Biaya Kuliah UGM dan Cara Pengajuan Keringanan UKT

Uang Kuliah Tunggal (UKT) merupakan sebagian biaya kuliah yang ditanggung oleh setiap mahasiswa berdasarkan kemampuan ekonominya. UKT ini sudah mencakup semua biaya mahasiswa selama 1 (satu) semester, jadi tidak ada lagi biaya lain yang dibebankan kepada mahasiswa selama menempuh pendidikan di UGM.

Kategori kelompok Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi tiap mahasiswa ditentukan berdasarkan jumlah total penghasilan kotor ayah dan ibu ditambah penghasilan tambahan ayah dan ibu (jika ada), dengan kriteria sebagai berikut:

Daftar UKT Program Sarjana – S1

biaya-kuliah-s1-ugm
ukt-ugm-s1

 UKT Program Vokasi UGM biaya-kuliah-vokasi-ugm

Cara Pengajuan Keringanan UKT

Bagi mahasiswa yang merasa tidak mampu membayar UKT seperti yang ditetapkan di atas dapat mengajukan keringanan UKT. Terdapat 2 jenis keringanan UKT , yaitu:

  1. Penundaan Pembayaran UKT
  2. Penyesuaian Kelompok UKT

Penundaan Pembayaran UKT  merupakan upaya untuk membantu mahasiswa yang tidak dapat melakukan pembayaran Uang Kuliah Tunggal pada periode pembayaran yang telah ditetapkan tiap semester.

Sedangkan Penyesuaian Kelompok UKT merupakan upaya untuk menentukan kelompok Uang Kuliah Tunggal yang mendasarkan pada kemampuan ekonomi keluarga berupa penurunan atau kenaikan Kelompok Uang Kuliah Tunggal.

Penundaan Pembayaran UKT

Penundaan Pembayaran Uang Kuliah Tunggal dapat dilakukan apabila memenuhi salah satu kriteria berikut:

  • Pada saat periode pembayaran mengalami kehilangan salah satu anggota keluarga yaitu ibu kandung, ayah kandung, atau saudara kandung, dibuktikan dengan surat kematian.
  • Sedang menjalankan tugas negara atau tugas Universitas Gadjah Mada, dibuktikan dengan surat keterangan tugas dari Rektor/Dekan Fakultas/Direktur Sekolah.
  • Musibah yang dialami oleh sumber pembiayaan, dibuktikan dengan surat keterangan dari RT/RW dan Kelurahan.
  • Bagi Penerima Beasiswa Kemitraan, surat resmi dari mitra/pemberi beasiswa yang menyatakan bahwa pembayaran akan dilakukan pada tanggal di luar yang telah ditetapkan; atau
  • Keadaan memaksa (force majeur), misalnya bencana alam.

 Tata cara pengajuan :

  1. Permohonan Penundaan Pembayaran Uang Kuliah Tunggal diajukan kepada Dekan Fakultas/Direktur Sekolah dengan surat yang dilampiri bukti pendukung dan diserahkan paling lambat pada hari terakhir periode pembayaran.
  2. Jika permohonan Penundaan Pembayaran Uang Kuliah Tunggal telah disetujui, maka mahasiswa diizinkan untuk melakukan registrasi/herregistrasi.
  3. Pembayaran Uang Kuliah Tunggal dilakukan paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja setelah disetujui oleh Dekan Fakultas/Direktur Sekolah.

Penyesuaian Kelompok UKT

Penyesuaian Kelompok Uang Kuliah Tunggal dapat dilakukan apabila:

  • Terdapat kekeliruan mahasiswa dalam memasukkan biodata keluarga pada saat registrasi sebagai mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada; atau
  • Terjadi perubahan kemampuan ekonomi orang tua/wali mahasiswa yang mempengaruhi daya bayar UKT.

Penyesuaian Kelompok Uang Kuliah Tunggal sebagai akibat dari perubahan kemampuan ekonomi orang tua/wali secara permanen berlaku sampai mahasiswa yang bersangkutan menyelesaikan studinya. Namun jika perubahan kemampuan ekonomi orang tua/wali secara sementara maka berlaku hanya untuk semester yang bersangkutan.

Tata cara pengajuan :

  1. Pengajuan permohonan Penyesuaian Kelompok UKT sbagi mahasiswa angkatan sebelum Tahun Akademik 2016/2017 harus diajukan 1 (satu) bulan sebelum periode pembayaran, kecuali apabila dalam periode pembayaran terjadi musibah dalam keluarga mahasiswa yang bersangkutan.
  2. Pengajuan permohonan Penyesuaian Kelompok UKT bagi mahasiswa angkatan Tahun Akademik 2016/2017, harus diajukan pada periode pembayaran.
  3. Penyesuaian Kelompok UKT baik permanen maupun sementara sebagaimana dimaksud diajukan kepada Dekan Fakultas/Direktur Sekolah.
  4. Penetapan Penyesuaian Kelompok Uang Kuliah Tunggal hanya akan dilakukan berdasarkan surat persetujuan Dekan Fakultas/Direktur Sekolah.

Mekanisme pengajuan Penyesuaian Kelompok UKT

mekasnisme-pengajuan-penyesuian-ukt-ugm

Catatan:

  1. Permohonan Penyesuaian Kelompok UKT ke Fakultas/Sekolah dapat didampingi oleh BEM/LEM/DEMA Fakultas/Sekolah dengan syarat mengisi Form Informed Consent sesuai format yang disiapkan Fakultas/Sekolah dan dilengkapi dengan Fotocopy KTM Mahasiswa Pendamping.
  2. Bukti Pendukung adanya kekeliruan dalam memasukkan Biodata atau Bukti Pendukung terjadinya perubahan Sumber Pembiayaan atau Bukti Pendukung terjadinya Musibah Keluarga dan/atau syarat Lain yang ditentukan oleh masing-masing Fakultas/Sekolah.

Biaya Kuliah Lainnya:

Comments

  1. says

    Biaya Pendidikan itu besar, maka harus dipikul bersama-sama. Mahal atau murah, itu masalah kemampuan. Bagi yang mampu, biaya sebesar apapun, dapat dibayar. Bagi yang miskin, biaya sekecil apapun tetap berat. Solusinya adalah donasi, kepedulian, dari yang mampu kepada yang miskin.

  2. says

    biaya pendidikan model sekarang, bagi yang benar2 miskin akan sangat menolong, sedangkan bagi yang kaya tidak masalah.
    masalah besar saat ini adalah penentuan ukuran miskin dan kaya, kenyataannya saat ini banyak masyarakat masuk kategori “rentan miskin”, jika dimasukkan ke kelompok miskin tidak bisa dan jika dipaksakan masuk kelompok kaya juga tidak bisa.
    adakah solusi untuk mengatasi kondisi seperti ini….?
    #keluargatanggungakanterpinggirkan

  3. nina says

    misiiii pakkk, daftar biaya pendidikan untuk seleksi mandiri apakah sama dengan daftar di atas? terimakasih

          • syayidati islamiyati says

            untuk mahasiswa baru 2016 yang ingin mengajukan keberatan ukt harus kemana ?

          • syayidati islamiyati says

            di KTP suami saya d tulis wiraswasta padahal tidak bekerja, akhirnya pak RT tidak berani memberi surat keterangan tidak bekerja, ini akhirnya mempengaruhi ukt anak saya yang mau masuk tahun ini, kalo yang sebenarnya ukt IV tapi karena di KTP seperti itu akhirnya ukt nya V, apa yang harus saya lakukan

  4. Dedi says

    Kimia Lebih Murah di banding di Universitas Bandung, disini penghasilan 2jt s/d 3,5 jt dapat kelompok IV UKT Rp. 5,2. di UGM kelompok III Rp 4,25jt

  5. ikhsan says

    jika melihat batas gaji orang tua, saya masuk ukt 3. gaji ibu saya umr sedangkan bapak saya tak memiliki gaji tetap. tetapi saya tinggal di perbatasan tangerang jakarta yang memiliki biaya hidup lebih besar dan sayapun mempunyai adik yang memasuki jenjang sekolah atas. saya pun tinggal mengontrak di sini. apakah saya bisa meminta penurunan ukt menjadi golongan 2? mohon infonya kakak 🙂

    • Admin says

      Coba hubungi UGM pasti ada solusinya, prinsipnya setiap PTN harus mencegah atau tdk boleh ada mahasiswa yg keluar (drop-out) dari perkuliahan karena masalah biaya.

  6. tri s says

    misi pak. klo kita ketrima sv ugm jalir utul pakah kita di awal semester kita tetap harus ikut ukt v … terima kasih

  7. cahyo says

    pak, saya ikut seleksi jalur utul, seandainya saya diterima apakah ada perbedaan untuk ukt jalur utul dgn jalur sbmptn, saya mengambil jurusan s1 manajemen dgn penghasilan ortu 3jt perbulan, berapa kira2 biaya ukt nya? terimakasih

    • Admin says

      Untuk Program S1 tidak ada perbedaan prinsipnya semua berbasis penghasilan orang tua. Kategori kelompok UKT bagi tiap mahasiswa ditentukan berdasarkan jumlah total penghasilan kotor ayah dan ibu ditambah penghasilan tambahan ayah dan ibu (jika ada).

      Dengan penghasilan 3 Juta masuk kategori 3 berarti 3,5 Juta per semester

  8. Anka says

    Maaf, saya peserta UTUL gelombang 1, saya lupa nomor peserta nya. nama saya Anka Priehanggoro.. bisa tolong dibantu pak ? Termakasih sebelumnya 🙂

  9. Kokom says

    Assalamualaikum. Maaf pak, maksutnya UKT itu gmna pak? kalau biaya masuknya itu? Atau sudah termasuk d UKT. Jd ntar cuma bayar UKT saja?

  10. nina sopiana says

    asalamualaikum…
    pak saya mau bertanya kalo biaya kuliah tunggal sama uang kuliah tunggal sama gak?
    contohnya: biaya kuliah tunggal 34jt UkT nya 3jt, yang harus dibayar yang mana? UKT saja atau UKT + Biaya kuliah tunggal?

  11. says

    apakah jika ternyata pendapatan orang tua nya tinggi.apakah jumlah UKT nya bisa lebih tinggi dri GOl 7? misalnya UKT gol 7 farmasi 12,5 jt,apakah bisa lebih dri 12,5 jt? atau jumlah ukt gol 7 itu sudah paling tingg,mau seberapa tinggipun pendapatan orang tua nya.

  12. ANDRE says

    pak saya diterima di ugm sv teknik mesin saya dapat ukt v , kalo mau mengajukan penurunan ukt bagaimana ? langsung di turunkan di semester 1 atau semester berikutnya kalo disetujui, terimakasih

  13. sanyata jaka santoso says

    pak, kalo saya PNS gol IV dan istri kerja berpenghasilan 3 jt per bulan, UKT nya termasuk golongan berapa?, makasih

  14. asya says

    permisi admin, saya pelajar kelas 3 smk farmasi yang berencana mau meneruskan kuliah di bidang yang sama. sekarang lagi cari-cari informasi biayanya. kalau kelompok seperti yg di atas itu maksudnya apa ya? terima kasih, maaf merepotkan.

  15. says

    Selmat pagi pak Admin, saya mendapatkan informasi mengenai jenjang pendidikan yang diharuskan untuk menjadi seorang Dosen itu linier ,harus Linier saat ini putra saya sedang menempuh pendidikan S1-Universitas Gadjah Mada (menyusun skripsi/sedang sidang skripsi ) rencananya jika dapat beasiswa S2-UGM. Atau S2-UI akan melanjutkan studi S2-nya. Jika belum dapat beasiswa S2-maka kerja dulu,baru melanjutkan program studi Magister-S2.
    Pertanyaan saya
    1.Apakah beasiswa S2 itu didapat setelah terdaftar sebagai mahasiswa / sudah masuk kuliah?
    2.Apakah beasiswa S2 itu mengcover seluruh biaya perkuliahan?
    Trimakasih dan wassalam Suganda Nata Atmaja orang Tua dari Muhammad Adnan Rais (mahasiswa Universitas Gadjah Mada -semester akhir)

  16. rfaisyah says

    Assalamualaikum pak. mau nanya ini.
    kalau keterima lewat jalur mandiri / utuk, tapi saya penerima bidikmisi, saya milih kedokteran. itu gimana pak UKTnya? UKT 0 atau naik lagi? terus, biasanya pak, uang bangunan untuk kedokteran lewat jalur mandiri berapa ya pak untuk tahun ini?
    makasih pak. wassalam.

  17. estu putri utami says

    Siang min, saya mau nanya kalau mau masuk UGM Itu ada biaya apa saja ? apakah UKT itu sudah mencangkup biaya semuanya ?

  18. lailatul ibriza says

    siang, saya mau tanya. misalnya begini penghasilan ortu saya 3 juta, terus saya punya 2 adik yang masih sekolah semua, kira kira masuk ke UKT yang golongan berapa?? apakah adanya tanggungan ortu juga di pertimbangkan dalam UKT??
    Makasih

  19. lailatul ibriza says

    siang,
    saya mau tanya, misal ortu saya berpenghasilan 3jt, tapi saya punya 2 adik yang masih sekolah semua, apakah penentuan UKT juga dipertimbangkan berdasarkan jumlah tangguangan?
    terimakasih

    • Admin says

      Tergantung persyaratan yang diminta, setahu admin UGM kriterianya penghasilan orang tua.
      Kalau di Unpad jumlah tanggungan ikut menjadi pertimbangan

  20. Catur Prio Utomo says

    Permisi,

    Apa benar UGM tidak Membedakan UKT berdasarkan jalur masuknya?, dan hanya berdasarkan Penghasilan Orangtua?

    terima kasih.

  21. Ratu Rosidatun Nasihah says

    Pak, orang tua saya penghasilannya relatif kecil, saya tinggal di kampung, tapi rumah saya tergolong bagus karena waktu itu rumah lama saya dapet gusuran dari proyek, makanya mampu bikin rumah bagus dan lumayan luas. Tanggungan ayah saya 7 anak, kaka saya tdk sekolah, adik saya 1 berhenti sekolah. Ibu saya ibu rumah tangga, ayah saya petani dan ustadz dengan penghasilan kurang dari 2 juta sebulan. Apa ukt saya akan tinggi karena rumah saya Pak menurut Bapak?

    • Admin says

      Kriteria utama pennetuan UKT di UGM adalah penghasilan orang. Sedangkan foto rumah, rekening listrik dll sebagai faktor pendukung. Asal bisa dibuktikan dengan keterangan penghasilan yang sebenarnya, pihak kampus akan mempertimbangkannya (sesuai dengan kriteria penghasilan di atas).

  22. Diana Savitri says

    Pak, apakah jika saya masuk ugm lewat jalur utul, ukt yang saya bayarkan otomatis ukt tertinggi?

  23. Monica Hutasoit says

    Pak mau nanya, jika lulus di jalur PBUTM ini apakah mahasiswanya tetap membayar UKT?
    Mohon penjelasannya pak 🙂 terima kasih.

  24. rozy says

    assalamualaikum

    ini sy masuk di SV UGM Teknik mesin.
    bpk sya gajinya kisaran 3.5
    tanggungan 3 anak

    kira2 masuk UKT brp ya ?

  25. Ana says

    Pak orang tua saya yaitu bapak saya penghasilannya tidak tetap kadang kerja kadang tidak, tapi punya 2 motor. Itu uktnya kira kira golongan berapa ya? Trims

  26. Rima says

    Assalaamualaikum Pak, maaf sebelumnya saya mau tanya Pak. UKT itu bayarnya setiap satu semester apa bukan Pak? Terima Kasih.

  27. says

    Mau tanya saya dari luar daerah (kalimantan) mau masuk kuliah di UGM jurusan kedokteran tapi penghasilan orang tua saya 3 juta per bulan. Berapa UKT nya, apakah tidak mempengaruhi ?

  28. mirza says

    Ass, pak, anak saya sangat ingin masuk UGM, jurusan teknik informatika, saya karyawan dengan penghasilan Rp.2.5 juta, istri saya guru pns gol.III, tanggungan kami, anak paling besar belum kerja, anak no. 2 masih kuliah semester 3, klu diterima di ugm masuk ukt berapa nantinya, jika uktnya terasa memberatkan bisakah kami minta penurunan ukt, terima kasih..

  29. Sakrim says

    Assalamu’alaikum war.wab.
    Terus terang pak, demi anak pingin kuliah walau gaji orang tua sudah habis, karena untuk kebutuhan keluarga juga karena tertimpa musibah,sehingga di ambilkan hutang terlebih dahulu sehingga beaya hidup anak,sehari-hari saja,saya rasakan begitu berat,belum lagi beaya UKT nya,dengan keadaan demikian saya bermaksud untuk mengajukan penurunan UKT nya,
    Andai bisa,terus gimana caranya ?

Leave a Comment