Biaya Kuliah Universitas Terbuka – UT

Sebagai instansi yang menerapkan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum, tarif layanan Universitas Terbuka (UT) harus ditetapkan oleh Menteri Keuangan atas usulan menteri/pimpinan lembaga.

Kementerian Keuangan pada tanggal 16 Juni 2014 telah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan No 114/PMK.05/2014 tentang Tarif layanan Badan Layanan Umum Universitas Terbuka pada Kemendikbud sebagai dasar penentuan tarif layanan termasuk biaya pendidikan selama kuliah di Universitas Terbuka.

Tarif layanan di Universitas Terbuka – UT terdiri atas:
a.Tarif Uang Kuliah Tunggal (UKT) Program Diploma dan Sarjana;
b.Tarif Layanan Pendidikan Program Diploma dan Sarjana;
c.Tarif Layanan Pendidikan Program Pasca Sarjana;
d.Tarif Layanan Akademik Lainnya; dan
e.Tarif Penggunaan Sarana dan Prasarana.

Biaya pendidikan adalah biaya yang dikenakan kepada mahasiswa untuk penyelenggaraan dan pembinaan pendidikan serta layanan administrasi akademik. Biaya pendidikan terdiri dari uang kuliah dan biaya lainnya yang meliputi biaya penggantian kartu mahasiswa, biaya Tutorial Tatap Muka Atas Permintaan Mahasiswa (TTM Atpem), dan biaya ujian online

Baca juga:  Biaya Kuliah STP Bandung - NHI

Tarif Uang Kuliah Tunggal (UKT) Program Diploma dan Sarjana Badan Layanan Umum Universitas Terbuka mengikuti ketentuan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang mengatur mengenai biaya kuliah tunggal dan uang kuliah tunggal pada perguruan tinggi negeri di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yakni Permendikbud No 55 Tahun 2013.

Dalam permendikbud tersebut UKT dikelompokkan menjadi 5 bagian berdasarkan kemampuan ekonomi, namun biaya yang dibebankan kepada mahasiswa pada level tertinggi atau kelompok V dengan biaya per semester paling besar Rp 2.400.000 per semester, seperti ditunjukkan tabel dibawah ini:

Perlu diketahui sistem UKT diterapkan pada mahasiswa yang mengambil Sistem Paket Semester (SIPAS) Tutorial Tatap Muka (TTM), sedangkan sistem SIPAS NON TTM dikenakan biaya dalam lampiran berdasarkan PMK No 114/PMK.05/2014.

Berikut biaya pendidikan Universitas Terbuka

Biaya Kuliah:

Keterangan:
1) Jumlah peserta SIPAS Plus, Penuh, dan Semi minimal 25 mahasiswa per kelas.
2) SIPAS Plus hanya ditawarkan untuk mahasiswa Bidikmisi.
3) SIPAS Penuh hanya ditawarkan untuk mahasiswa program kerja sama.
4) Khusus bagi mahasiswa PWKL sebelum masa registrasi 2012.2, setelah masa registrasi 2012.2 program PWKL hanya ditawarkan dengan SIPAS Non TTM.
5) Jumlah peserta TTM Atpem minimal 20 mahasiswa per kelas.
6) Meliputi biaya untuk OSMB, layanan administrasi akademik, bahan ajar, Tutorial Tatap Muka, Tutorial Online dan Ujian Akhir Semester.

Baca juga:  Biaya Kuliah Universitas Negeri Papua - UNIPA
Bagikan:
10 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *