Biaya Kuliah UPN Veteran Jakarta Angkatan 2018

TA 2016/2017

Khusus penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri UKT yang dikenakan berada pada level tertinggi atau Kelompok VIII. Selain itu dibebankan juga uang gedung atau uang pangkal dengan besaran sbb:

  1. S1 Non Fakultas Kedokteran Rp 25.000.000
  2. Kedokteran Rp 250.000.000

TA 2016/2017

Biaya kuliah UPN Veteran Jakarta khususnya untuk tahun akademik 2015 – 2016 ditetapkan atau memakai UKT level tertinggi yakni pada Kelompok VII. Semua mahasiswa baru dibebankan biaya perkuliahan yang sama meskipun latar belakang perekonomiannya berbeda.

Penerapan model seperti ini mirip seperti yang diberlakukan di UI dan ITB. Kedua perguruan tinggi tersebut juga menetapkan biaya kuliah yang sama (satu golongan). Bagi mahasiswa yang berkeberatan dengan UKT atau biaya kuliah tersebut ada mekanisme pengajuan keringanan besaran UKT.

Baca juga:  Biaya Kuliah Universitas Sumatera Utara - USU

Begitu pula di UPN Veteran Jakarta, mahasiswa dapat mengajukan penurunan UKT melalui formulir yang telah disediakan. Form ini ditujukan kepada tim/pokja Penetapan UKT. Data yang harus diisi mengenai data pendukung yang menggambarkan kemampuan perekonomian orang tua, seperti pekerjaan dan penghasilan keluarga, pengeluaran dan data keluarga, status kepemilikan rumah, alat taransportasi dan lain-lain. Selain itu juga harus menyertakan surat pernyataan yang ditandatangani Ketua RT.

Keringanan UKT UPN Jakarta

Sebenarnya berdasarkan peraturan menteri Riset dan DIKTI, UKT UPN Veteran Jakarta dikelompokkan menjadi tujuh kelompok dengan besaran berbeda menurut program studinya. Pengelompokan ini disusun berdasarkan kemampuan ekonomi mahasiswa, orang tua mahasiswa, atau pihak lain yang membiayainya.

Baca juga:  Perbandingan Biaya Kuliah Kedokteran PTN 2019

UKT UPN Veteran Jakarta 2015 – 2016

UKT UPN Veteran Jakarta

Keterangan:

– UKT yang ditetapkan Kelompok VII, bagi yang berkeberatan dapat mengajukan keringanan UKT
– UKT Kelompok I Rp 500.000
– UKT Kelompok II Rp 1.000.000

Bagikan:
24 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *