Biaya Kuliah Unika Semarang

Unika Semarang masuk peringkat ke-8 sebagai universitas terbaik perguruan tinggi swasta (PTS) versi Kemenristekdikti tahun 2018 atau posisi 39 secara keseluruhan. Untuk diketahui jumlah Perguruan Tinggi Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Seluruh Indonesia mencapai 2010 perguruan tinggi.

Biaya kuliah Unika 2019/2020

Komponen Biaya Studi

  1. Uang Pengembangan Pendidikan (UPP) dikenakan sekali selama studi pada saat Penerimaan Mahasiswa Baru. Pembayaran angsuran pertama/awal sebesar 30% dari kewajiban UPP. Keseluruhan kewajiban UPP dibayarkan dalam 3 (tiga) kali angsuran sesuai dengan jadwal pada ketetapan pembayaran.
  1. Biaya Inisiasi meliputi PTMB, Jaket, Buku Pedoman, PPKM, Rekening Bank yang dibayarkan 1 (satu) kali pada saat daftar ulang.
  2. Uang Kuliah Pokok (UKP) dibayarkan tiapawal semester.
  3. Uang SKS dibayarkan setelah pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) perkiraan bulan September (Semester Gasal) dan bulan April (Semester Genap), menyesuaikan kalender akademik. Besarnya uang SKS dihitung berdasarkan jumlah SKS yang diambil pada semester yang bersangkutan dikalikan tarif per-SKS (tarif SKS Praktikum berbeda dengan tarif SKS Reguler). Bagi mahasiswa yang sampai tahun ke-7 belum menyelesaikan studinya akan dikenakan biaya studi (UKP, SKS sesuai dengan biaya yang berlaku pada tahun tersebut).
  1. Uang Kemahasiswaan dibayarkan setiap semester bersama dengan pembayaran
  2. Biaya Iain-lain: Selain biaya di atas masih ada biaya lain yang bersifat umum yang besarnya ditentukan tersendiri misalnya biaya KKN, Praktikum, Ujian Skripsi/Tugas Akhir, Wisuda dll.
  1. Program Arsrtekturdan llmu Hukum mendapatkan literatur wajib.
  2. Program Teknologi Pangan mendapatkan sertifikasi auditor HACCP.
  3. Program Akuntansi, Manajemen, Manajemen Unggulan dan Perpajakan mendapatkan textbook.
Baca juga:  Biaya Kuliah Universitas Widya Mandala Surabaya

Pengembalian Biaya Studi

  1. Sebelum melakukan pendaftaran, calon calon mahasiswa diwajibkan membaca ketentuan dengan cermat;
  2. Calon mahasiswa benar-benar diterima sebagai mahasiswa Unika SOEGIJAPRANATA Semarang setelah menyerahkan bukti kelulusan / Ijasah SMA/SMK. Apabila calon mahasiswa tidak lulus SMA/SMK uang yang telah dibayarkan dikembalikan penuh & lama waktu pemberitahuan ke Unika SOEGIJAPRANATA adalah 1 (satu) minggu setelah pengumuman ketidaklulusan SMA/SMK;
  3. Calon mahasiswa yang berhak mengundurkan diri adalah calon mahasiswa yang hanya diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Program SI melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN. Uang yang telah dibayarkan dapat ditarik kembali dengan dipotong sebesar 25% dari kewajiban UPP. Kecuali untuk jalur prestasi peringkat 1 (satu) potongan sebesar 25% dari jumlah uang yang sudah disetor / dibayarkan;
  4. Selain Jalur tersebut di atas (sesuai poin 3), maka uang yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali;
  5. Pengajuan penarikan uang pembayaran diajukan paling lambat 5 (lima) hari kerja terhitung sejak pengumuman SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SBMPTN Nasional (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Nasional). Apabila melebihi batas waktu 5 (lima) hari kerja tersebut, maka uang yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali;
  6. Ketentuan pengajuan penarikan uang pembayaran (sesuai poin 5) sebagai berikut:
  • Mengisi formulir pengunduran diri yang disediakan di kantor PRM Gedung Mikael Lantai 2.
  • Surat Ketetapan Pembayaran di Unika SOEGIJAPRANATA.
  • Bukti Registrasi ( daftar ulang ) di Unika SOEGIJAPRANATA.
  • Kartu Peserta di PTN (SNMPTN/SBMPTN)
  • Surat Bukti diterima PTN (SNMPTN/SBMPTN)
  • Bukti Pembayaran dari Bank (copy asli bank)
  • Identitas pemohon pengunduran diri (Siswa dan orangtua – KTP / SIM)
Baca juga:  Biaya Kuliah Unissula Semarang

Keringanan Biaya

  1. Calon Mahasiswa bersama orang tua/wali diminta memperhitungkan dengan seksama kemampuan finansialnya untuk pembiayaan studi sesuai dengan Program Studi yang dipilih berdasarkan Informasi tentang Tarrf Biaya Studi. Calon mahasiswa diharapkan untuk memilih Program Studi secara cermat dan tepat sesuai minat dan kemampuan.
  1. Unika SOEGIJAPRANATA menyediakan keringanan UPP khusus untuk Jalur Reguler dengan ketentuan:
  2. Bagi calon mahasiswa yang mempunyai saudara kandung yang masih studi di Unika SOEGIJAPRANATA / alumnus Unika SOEGIJAPRANATA.
  3. Bagi calon mahasiswa yang mempunyai saudara kandung yang menjadi alumnus Unika SOEGIJAPRANATA.
  4. Besaran keringanan UPP sebagai berikut:
  • Keringanan 15% bagi calon mahasiswa yang mempunyai 1 (satu) saudara kandung / alumni
  • Keringanan 25% bagi calon mahasiswa yang mempunyai 2 (dua) saudara kandung/alumni
  • Keringanan 30% bagi calon mahasiswa yang mempunyai 3 (tiga) atau lebih saudara kandung / alumni

Keterangan: Batas pengajuan keringanan tersebut hanya dilayani saat Jadwal Registrasi Mahasiswa Baru

Pengajuan keringanan biaya dapat menghubungi kantor PRM Gedung Mikael Lantai 2 dengan melampirkan berkas sebagai berikut: 1. Fotokopi Kartu Keluarga, 2. Fotokopi Kartu Mahasiswa/Alumni 3. Fotokopi Akta Kelahiran Calon Mahasiswa, 4. Fotokopi Akta Kelahiran saudara kandung/alumni, 5. Surat Ketetapan diterima di Unika SOEGIJAPRANATA.


Tahun 2017//2018


BIAYA STUDI TA 2015/2016

Biaya Kuliah Unika SemarangBiaya Kuliah Unika Soegijapranata

Bagikan:
4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *