Biaya Kuliah Universitas Sulawesi Barat – Unsulbar

Status negeri Unversitas Sulwesi Barat diperoleh pada tahun 2013 tepatnya sejak dikeluarkan PP Nomor 36 Tahun 2013 tanggal 15 Mei 2013 tentang Pendirian Unversitas Sulwesi Barat.  Dengan Peraturan Presiden ini didirikan Universitas Sulawesi Barat sebagai perguruan tinggi negeri di lingkungan Kementerian Ristek dan DIKTI.

Biaya kuliah Unversitas Sulwesi Barat (Unsulbar) tahun 2015 khusus jalur SBMPTN ditetapkan untuk jurusan Saintek sebesar Rp 1.200.000 dan jurusan Soshum Rp 1.000.000 per semester. Angka tersebut relatif murah jika dibandingkan dengan biaya sebenarnya yang harus ditanggung tiap program studi atau Biaya Kuliah Tunggal (BKT).

BKT masing-masing prodi di Unsulbar 6,8 juta s/d 17 juta, tertinggi untuk jurusan keperawatan. UKT yang rendah ini menandakan bahwa biaya operasional kepada perguruan tinggi negeri (BOPTN) yang diberikan pemerintah kepada Universitas Sulawesi Barat termasuk tinggi. Imbasnya dengan pemberian subsidi yang besar UKT yang ditanggung mahasiswa semakin mengecil.

Baca juga:  Biaya Kuliah Politeknik Negeri Madiun 2018

UKT Universitas Sulawesi Barat

UKT Universitas Sulawesi Barat

 

Bagikan:
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *