Biaya Kuliah Universitas Negeri Surabaya – Unesa 2019

Kebijakan penentuan biaya kuliah suatu perguruan tinggi terkadang berbeda setiap tahunnya khususnya untuk biaya kuliah jalur mandiri.

Namun khusus mahasiswa jalur SNMPTN dan SBMPTN pemerintah sudah menggarisbawahi bahawa sistem biaya kuliah menggunakan UKT (Uang Kuliah Tunggal). Mahasiswa tidak dibebani biaya lagi selain UKT yang dibayarkan setiap semester.

Prinsipnya UKT terbagi menja beberapa kelompok berdasarkan kemampuan ekonomi mahasiswa, orang tua atau pihak yang membiayai. Penentuan kelompok mengacu pada data atau dokumen pendukung yang yang harus di isi atau diupload ketika melakukan registrasi ulang. Ada sanksi bagi mereka yang memalsukan data atau dokumen pendukung.

Dokumen yang harus dipersiapkan calon mahasiwa yang sudah dinyatakan lulus antara lain:

  • Kartu Keluarga;
  • Bukti pekerjaan dan penghasilan orang tua yang terbaru (Bapak dan Ibu bila keduanya bekerja atau salah satu bila hanya satu orang yang bekerja) yang disahkan oleh Instansi tempat bekerja/Surat Keterangan dari Kepala Desa/Lurah;
  • Bukti tagihan/Pembayaran Listrik (3 bulan terakhir);
  • Bukti tagihan/pembayaran PBB (3 tahun terakhir) untuk rumah yang ditempati;
  • Daftar tanggungan orang tua yang masih sekolah (Surat Keterangan masih sekolah);
  • Bukti tagihan/pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) baik mobil maupun sepeda motor yang dimiliki.
Baca juga:  Biaya Kuliah Sekolah Tinggi Multi Media MMTC Yogyakarta

UKT Universitas Negeri Surabaya TA 2019/2020 tidak mengalami perubahan dibanding tahun 2018. UKT Unesa Surabaya dibagi menjadi 8 kelompok dengan besaran bervariasi tergantung program studi.

DAFTAR UKT UNESA 2019

ukt unesa 2016

ukt unesa 2015

ukt unesa 2015-2016

Keterangan:

  • UKT Kelompok I Rp 500.000
  • UKT Kelompok II Rp 1.000.000

Biaya kuliah jalur Mandiri Unesa

Berbeda dengan jalur SNMPTN dan SMBPTN, besaran UKT bagi mahasiswa yang diterima dari jalur mandiri ditentukan minimal pada kelompok V (lima). Jadi ada 4 kelompok UKT yang dibebankan pendaftar jalur mandiri yakni kelompok V, VI, VII dan VIII.

Dilihat dari brosur penerimaan mandiri Unesa, pada tahun 2019 ini calon mahasiswa hanya dibebankan UKT pada level yang sudah ditentukan. Tidak ada lagi pembebanan UKA (Uang Kuliah Awal) seperti tahun-tahun lalu.

Kebijakan ini tentunya meringankan beban bagi mahasiwa jalur mandiri, karena besaran UKA bisa mencapai puluhan juta, seperti daftar di bawah ini.

Baca juga:  Biaya Kuliah Universitas Sumatera Utara - USU

UKA Tahun 2014/2015

Persyaratan dan Mekanisme Pengajuan Penurunan UKT Unesa Surabaya

Mahasiswa yang sudah tercatat di Universitas Negeri Surabaya dapat mengajukan penurunan UKT. Usulan Penurunan UKT diperuntukkan bagi mahasiwa baru SNMPTN dan SBMPTN dan hanya diberikan kesempatan 2 kali pada tahun pertama perkuliahan.

Usulan tersebut harus dilengkapi dengan bukti/dokumen tambahan yang sah dan benar diluar dokumen yang sudah pernah diunggah di SIMREG pada saat registrasi mahasiswa baru yang belum pernah diupload.

Mahasiswa mengajukan surat permohonan yang ditujukan kepada Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Universitas Negeri Surabaya. Surat tersebut harus diketahui oleh:

a. Orangtua;
b. Dosen Penasehat Akademik (DPA);
c. Ketua Jurusan;
d. Dekan;

Dokumen tambahan dapat berupa:

a. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Desa/Kelurahan setempat;
b. Surat Keterangan Tidak Menggunakan Layanan Listrik (berbagi pakai), PDAM, dan Telepon Rumah;
c. Surat Keterangan Hutang;
d. Surat Keterangan Meninggal/PHK/Cerai/Pensiun Orangtua;

Bagikan:
39 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *