Biaya Kuliah Politeknik Negeri Batam – Polibatam

UKT Politeknik Negeri Batam dibagi menjadi 8 kategori berdasrkan kemampuan ekonomi orang tua atau yang membiayai.

UKT Politeknik Negeri Batam 2019

Khusus mahasiswa yang diterima melalui Jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) – di luar Jalur PMDK – dibebankan Biaya Pengembangan Institusi (BPI) dengan kisaran pada rentang Rp 3 Juta s.d 10 Juta. calon mahasiswa akan diberikan formulir surat pernyataan untuk mengisi sendiri beasran BPI yang sanggup dibayarkan.

Daftar Biaya Pengembangan Institusi (BPI)

GOLONGAN BPI (Rp)
Gol 1 3.000.000
Gol 2 4.000.000
Gol 3 5.000.000
Gol 4 6.000.000
Gol 5 7.000.000
Gol 6 8.000.000
Gol 7 9.000.000
Gol 8 10.000.000

TA 2014/2015

Biaya kuliah Politeknik Negeri Batam mengikuti pola uang kuliah tunggal (UKT) yang dikelompokkan menjadi 5 kategori. Pada prinsipnya Polibatam sudah menetapkan UKT  Kategori 4 untuk calon mahasiswa yang terima di kelas pagi dan UKT kategori 5 untuk calon mahasiswa yang diterima di kelas Malam.

Baca juga:  Biaya Kuliah Politeknik Negeri Pertanian Payakumbuh

Calon mahasiswa dapat dapat mengajukan surat permohonan penerapan tarif UKT kategori 1, kategori 2 dan kategori 3 dengan memperhatikan persyaratan dan kriteria tertentu dengan tambahan dokumen pendukung.

Tarif Uang Kuliah Tunggal (UKT) Polibatam 2014/2015
Ketentuan penerapan kategorisasi tarif UKT
  1. Selain mahasiswa yang telah ditetapkan memperoleh beasiswa dan mengajukan permintaan tarif UKT kategori 1 dan tarif kategori 2 atau tarif UKT kategori 3, semua calon mahasiswa yang dinyatakan lulus, akan membayar biaya kuliah sebesar UKT kategori 4 untuk calon mahasiswa yang terima di kelas pagi dan UKT kategori 5 untuk calon mahasiswa yang diterima di kelas Malam.
  2. Peserta yang telah lulus seleksi baik melalui jalur PMDK maupun UMPB namun memiliki keterbatasan ekonomi dan memenuhi kriteria sesuai ketentuan yang disyaratkan, dapat mengajukan surat permohonan penerapan tarif UKT kategori 1, kategori 2 & kategori 3.
  3. Pengajuan untuk memperoleh tarif UKT kategori 1, 2 dan 3 hanya berlaku untuk kelas pagi dalam masa studi normal. Apabila dalam masa perkuliahan nantinya, mahasiswa menjalani perkuliahannnya melebihi masa studinya, maka penerapan UKT tarif 1, 2 dan 3, telah melewati batas waktu kelulusan normal maka tarif biaya kategori 1, 2 dan 3 akan dihentikan dan diberlakukan tarif kategori 4. Demikian juga halnya apabila mahasiswa pindah ke kelas malam, maka penerapan tarif UKT kategori 1, 2 dan 3 akan dicabut dan diberlakukan kategori 5.
  4. Pengajuan memperoleh tarif UKT kategori 1, 2 dan 3 paling lambat dilakukan dua minggu sebelum masa pendaftaran ulang berakhir dengan menyampaikan surat pengajuan secara tertulis dan menyerahkan persyaratan tambahan yang telah ditetapkan untuk diverifikasi lebih lanjut.
  5. Kriteria dan dokumen pendukung yang diperlukan untuk pemberlakuan tarif berdasarkan kategori dalam proses daftar ulang dapat dilihat http://registrasi.polibatam.ac.id/
Baca juga:  Biaya Kuliah Politeknik Negeri Banjarmasin - Poliban
Bagikan:
5 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *