Biaya Kuliah Universitas Riau – UNRI

Biaya kuliah Universitas Riau (Unri) ditetapkan berdasarkan surat Rektor Universitas Riau N0.2715/UN/19/TU/2013 tanggal 20 Mei tentang penetapan tarif uang kuliah tunggal.

Dengan sistem ini, mahasiswa tidak akan lagi pungutan selama menempuh pendidikan kuliah di Universitas Riau. Secara sederhana UKT merupakan perhitungan seluruh biaya kuliah selama empat tahun. Dimana biaya kuliah selama empat tahun itu dibagi delapan sesuai semester dan hasil pembagian itu dibayar tiap semesternya.

Sehingga ketika kuliah mahasiswa tidak lagi dipungut biaya-biaya lain, biaya Kuliah Kerja Nyata, Praktek Pengalaman Lapangan dan biaya-biaya lain yang biasanya harus dibayar mahasiswa ketika kuliah, karena telah dibayar diawal semester.

(Baca: Biaya Kuliah S2 dan S3 UNRI)

Daftar UKT Universitas Riau
Batasan UKT
UKT Universitas Riau Tahun Akademik 2014 – 201

Penentuan Uang Kuliah Tunggal yang dibebankan kepada mahasiswa Universitas Riau ditentukan berdasarkan parameter:

  1. Seluruh pendapatan kotor per bulan dari kedua orang tua/wali,
  2. Jenis pekerjaan orang tua/wali baik yang bekerja di sektor formal maupun informal,
  3. Jumlah keluarga yang ditanggung berdasarkan Kartu Keluarga,
  4. Biaya-biaya beban yang harus ditanggung seperti tagihan listrik, pemakaian pulsa telepon dan atau telepon genggam, air bersih, Pajak Bumi dan Bangunan, kepemilikan kendaraan bermotor roda dua maupun empat,
  5. Status miskin (bukan status tidak mampu)

Data dukung biodata yang harus di serahkan untuk penentuan kelompok UKT sebagai berikut :

  1. Surat pernyataan orang tua/wali tentang kebenaran data dan kesanggupan menerima keputusan. (Dokumen yg dicetak setelah pengisian biodata).
  2. Fotokopi Slip gaji/Amprah gaji orang tua (ayah dan ibu, atau wali) yang bekerja di sektor formal, atau surat keterangan penghasilan total dari RT/RW yang diketahui lurah/kepala desa , tetangga setempat dan kepala sekolah asal SMTA bagi yang bekerja di sektor non formal.
  3. Foto Rumah Tampak Depan dan ruang dalam.
  4. Fotokopi bukti bayar Tagihan PBB di tahun 2012 dan 2013 ( jika ada).
  5. Fotokopi bukti bayar tagihan Listrik (surat keterangan dari pln/rt/rw ) (jika ada).
  6. Fotokopi bukti bayar Tagihan Telepon dan atau pemakaian pulsa Handphone (HP) dalam satu bulan penuh di bulan April, Mei dan Juni 2014 (Jika ada).
  7. Fotokopi bukti bayar Tagihan Pemakaian Air di bulan April, Mei dan Juni 2014 (jika ada).
  8. Fotokopi bukti bayar Tagihan PKB Mobil serta cicilan kendaraan bermotor roda empat di tahun 2014 (jika ada).
  9. Fotokopi bukti bayar Tagihan PKB Motor serta cicilan kendaraan bermotor roda dua di tahun 2014 (jika ada).
  10. Fotokopi Surat Jamkesda, Jamkesmas, BPJS atau yang sejenisnya (jika ada).
  11. Surat Keterangan Miskin dari aparat pemerintah (jika ada) Jika alasan kemiskinan, maka yang harus disertakan adalah Surat Miskin bukan Surat Keterangan Tidak Mampu. Surat Miskin harus ditandatangani oleh pengurus R.T./R.W. dan Kepala Sekolah SMA/SMK asal mahasiswa .
  12. Surat pernyataan bukan perokok aktif yang di tanda tangani oleh calon mahasiswa dan diketahui oleh orang tua.
Daftar UKT UNRI 2014 – 2015
(klik untuk memperjelas)

Catatan :

  • Khusus Untuk Mahasiswa Jalur Transfer dari D3 – S1 Kelompok UKT ditetapkan Pada UKT 5.
  • Khusus Untuk Mahasiswa Jalur Seleksi Khusus/Bina Lingkungan dan Kerja sama Kelompok UKT ditetapkan Pada UKT 6.

Batasan UKT

UKT Universitas Riau TA 2015 – 2016

UKT Universitas Riau UKT riau 2 ukt3 ukt4

Biaya Kuliah Lainnya:

Comments

  1. says

    anak saya pengin masuk kedokteran jalus smptn dan bpud tidak masuk , melalui jalur mandiri brp biaya yang dikeluarkan,gambaran ekonomi saya hanya menengah kebawah

    • Admin says

      Ibu Mayarlis

      Biaya kuliah atau biaya pendidikan suatu Universitas besarannya hrs mengacu pada peraturan yg berlaku yakni UKT dan tarif yang ditetapkan dg keputusan menteri keuangan bagi universitas berbentuk BLU.

      UNRI termasuk BLU dan tarif biaya kuliah diatur dlm PMK 47/PMK.05/2015, dlm PMK tsb tdk ada tarif kuliah S1 kedokteran. Berarti UNRI memakai UKT sebagai beasran biaya kuliah.

      Yang perlu dilakukan sekarang konfirmasi ke UNRI apakah ada jalur mandiri utk S1 Kedokteran, karena setahu admin jalur mandiri hanya utk S2, DIII dan kelas transfer

  2. ade tama says

    sore pak .
    pak , kalok masuk dari jalur mandiri , dapat ukt ke berapa , ilmu manajemen, terima kasih pak .

  3. Diorsa yamagi says

    Permisi Pak mau nanya. Saya lulus sbmptn tahun 2015 di unri jurusan pariwisata. Jadi setelah membaca syarat daftar ulangnya, ada beberapa point yg tdk saya pahami pak. Yang pertama tentang fotocopy pemakaian telfon rumah/pulsa handphone, saya nggak memakai telfon rumah pak,jadi saya hrus gimana pak? Apakah saya harus mengkalkulasikan berapa pengeluaran utk pulsa seluruh anggota keluarga saya dari bulan feb-juni 2015? Kalo iya,,formatnya gimana ya pak? Terus point teralhir tntang fotocopy angsuran kendaraan bermotor tahun 2014. Saya gak punya angsuran motor tahun 2014 pak,yg saya punya angsuran motor tahun 2015 tepatnya dari bulan april 2015 (baru ngambil). Apakah itu bisa dilampirkan kedalam file uktvatau tidak pak ? Soalnya kan itu angsuran tahun 2015 bukan 2015. Terimakasih sebelumnya pak,maaf agak berantakan tulisan nya hehe.

  4. Faisal Ali says

    pak,, saya mau tanya
    saya baru mau masuk unri melewati jalur mandiri,, dan saya mendapat UKT kelompok V
    Apakah UKT yg tertera d website itu sudah d potong 40% dari pernyataan di bawah atau belum
    saya jadi bingung,, penghasilan orang tua saya hanya berkisar 3 JT,, tpi kenapa per semester nya dibebankan 4,5 Jt sekian
    Mohon penjelasan bapak,, atas perhatiaan nya saya ucapkan terimakasih

    saya lihat d website nya unri ada pernyataan seperti ini
    “Jika diamati dengan seksama, meskipun seorang mahasiswa membayar UKT pada kelompok V, maka di Universitas Riau mahasiswa tersebut sesungguhnya hanya membayar 40% dari Biaya Kuliah Tunggal. Hal ini berarti bahwa 60% dari biaya kuliahnya masih ditanggung oleh negara.”

  5. KHAIRUL FIKRI says

    pak…
    bagai mna cara untuk trasfer kuliad D3 ke S1 untuk jurusan penjaskes?
    saya alumni tahun 2009 FKIP Penjaskes

  6. Farida Suwinda says

    Pak anak sya uda semester 2 .mau ke semester 3.tpi pas jatuh tempo pembayaran uang semester.sya pas lagi ak ada uang..jdi ank sya pengen aja mau kuliah..tpi uda telat pembayaran nya. Gi mna cra nya pak..maklum pak ank saya msuk tanpa tes kemarin. Ada jalan biar anak sya bisa kuliah pak?

  7. Farida Suwinda says

    Pak admin yg terhormat.. ada kah cara penangguhan bayaran uang kuliah pak.karna saat ini uda jatuh tempo.tpi kmi belum bisa bayar..tpi anak sya masih berharap bnyak supaya bosa kuliah.. kami hanya orng petani pak..tolong jawaban nya pak admin yg terhormat.mksih pak .

    • Admin says

      Agak susah juga kalau sdh jatuh tempo krn sdh dianggap mengundurkan diri. Satu2nya jalan hubngi kembali pihak universitas apakah masih ada toleransi, jika tidak ada respon coba kirimkan surat ke Ditjen Dikti.

  8. yulia says

    pak.. saya mau tanya.. saya mau ambil profesi keperawatan di UNRI.. ttpi sya bkan alumni unri.. sy lulusan s1 kprwan prgruan tnggi swasta.. kira2 brpa uang msuk pndftran dan uang smeste.a pak?
    terima kasih

  9. erna says

    Assalamualaikum ,,pak,saya mau nanya,saya smk alumni tahun 2013,saya mau daftar di unri tahun 2016 ini,jadi klau mw daftar lewat jalur apa pak yg ssuai,,

  10. riska safitri says

    Pak mau nanya, saya mau masuk unri tapi saya gak mampu, saya mau masuk jalur smnptn. Biar dapat ukt yg kelompok 1 syaratnya apa aja pak & maksimal pendapat ortu berapa?

  11. says

    Universitas Riau semakin Jaya Dan semakin dikenal masyarakat Indonesia terlebih di wilayah Riau ,banyak program studinya yg sejalan dengan perkembangan pasar tenaga kerja terutama kaasan berikat Batam saya kira Prodi yg berkaitan dengan industri semakin digalakkan Dan ekspansi secara cepat, Universitas Riau adalah solusi bagi kemajuan wilayah Riu Dan sekitarnya trims lho Pak.

  12. Priska maria says

    Permisi pak…. Saya mau nanyak,gimana caranya masuk ke UNRI jurusan kedokteran dengan cara SNMPTN/SBMPTN/JALUR MANDIRI,namun saya termasuk anak yg kurang mampu,ada tidak solusi atau keringan untu membayar uang sekolahnya…?

  13. Rona says

    Assalamuallaikum pak,saya mahasiswa tahun 2015 jrusan management.orang tua saya berpenghasilan 1 jt dan yg ditanggung ada 7 org pak.tpi knpa saya ditemptkan pada ukt 4 pak?saya merasa itu tdak sesuai dg kemmpuan org tua saya.saat melkukan revisi justru syarat yg dittpkan sedikit berbelit-belit.jd mohon pak toleransi dr phak kmpus.kami org susah jga pengen kuliah,jgn kubur mimpi kmi dgan ukt tinggi

  14. REVINA SRI UTAMI says

    assalamualaikum
    Maaf, saya sudah berulang kali search tentang biaya kuliah S2 pendidikan biologi. tpi tidak ada informasi tentang itu di web UR. Bisa saya dapat Info dari sini / kirim ke email.
    Terima kasih.

  15. m.marhan kurnia says

    ass..
    maaf,sayasudah chekintentang inifobiaya kuliah,, kira kira berapa uang pangkalatau uang masuk di unri dalam jurusan perikanan ya pak??

  16. zuraifa nadila says

    assalamualaikum

    pak saya tamatan SMA tahun 2016 ini
    jika tidak lulus snmptn/ sbmptn apa bisa lewat jalur mandiri untuk program s1 pak ?? mungkin saya bisa dapatkan jawabannya dari sini
    saya kurang paham pak

    terimakasih jika sudah mau menjawab

    • Admin says

      Bisa sekali, jalur mandiri memang dikhususkan bagi yang tidak lulus SNPTN atau SBMPTN.
      Kuota jalur mandiri 30% dari keseluruhan daya tampung

      • Tin says

        tdk semua jrusan yg bs dimasuki lewat UM ya pak? Pdhl saya ingin meneruskan jrusan saya dlu arsitektur 🙁

  17. sahbani says

    Pak saya mau masuk guru olahraga/jasmani dari jalur umum apa aja sih persaratan nya pak dan kapan tutup pendaftaran nya ??? Terima kasih

  18. Harun Al-Rasyid says

    Assalamu’alaikum.. Yth Admin

    Saya orang tua Calon Mahasiswa ingin mendaftarkan anak di Jurusan S1 Manajemen melalui jalur mandiri, tolong informasinya Pak…Terimakasih.
    (ma’af ya Pak melalui SNPTN atau SBMPTN kurang yakin karena dengan nilai Pas2 an sewaktu di SMU nya)

  19. anggi says

    maaf, numpang tanya….kalau anak PNS itu uang kuliah nya brapa ya dan msuk klp brapa tu, trus ngurus BEASISWA bisa gk tuh

    • Admin says

      Tergantung hasil verifikasi atau keputusan pihak Universitas, perkiraan Kelompok III s/d V.
      Beasiswa berlaku untuk semua mahasiswa, agar lebih mudah prestasi selam kuliah harus diperhatikan juga

  20. yogi prayoga says

    apa saja persyaratan masuk jurusan ilmu kelautan dari jalur snmptn pak,,,mohon bntuan nya pak,,terimakasih

  21. tini says

    assalamualaikum,pak saya alumni 2014,apa masih bleh ikut UM unri?
    jika bleh,kira2 kpn UM unri dimulai pak? trims

    • Admin says

      Pendaftaran mulai 1 Juni 2016, namun untuk persyaratan belum ada

      Pembayaran di seluruh Bank BNI 46 01 s.d 30 Juni 2016
      Pendaftaran secara online 01 s.d 30 Juni 2016
      Pengisian Biodata secara online 01 Juni s.d 02 Juli 2016
      Proses Seleksi/Ujian Tulis 27 Juli 2016
      Pengumuman Kelulusan/SK Calon Mahasiswa Baru 30 Juli 2016
      Pembayaran UKT (BRI Syariah) 01 s.d 05 Agustus 2016
      Registrasi (Pendaftaran Ulang) 01 s.d 05 Agustus 2016
      Penerbitan SK Mahasiswa Baru Selesai Proses Registrasi

      Informasi lebih lengkap dapat dilihat di web
      http://um.unri.ac.id
      http://unri.ac.id

  22. LNA says

    pak, saya mau nanya. ada tidak jalr mandiri S1 jurusan fakultas kedokteran soalnya yang saya baca ada yang S1 tapi tidak ada link yang bersangkutan untuk mendaftar , yang adanyanya link untuk pascasarjana dan D3 pak . Jadi gimana infonya pak ? saya bingung pak

  23. Adri Sinaga says

    Pak saya mau nanya
    Saya alumni TEK.MESIN 2014 (D3) saya rencana mau melanjut S1 di UNRI kira-kira pendaftara nya kapan mulai ya pak?
    Mohon pak infomasinya serta mata kuliah yang di ujikan.
    terimakasih.

  24. Suchi ang says

    Pak, saya mau nanya , ortu saya pns , tp tanggungan nya banyaak,, dan sy dapat ukt 5 . Apakah tdk bissa diganti lg ukt nya? Mohon penjelasannya

  25. safrizal says

    Pak saya mau nanya. Anak saya diterima diunri fakultas teknik dari jalur snmptn dgn ukt level 4.
    Yang saya tanyakan apakah UKT sudah termasuk uang semester pak?

  26. says

    Pak saya mau tanya. Jurusan ekonomi pembangunan tahun 2016 apa pak? Yang ada cuman ilmu ekonomi. Apa benar itu namanya udah jadi ilmu ekonomi. Karena besok saya mau bayar ukt nya pak.

  27. dini says

    Pak, saya mau bertanya, ujian jalur mandiri unri 2016/2017 ini tdk ada utk masuk S1 ya? Soalnya saya baca di blog um unri tdk ada. Jadi kalau saya mau masuk S1 di unri bagaimana ya pak? Saya juga sangat ingin tau tanggal pelaksanaan ujian mandirinya tanggal berapa ya pak? Terima kasih

  28. says

    assalamualaikum pak. adik saya dapat undangan jalur mandiri kerjasama dan bina lingkungan fk unri. yg mau saya tanyakan, apa perbedaan jalur mandiri kerjasama dan bina lingkungan ya pak? terima kasih

  29. reina says

    Pak saya mau tanya ujian mandiri unri tahun 2016 tes nya harus di kampus unri atau ada yang di Medan? Terima kasih

  30. nikki amelia says

    Sya blm lihat hasil sbmptn mas, , tapi ekonomi sya kebawah dan tekat dan cita2 sya mau kuliah dgn beasiswa bidik misi . .tetapi sekolah tdk bisa.mendaftarkan kami sebagai siswa bidik.misi, ,apkah sya bisa mndftr sendiri tanpa sekolah

  31. Annisa says

    permisi pak, saya annisa ingin bertanya mengenai mahasiswi pindahan. saat ini saya semester 2 menjelang semester 3 di Akademi Komunikasi swasta salah satu di jakarta, berniat untuk pindah ke unri.. apakah saya bias melanjutkan semester 3 langsung atau harus mengulang dari awal. dan bagaimana mengenai pendaftaran juga biaya kuliahnya. terimakasih

  32. m.ridwan says

    saya mo nyambung kuliah D3 ke S1 T.Elektro krna saya udah bekerja ada tidak kuliah non regulernya yg hanya sabtu dan minggi di Unri pak mohon jawabannya, terimaksaih

Leave a Comment