik : foto kopi bukti piagam/ sertifikat atau surat keterangan resmi dari penyelenggara
      • Keluarga :
        1. Foto kopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)/ ijazah
        2. Foto kopi Kartu Keluarga (C1). Jika C1 sudah sudah berbeda, maka harus diberi keterangan dari pejabat terkait yang menginformasikan adanya hubungan keluarga.
      • Pengajuan pengurangan SPU dapat dilakukan bersamaan dengan pengumpulan formulir pendaftaran atau setelah dinyatakan terima sebagai Calon Mahasiswa Mahasiswa; maksimal waktu pengajuan adalah pada tahun akademik yang sama pada saat pendaftaran.
    3. Pembayaran biaya studi dapat diangsur sesuai jadwal yang telah ditentukan; namun bagi Calon Mahasiswa yang membayar biaya studi secara LUNAS akan mendapat potongan sebesar Rp 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah) yang dapat dipotongkan langsung pada saat membayar/ transfer.
    4. Pengurangan SPU (karena mempunyai prestasi akademik dan atau non akademik) serta potongan LUNAS berlaku bagi semua Calon Mahasiswa, kecuali bagi calon mahaiswa yang diterima melalui Program PMB PSSB-Khusus/ Beasiswa serta anak pegawai (dosen dan karyawan) UAJY.
Baca juga:  Biaya Pendidikan UII 2019/2020

Bagikan:
7 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *