Biaya Kuliah UII Yogyakarta 2019

UII Yogyakarta pada tahun 2018 ditasbihkan sebagai universitas terbaik swasta versi Kemenristekdikti. Hasil klasterisasi Perguruan Tinggi (PT) non-vokasi tahun 2018 dari Kemenristekdikti mendudukkan UII Yogyakarta sebagai universitas terbaik swasta se-Indonesia.

Penilaian ini berdasarkan 5 komponen utama yakni: Kualitas SDM, Kualitas Kelembagaan, Kualitas Kegiatan Kemahasiswaan, Kualitas Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat dan Kualitas inovasi.

Biaya kuliah Universitas Islam Indonesia UII Yogyakarta terdiri atas 2 (dua) komponen yakni Dana Catur Dharma dan SPP.

A. Dana Catur Dharma

Calon mahasiswa yang diterima diwajibkan membayar Sumbangan Catur Dharma yang besarnya ditentukan dalam kategori ranking yang didasarkan pada skor Ujian Potensi Calon Mahasiswa (UPCM). Penentuan besaran Sumbangan Catur Dharma mengikuti pola seleksi penerimaan mahasiswa baru.

PBT Potensi. Dengan pola ini semakin besar nilai UPCM semakin rendah nilai sumbangan yang diwajibkan.

PBT Mandiri. Besaran Sumbangan Catur Dharma ditentukan secara mandiri oleh orang tua/wali calon mahasiswa. Batas minimal Sumbangan Catur Dharma ditentukan oleh program studi yang dipilih oleh calon mahasiswa. Program studi yang membuka pola seleksi PBT Mandiri adalah: Pendidikan Dokter, AKuntansi (s1), Manajemen (S1), Ilmu Hukum dan Arsitektur

Baca juga:  Biaya Kuliah Universitas Pertamina

B. SPP

  1. Terdiri dari SPP Tetap yang dibayarkan per semester dan SPP Variabel berdasarkan SKS yang di ambil. SPP dibayar setiap tahun dan diangsur 4 kali. SPP tetap dibayar pada angsuran ke-1 Semester Ganjil dan Genap, SPP variabel dibayar pada angsuran ke-2 Semester Ganjil dan Genap.
  2. Dana Pengembangan hanya dibayar pada tahun pertama, diangsur 4 kali pada angsuran ke-1 dan ke-2 Semester Ganjil dan Genap.
  3. Dana Sistem Informasi/TI dan Pembinaan Minat & Bakat Mahasiswa, dibayar 2 kali per semester selama 3 tahun sesuai dengan sistem angsuran berjalan.
  4. Dana kemahasiswaan dan asuransi dibayar setiap tahun.
  5. Dana Laboratorium FakultasTSP,TI, dibayar 2 kali per semester selama 3 tahun sesuai dengan sistem angsuran berjalan.
Baca juga:  Biaya Kuliah Unpar 2019 - 2020

Estimasi Biaya Kuliah UII Selama 8 Semester

Rincian Biaya Kuliah UII 

(klik untuk memperbesar)

Keterangan:

  1. Perkiraan biaya minimal adalah hasil penghitungan dari min(d,e,f,g,h,i)+j+k+l+m.
  2. Perkiraan biaya maksimal adalah hasil penghitungan dari maks(d,e,f,g,h,i)+j+k+l+m.
  3. Prediksi Masa Studi Non Eksakta 3,5 tahun dan Eksakta 4 tahun.
  4. Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dibayarsetiap tahun dan diangsur4 kali.
  5. Untuk Program Studi Sarjana (SI), perkiraan biaya kuliah belum termasuk biaya KKN, Skripsi, Pendadaran.
  6. Untuk Program Studi Diploma (D3), perkiraan biaya kuliah belum termasuk biaya Tugas Akhir, Pendadaran, dan Presentasi Laporan PKL.
  7. Khusus untuk Program Studi Sarjana (SI) Pendidikan Dokter, perkiraan biaya kuliah belum termasuk tarif KKN, Skripsi, Pendadaran, dan Biaya Tahap Pendidikan Klinik.
  8. Tarif KKN, Tugas Akhir, Skripsi, Pendadaran, dan Presentasi Laporan PKL akan dihitung sesuai dengan tarif yang ditetapkan pada tahun pelaksanaan.
Bagikan:
82 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *