Biaya Kuliah Unika Semarang

Komponen Biaya Kuliah Unika Soegijapranata Semarang terdiri atas :

  1. Uang Pengembangan Pendidikan (UPP) UPP dikenakan sekali selama studi pada saat Penerimaan Mahasiswa Baru, Pembayaran I (pertama/awal) 30% dari UPP
  2. Biaya Inisiasi dibayarkan 1 (satu) kali pada saat registrasi.
  3. Uang Kuliah Pokok (UKP) Uang Kuliah Pokok dibayarkan tiap awal semester.
  4. Uang SKS, uang yang dibayarkan setelah pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) sampai bulan Oktober (Semester Ganjil) dan bulan April (Semester Genap), menyesuaikan kalender akademik. Besarnya uang SKS dihitung berdasarkan jumlah SKS yang diambil pada semester yang bersangkutan dikalikan tarif per-SKS.
  5. Uang Kemahasiswaan
  6. Biaya lain-lain Diluar biaya di atas masih ada biaya lain yang bersifat umum yang besarnya ditentukan tersendiri misalnya biaya KKN, Prakti kum, Ujian Skripsi/Tugas Akhir, Wisuda dll.

Prosedur Pembayaran

  1. Pembayaran dapat dilakukan secara langsung di Bank BII Kas UNIKA Soegijapranata dengan membawa slip pembayaran atau slip tagihan yang diterima bersamaan dengan SK Penerimaan.
  2. Pembayaran dapat pula dilakukan melalui transfer dengan jumlah dan tujuan sesuai dengan yang tertulis dalam slip tagihan. Di dalam formulir transfer harap dituliskan Nama Mahasiswa, Nomor Pendaft aran, dan Program Studi.

Pengembalian Biaya Bagi yang Diterima SNMPTN dan SBMPTN

  1. Sebelum melakukan Registrasi calon mahasiswa diwajibkan membaca ketentuan dengan cermat.
  2. Calon mahasiswa benar-benar diterima sebagai mahasiswa UNIKA Soegijapranata Semarang setelah menyerahkan bukti kelulusan / Ijasah SMA/SMK. Apabila calon mahasiswa ti dak lulus SMA/SMK uang yang telah dibayarkan dikembalikan penuh & lama waktu pemberitahuan ke Unika adalah 1 minggu setelah pengumuman Keti dak Lulusan SMA/SMK
  3. Calon mahasiswa yang berhak mengundurkan diri adalah calon mahasiswa yang hanya diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Program S1 melalui jalur SNMPTN (PMDK /JALUR UNDANGAN) Nasional, SBMPTN Nasional, uang yang telah dibayarkan dapat ditarik kembali dengan dipotong sebesar 25% dari UPP Standar. (Jalur Kerjasama dan Reguler). Khusus Jalur Prestasi Potongan 25% dikenakan pada UPP yang harus dibayar sesuai dengan peringkat. Kecuali untuk jalur prestasi peringkat 1(satu) potongan sebesar 25% dari jumlah uang yang sudah disetor / dibayarkan.
  4. Selain Jalur tersebut di atas ti dak dapat ditarik kembali uang yang telah dibayarkan.
  5. Permintaan penarikan uang pembayaran tersebut diajukan paling lambat 7 (tujuh) hari setelah pengumuman SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) – Jalur PMDK / Jalur UNDANGAN dan SBMPTN Nasional (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Nasional), melebihi batas waktu 7 (tujuh) hari tersebut uang yang telah dibayarkan ti dak dapat ditarik kembali.
  6. Cara memperoleh pengembalian uang tersebut adalah sebagai berikut: – Mahasiswa mengisi blangko pengunduran diri yang disediakan oleh PRM UNIKA Soegijapranata, dengan dilampiri: Bukti Registrasi dari Unika Soegijapranata, fotokopi bukti pembayaran Unika Soegijapranata dari BANK, surat ketetapan pembayaran yang asli warna kuning dari Unika Soegijapranata, bukti diterima SNMPTN/SBMPTN (print out on line / surat kabar), dan Kartu Peserta SNMPTN/SBMPTN . – Pengembalian uang dilakukan di Biro Administrasi Keuangan dengan ketentuan mengikuti peraturan Unika Soegijapranata dan telah memenuhi persyaratan pengajuan permohonan pengunduran diri serta menunjukkan bukti pembayaran asli.
Baca juga:  Biaya Kuliah Universitas Pertamina

Keringanan Biaya

  1. Calon Mahasiswa bersama orang tua/wali diminta memperhitungkan dengan seksama kemampuan fi nansialnya untuk pembiayaan studi sesuai dengan Program Studi yang dipilih berdasarkan Informasi tentang Tarif Biaya Studi. Calon mahasiswa diharapkan untuk memilih Program Studi secara cermat dan tepat sesuai minat dan kemampuan.
  2. UNIKA Soegijapranata menyediakan keringanan UPP khusus untuk Reguler dengan ketentuan:
    1. Bagi calon mahasiswa yang mempunyai saudara kandung yang masih studi di UNIKA Soegijapranata / alumnusUNIKA Soegijapranata.
    2. Bagi calon mahasiswa yang mempunyai saudara kandung yang menjadi alumnus UNIKA Soegijapranata dengan keringanan sebagai berikut :
      • Keringanan 15% bagi calon mahasiswa yang mempunyai 1 (satu) saudara kandung/alumni.
      • Keringanan 25% bagi calon mahasiswa yang mempunyai 2 (dua) saudara kandung/alumni.
      • Keringanan 30% bagi calon mahasiswa yang mempunyai 3 (ti ga) atau lebih saudara kandung/alumni dibukti kan dengan :
        1. Fotokopi Kartu Keluarga,
        2. Fotokopi Kartu Mahasiswa/Alumni,
        3. Fotokopi Akta Kelahiran Calon Mahasiswa,
        4. Fotokopi Akta Kelahiran saudara kandung / alumni.
        5. Batas pengajuan keringanan tersebut hanya dilayani saat Jadwal Registrasi Mahasiswa Baru

BIAYA STUDI TA 2015/2016

Baca juga:  Biaya Kuliah Universitas Islam Indonesia - UII Yogyakarta 2014

Biaya Kuliah Unika SemarangBiaya Kuliah Unika Soegijapranata

 

 

Bagikan:
4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *