Biaya Kuliah Universitas Mulawarman – Unmul Samarinda Th 2019

Biaya pendidikan di Universitas Mulawarman menganut sistem uang kuliah tunggal (UKT) dengan pembayaran per semester berdasarkan penghasilan orang tua atau wali mahasiswa.

Uang Kuliah Tunggal (UKT) merupakan sebagian Biaya Kuliah Tunggal (BKT) yang ditanggungkan kepada setiap mahasiswa berdasarkan kemampuan ekonominya dan sebagian lagi ditanggung pemerintah. Dengan kata lain UKT = BKT – subsidi pemerintah (BOPTN).

UKT Unmul Samarinda diklasifikasikan menjadi 5 kelompok dengan Jurusan Pendidikan Dokter Umum dan Farmasi besarannya menempati urutan tertinggi.  Jurusan Kedokteran pada kelompok III sebesar Rp 10 Juta, Kelompok IV Rp 13 Juta dan Kelompok V mencapai Rp 15 juta per semester. Sedangkan jurusan Farmasi biaya per semesternya sedikit dibawah jurusan kedokteran dengan besaran pada kelompok III, IV dan V masing-masing Rp 8 Juta, 10 Juta dan 12 Juta.

Baca juga:  Biaya Kuliah Universitas Negeri Malang 2019

Penentuan kelompok UKT ini berdasarkan verifikasi atas data yang diisikan calon mahasiswa.baru dalam form online http://ukt.unmul.ac.id//. Data-data yang harus dipersiapkan mahasiswa baru untuk mengisi form tersebut sebagai berikut:

  1. Profil Orang Tua/Wali, data yang harus diisi adalah Nama, Alamat, Nomor Kontak, Pekerjaan Ayah/Ibu/Wali, Penghasilan Ayah/Ibu/Wali,
  2. Profil Tempat Tinggal Keluarga seperti Kepemilikan, Tahun Perolehan Kepemilikan, Sumber Listrik, Luas Tanah, Luas Bangunan, MCK dan Jumlah Penghuni
  3. Pengeluaran Rutin seperti Cicilan rumah, Rekening listrik, PAM, Internet, Telepon, pulsa, SPP Sekolah (semuanya perbulan), Biaya bimbingan, pajak kendaraan dan Pajak Bumi Bangunan (PBB).

 UKT Universitas Mulawarman TA 2019/2020

Biaya Kuliah Unmul Jalur Mandiri

Berbeda dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN, di mana mahasiswa dari jalur tersebut mempunyai kesempatan untuk ditetapkan UKT pada semua Kelompok – VII, maka UKT mahasiwa baru jalur mandiri atau SMMPTN (Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri) ditetapkan minimal pada kelompok IV. Hal ini berlaku untuk program S1 atau Sarjana, namun untuk program DIII seperti jurusan Pertambangan dan Farmasi penentuan UKT berdasarkan komdisi ekonomi keluarga. Sehingga program mahasiswaDIII bisa saja ditetapkan UKT pada Kelompok I s.d VII.

Baca juga:  Biaya Kuliah UKT Universitas Jambi

DAFTAR UKT JALUR MANDIRI UNMUL 2019

 

Bagikan:
4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *