UKT UPN Yogyakarta

Biaya kuliah UPN Yogyakarta sudah mengikuti sistem UKT sebagai konsekuensi berubahnya status Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Prinsipnya biaya yang ditanggung oleh mahasiswa harus disesuaikan dengan kemampuan ekonomi mahasiswa, orang tua mahasiswa, atau pihak lain yang membiayainya.

Penetapan uang kuliah tunggal (UKT) UPN berdasarkan Permen Riset dan Dikti No. 22 tahun 2015 tentang Biaya Kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementerian Riset dan Dikti. BKT adalah keseluruhan biaya operasional mahasiswa per semester pada program studi di PTN, sedangkan UKT merupakan sebagian BKT yang ditanggung setiap mahasiswa berdasarkan kemampuan ekonominya.

Agar tidak menimbulkan pertanyaan lagi (khususnya bagi yang baru lulus SMU) biaya yang dibebankan kepada mahasiswa baru hanya UKT yang dibayarkan per semester.

Baca juga:  Biaya Pendidikan Politeknik Negeri - Polines Semarang

Berdasarkan pengalaman sebelumnya ada dua hal pokok yang berkaitan dengan praktek penerapan UKT, yakni:
1. Kriteria kemampuan ekonomi
2. Banding terhadap penetapan UKT

Sesuai ketentuan penetapan kriteria dan prosedur banding atau keringanan UKT merupakan kewenangan Pemimpin PTN, seyogyanya Rektor mempersiapkan perangkat aturan yang jelas sebagai pedoman bagi semua civitas termasuk orang tua mahasiswa.

UKT UPN Yogyakarta sendiri ditetapkan menjadi 5 kelompok dengan besaran bervariasi tergantung program studi. UKT Kelompok I dan II mempunyai jumlah yang sama Rp 500.000 dan Rp 1.000.000. Peraturan Menteri Riset dan Dikti mengatur UKT kelompok I diterapkan kepada paling sedikit 5% (lima persen) dari jumlah mahasiswa yang diterima di setiap Program Studi pada setiap PTN. Aturan yang sama juga berlaku untuk UKT Kelompok II.

Baca juga:  Biaya Kuliah Universitas Negeri Gorontalo - UNG

[lbdesign_button link=”” type=”default” custom_class=”” size=”default” style=”block”]UKT 2016[/lbdesign_button]

UKT UPN Veteran Yogyakarta terbaru di atas berlaku bagi mahasiswaa mulai angkatan 2016. Jadi selama belum ada perubahan terhadap Permenristekdikti No 39 Tahun 2016 UKT ini juga berlaku untuk angkatan 2017.

[lbdesign_button link=”” type=”default” custom_class=”” size=”default” style=”block”]Uang Kuliah Tunggal UPN Yogyakarta TA 2015 – 2016[/lbdesign_button]

UKT UPN Yogyakarta

Bagikan:
138 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *