Biaya Pendidikan Politeknik Pelayaran Surabaya

Biaya kuliah Program Pembentukan pada Politeknik Pelayaran – Poltekpel Surabaya mulai TA 2016 – 2017 mengalami perubahan dengan diterbitkannya PMK No 58 /PMK.05/2016 tanggal 8 April 2016. Penyesuaian ini mengakibatkan naikanya biaya kuliah per semester untuk semua jurusan (Nautika, Teknika dan Elektro).

Terhadap taruna tertentu dapat diberikan tarif layanan sampai dengan sebesar 0% (nol persen) dari Tarif Program Pembentukan antara lain terdiri atas:

  1. Taruna berprestasi.
  2. Taruna yang berasal dari wilayah Indonesia bagian Timur; dan/atau
  3. Taruna yang berasal dari daerah lain di wilayah Indonesia yang tertinggal.

Ketentuan lebih lanjut tentang keringanan biaya kuliah diatur dengan SK Direktur BLU Poltekpel Surabaya

Berikut biaya kuliah Politeknik Pelayaran Surabaya mulai TA 2016

Biaya Kuliah Politeknik Pelayaran Surabaya

Biaya Kuliah Politeknik Pelayaran Surabaya 2016

[su_spoiler title=”Biaya Kuliah Tahun 2015″ icon=”plus-square-1″]

Proses penerimaan SIPENCATAR (Seleksi Penerimaan Calon Taruna) Politeknik Pelayaran Surabaya meliputi 2 tahap yakni Tahap I bermaterikan Tes Potensi Akademik dan akan dilanjutkan Tahap II bagi yang lalus Tahap II dengan materi psikotes, tes keshatan, kesamaptaan dan wawancara. Biaya pendaftaran ditentukan sebesar Rp 150.000. Program studi atau jurusan yang dibuka ada 3 macam: Nautika, Teknika dan Elektro Pelayaran

Baca juga:  Biaya Kuliah Kerja Sama PLN

Seleksi tahap II pada TA 2015-2016 ini calon taruna harus membayar biaya seleksi sebesar Rp 2.085.000 yang digunakan untuk pelaksanaan proses seleksi. Namun bagi yang dinyatakan tidak lulus Psikotest biaya pendaftaran dikembalikan sebesar Rp 1.323.000 dengan menunjukkan bukti Kartu Peserta asli dan slip setoran biaya tahap II.

Biaya pendidikan sebagai taruna di Politeknik Pelayaran Surabaya berbeda tiap semester. Setiap semester pihak kampus akan mengirimkan surat ke orang tua atau wali murid besaran atau jumlah biaya daftar ulang semester tersebut. Pembayaran melalui rekening masing-masing dan akan di auto debet ke rekening kampus.

Biaya daftar ulang Poltekpel Surabaya

Biaya Pendidikan Politeknik Pelayaran Surabaya

Program D III dan DP-III

Setiap tahun Politeknik Pelayaran Surabaya membuka penerimaan calon taruna baru Program Diploma III dan Program Diklat Pelaut (DP-III). Jika dilihat pada pengumuman pendaftaran SIPENCATAR, perbedaannya terletak pada jangka waktu diklat. Program D III waktu pendidikannya selama 3 tahun (2 tahun di kampus dan 1 tahu di kapal) sedangkan Program DP-III diklat akan berlangsung selama 2,5 tahun (1,5 tahun di kampus dan 1 tahun di kapal). Sertifikat kompetensi dan sertifikat DKKP tidak berbeda, selain itu peserta diklat diasramakan semua.

Baca juga:  Biaya Kuliah Politeknik Indramayu - POLINDRA

Mengenai biaya daftar ulang Semester I TA 2015-2016 ada perbedaan antara program D III dan DP-III dimana calon taruna yang diterima di Program D III dibebankan biaya daftar ulang sebesar Rp 14.770.000, satunya program DP-III dikenakan biaya daftar ulang Semester I Rp 7.498.000.

Saat memasuki asrama atau masa diklat, Calon taruna program DIII diwajibkan membawa daftar perlengkapan seperti baju seragam, alat tulis, perlengkapan sehari-hari senilai Rp 3.880.000 yang dapat dibeli di koperasi. [/su_spoiler]

Bagikan:
19 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *