Biaya Kuliah UNY – Yogyakarta

Biaya kuliah UNY Yogyakarta untuk jenjang studi D III dan S1 ditentukan berdasar pada Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan sosial ekonomi orang tua/wali mahasiswa.

Dasar hukum pemberlakuan UKT UNY untuk tahun akademik 2017 – 2018 mengacu Permenristekdikti No 39 Tahun 2017 tentang BKT dan UKT. Biaya kuliah angkatan 2018 masih menggunakan angka yang sama seperti angkatan 2017. Biaya pendidikan tersebut sudah termasuk untuk PKL/PI, KKN, PPL, yudisium, dan wisuda. Bagi siswa yang akan melanjutkan studi di UNY tetapi terkendala biaya dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan melalui program Bidikmisi.

Pengelompokan UKT mahasiswa yang diterima UNY dilakukan setelah terlebih dahulu memasukkan data sosial ekonomi secara online di laman http://ukt.uny.ac.id/ kemudian mencetak data tersebut melalui menu yang telah disediakan. Besaran UKT akan diumumkan kemudian pada tanggal yang telah ditentukan melalui laman http://ukt.uny.ac.id/.

Baca juga:  Biaya Kuliah Institut Teknologi Kalimantan

Daftar UKT UNY 2018

UKT Kelompok I Rp 500.000 dan Kelompok II Rp 1.000.000

Pengajuan Keringanan UKT UNY Yogyakarta

Bagi mahasiswa yang tidak/kurang mampu membayar sebagian atau keseluruhan biaya pendidikan dapat mengajukan surat permohonan keringanan pembiayaan pendidikan kepada Rektor/Wakil rektor II melalui blangko yang telah disiapkan unieversitas (form Keringanan UKT dan surat pernyataan), dimana mahasiswa wajib menyertakan bukti-bukti serta alasan-alasan yang sah dan dapat diterima untuk memperkuat permohonannya. Pengajuan surat permohonan keringanan tersebut dapat dilakukan sebelum melaksanakan pembayaran semester.

Syarat-syarat dokumen pelengkap yang harus dipersiapkan:
1. Foto copy Kartu Keluarga
2. Foto copy rekening listrik
3. Foto copy Pajak Bumi dan Bangunan
4. Surat keterangan penghasilan bermaterai 6000
5. Surat pernyataan bermaterai 6000.
6. Surat keterangan tidak mampu dari kepala desa materai 6000

Baca juga:  Biaya Kuliah ITB Bandung

Keringanan UKT baru bisa diajukan pada semester berikutnya, artinya mahasiswa baru harus tetap membayar UKT yang sudah ditetapkan meskipun merasa UKT terlalu tinggi.

Bagikan:
4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *